SWARA – Di tengah krisis pandemi banyak mengubah pola kehidupan masyarakat saat ini. Seperti yang dikatakan oleh Presiden Jokowi, semua kegiatan dilakukan dari rumah. Mulai dari bekerja, belajar dan ibadah, dilakukan dari rumah. Tentunya hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19. 

 

Akibat wabah pandemi Covid-19, banyak juga usaha yang tumbang seperti bisnis hiburan. Banyak bioskop yang harus tutup, juga seperti pelaku seni yang harus membatalkan semua pertunjukannya. Begitu juga dengan sektor pariwisata yang banyak tutup karena adanya kebijakan pemerintah untuk melakukan penutupan sementara demi mencegah penyebaran Covid-19. 

 

Juga bisnis kuliner yang harus tutup karena social distancing. Hal ini membuat pengunjung dilarang untuk makan di luar. Begitu juga dengan bisnis travelling yang banyak mengalami penurunan yang cukup drastis. Apalagi saat mudik kemarin, adanya kebijakan untuk tidak mudik yang mengakibatkan orang sulit untuk bepergian. Bisnis layanan transportasi juga terkena dampak wabah ini seperti taksi online, juga ojek online anjlok karena diberlakukan PSBB.

 

Perubahan tersebut juga berdampak luas bagi sektor. Tidak hanya perekonomian yang kena imbas akibat krisis ini, tapi juga banyak usaha bisnis yang harus tutup. Namun, tidak sedikit pula pelaku usaha tetap menjalankan bisnisnya. Bahkan sebagian orang melihat krisis ini sebagai peluang dalam mengembangkan bisnis.

 

Berikut 10  ide bisnis yang  bisa kamu coba saat pandemi

 

1. Bisnis Online 

Bisnis online shop adalah salah satu usaha yang menjanjikan. Bahkan usaha bisnis ini banyak diminati oleh para entrepreneur dalam menjajakan produknya. Apalagi saat ini banyak orang melakukan jual beli dengan bisnis yang satu ini. Mulai dari produk kecantikan, fashion dan lainnya. Dengan memanfaatkan sosial media, kamu dapat memanfaatkan peluang ini dalam mempromosikan produk yang ingin kamu jual. 

 

 

2. Online delivery 

Online delivery atau layanan pengiriman barang salah satu usaha yang booming saat new normal datang. Bahkan dengan pertumbuhan bisnis e-commerce yang meningkat akan berdampak terhadap bisnis layanan pengiriman barang. Saat ini banyak pembelian barang dilakukan melalui perdagangan online, di mana layanan pengiriman barang tentu akan semakin dibutuhkan oleh produsen dan konsumen.

 

 

3. Jual masker

Tentunya dengan penyebaran wabah virus Covid-19 yang penuh dengan ketidakpastian ini, berjualan masker akan sangat menguntungkan. Kamu bisa membuat masker unik dari bahan kain untuk dipasarkan. Bahkan memakai masker saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. 

 

Seperti yang dilansir dari Liputan6, pengusaha Lina Tjokrosaputro membuat inovasi masker unik. “ Permintaan masker sedang, semua orang butuh masker,” ujarnya. Lina membuat masker menggunakan kain batik. Penjualan juga dilakukan dengan online sesuai dengan kebutuhan konsumen. Permintaan untuk mengerjakan masker ini memang salah satu cara untuk bertahan  di tengah kondisi saat ini.

 

 

 

Baca Juga : Buka Kembali Bisnis di New Normal? Wajib Perhatikan 8 Hal Ini!

 

 

4. Jual sabun cair dan hand sanitizer

Dengan meningkatnya pola hidup sehat masyarakat maka penggunaan produk yang higienis seperti sabun cuci tangan membuat kebutuhan masyarakat juga meningkat. Bahkan saat merebaknya wabah ini produk sabun dan hand sanitizer sempat langka. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis bermunculan untuk mencari peluang pada produk tersebut.

