Inspirasi & Edukasi Finansial dari Amar Bank – Bagaimana sih cara menabung beli laptop impian kita? Di zaman teknologi canggih seperti sekarang, laptop memang sudah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. 

 

Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, apalagi orang yang sudah bekerja, kebutuhan akan laptop pasti akan selalu ada, disesuaikan dengan spesifikasi yang diperlukan.

 

Setiap orang mempunyai laptop impiannya masing-masing. Namun, sayangnya, terkadang laptop yang diimpikan itu harganya dapat menguras kantong. 

 

Oleh karena itu, yuk mari kita belajar cara menabung beli laptop impian kita.

 

Wujudkan pembelian barang impianmu dengan perencanaan keuangan yang matang, pakai Senyumku dan semuanya akan lebih mudah di sini.

 

1. Tentukan spesifikasi dan brand yang dibutuhkan

 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menentukan spesifikasi dan jenis laptop yang diinginkan.

 

Saat ini, ada banyak laptop yang disediakan oleh banyak produsen laptop dengan berbagai kelas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

 

Ada laptop yang diperuntukan untuk kuliah, desain, kebutuhan kantor, hingga gaming. Berbagai kelas laptop tersebut juga memiliki tingkatan harga yang berbeda, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

 

Cara menabung beli laptop yang tepat harus dimulai dari pemilihan laptop yang tepat guna. Jangan membeli laptop yang overspec, yakni yang fitur-fiturnya tidak kita gunakan.

 

Jangan pula membeli laptop yang underspec, nanti kerjaan kalian malah tidak selesai-selesai dan ujung-ujungnya malah keluar uang lagi.

 

Pilihlah laptop yang fitur-fiturnya dapat kamu gunakan dengan maksimal. Dijamin, setiap Rupiah yang kamu keluarkan untuk membeli laptop tersebut akan sepadan dengan hasil kerjamu.

 

Jangan sampai salah, sudah saatnya pakai Senyumku produk dari Amar Bank yang membantu mewujudkan impian finansialmu. Cek info selengkapnya di sini

 

2. Selalu cek harga dan bandingkan dengan spek yang didapat

 

Setelah kalian menentukan tipe laptop yang akan kalian beli, kalian juga harus memikirkan tempat di mana kalian akan membeli laptop tersebut.

 

Selalu pastikan membeli laptop yang original dan bergaransi ya. Jangan membeli laptop di toko-toko yang tidak jelas hanya untuk mengejar harga yang murah.

 

Harga laptop di kota-kota besar di Indonesia seharusnya tidak terpaut jauh, kok. Jika ada yang menawarkan laptop dengan harga miring, tentu kalian harus curiga, bisa saja laptop tersebut adalah laptop refurbished. Laptop refurbished adalah laptop bekas yang komponennya diganti supaya terlihat baru).

 

Jangan lupa untuk selalu bandingkan harga dan servis yang diberikan oleh masing-masing toko. Tentu semakin banyak bonus dan servis yang diberikan, akan semakin menguntungkan buat kamu.

 

Oh iya, laptop juga membutuhkan aksesori dan perangkat lunak tambahan, seperti mouse, operating system, dan perangkat lunak lainnya. 

 

Pastikan kalian juga sudah memasukan tambahan-tambahan kebutuhan di atas ke dalam bujet. 

 

Artikel terkait:

Rutinitas Sederhana yang Jauhkan Laptopmu Dari Masalah Overheat

Ini Dia Bedanya antara Laptop, Notebook, dan Netbook

 

atur finansial

3. Menabung untuk membeli laptop impianmu

 

Nah, jika spesifikasi dan harga sudah kalian ketahui, sekarang saatnya kalian mulai menabung beli laptop. 

 

Langkah pertama adalah kalian harus menentukan kapan kalian akan membeli laptop tersebut. Usahakan jangan lebih dari 3 tahun, karena teknologi laptop yang cepat sekali berganti.

 

Langkah kedua, sisihkan penghasilan kalian per bulan, 5% hingga 20% untuk ditabung. Tentu semakin besar yang kalian sisihkan, akan semakin cepat kalian mendapatkan laptop impian kalian.

 

Langkah ketiga, jangan berspekulasi. Ada orang-orang yang tergiur agar uangnya cepat bertumbuh, mereka memasukan seluruh tabungan mereka ke instrumen investasi yang spekulatif seperti cryptocurrency atau binary option. Bisa-bisa malah batal beli laptop!

 

Gunakan selalu instrumen investasi yang rendah risiko. Tabungan berjangka hingga reksa dana pasar uang adalah instrumen yang bagus untuk menabung jangka pendek.

 

Satu lagi tips penting cara menabung beli laptop adalah tetap konsisten dan disiplin. Ini penting banget, jangan sampai kalian sudah susah-susah menabung, tapi tabungannya habis buat bersenang-senang.

 

Artikel terkait: Kiat Jaga Laptop Supaya Awet dan Nggak Cepat Rusak

 

Nah, itu dia tips mengenai cara menabung untuk beli laptop. Jangan lupa untuk selalu melihat perkembangan laptop terbaru, siapa tahu ada laptop-laptop baru yang fiturnya lebih baik dan harganya lebih bersahabat!

 

Wujudkan mimpi bebas finansial di usia muda dengan Senyumku, aplikasi pengatur keuangan yang akan membantumu dalam perencanaan keuangan matang. Cari tahu di sini.