 

 

5. Jasa desain grafis

Membuka peluang jasa desain grafis bisa menjadi salah satu usaha yang menguntungkan di tengah pandemi. Dengan work from home kamu hanya duduk di rumah dan mengembangakan kreativitas untuk mendapat keuntungan. Apalagi saat ini desain grafis sangat banyak banyak diminati. Kamu dapat mendesain sesuai kebutuhan dan pemasaran bisa dilakukan secara online.

 

Kamu juga bisa menawarkan jasa desain yang kamu miliki seperti website berikut ini:

 

  • Sribulancer
  • fiver
  • 99design.com

 

 

6. Jasa editing video

Jasa editing video saat ini banyak dibutuhkan, apalagi mengingat kebutuhan untuk membuat konten seperti YouTube, instagram, TikTok dan lainnya. Apalagi jika hasil editing video kamu bagus, akan menambah cuan untukmu. Oleh karena itu, kamu harus mengasah keterampilan dalam mengedit video. 

 

 

7. Catering rumahan

Bisnis catering juga merupakan ide bisnis yang dapat kamu geluti karena banyak diminati saat ini. Kebijakan dari pemerintah yang mengharuskan untuk beraktivitas dari rumah, sehingga kamu dapat menggunakan peluang yang satu ini. Sebab, tidak semua orang bisa memasak dan punya waktu memasak saat sedang sibuk bekerja. 

 

Seperti dilansir dari NET News, salah satu pengusaha catering bernama Osa banting setir dengan membantu ibunya berkeliling untuk mengantarkan pesanan. Osa adalah salah satu karyawan yang dirumahkan karena wabah pandemi. Catering ini menyediakan berbagai menu yang sesuai dengan keinginan para pelanggan dengan 3 jenis lauk pauk. Harga catering bisa dibanderol mulai dari Rp60.000. Usaha ini dapat membantu masyarakat yang tidak mau keluar rumah dan ingin memesan rumah yang praktis.

 

 

8. Pulsa Elektrik dan kuota Internet

Saat berada #Dirumahaja pastinya kebutuhan akan streaming memerlukan kuota internet.  Juga mengingat banyak orang yang membutuhkan pulsa saat beraktivitas di rumah. Saat ini pulsa dan kuota telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Bahkan para pelajar untuk sementara menggunakan sistem daring atau online learning. Kondisi ini membuat pemakaian internet menjadi lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan peluang ini untuk berbisnis kuota internet. 

 

 

9. Content Creator

Menjadi content creator terlihat menjanjikan, apalagi di era digital saat ini. Penting diketahui bahwa menjadi content creator harus mempertimbangkan tingkat keterampilan dalam menghasilkan sebuah konten. Apalagi saat pandemi seperti ini, orang banyak menghabiskan waktunya untuk melihat sosial media mulai dari instagram, YouTube dan berbagai media sosial lainnya.

 

Modal yang diperlukan untuk membuat konten tersebut adalah niat. Jika kontenmu menarik dan bagus, maka kamu akan mendapat keuntungan seperti mendapat penghasilan yang tinggi. Seperti yang dilansir dari Kumparan.com, seorang anak berusia 7 tahun bernama Ryan ToysReview menjadi content creator pada platform YouTube dengan pendapatan terbesar tahun 2018. Ia mendapatkan total penghasilan sekitar 308 miliar sepanjang 2018.

 

 

10. Laundry pakaian

Usaha laundry pakaian adalah salah satu peluang bisnis yang banyak diminati. Mengingat, banyak juga masyarakat yang tidak punya banyak waktu untuk mencuci baju sendiri. Apalagi selama masa PSBB, masyarakat yang tinggal di apartemen atau kosan akan lebih memilih laundry karena tidak memiliki mesin cuci.

 

Apik Primadya ketua Umum Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI), mengatakan, sejak merebaknya virus corona membuat banyak orang lebih sering datang untuk mencuci bajunya. Peningkatan jumlah permintaan jasa tersebut bahkan naik sampai 50%.

 

Itulah beberapa ide bisnis yang bisa menjadi referensi kamu saat di rumah aja. Tentunya tidak ada salahnya mencoba siapa tahu ide bisnis tersebut dapat kamu geluti dan menghasilkan cuan.