SWARA DARI AMAR BANK –  Kawan Swara mungkin sudah dengar desas-desus kalau resesi akan terjadi tahun ini, kan? Banyak sekali berita tentang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang bergulir dari minggu ke minggu terkhususnya dari industri teknologi.

 

Bukan hanya perusahaan dalam negeri saja yang terdampak, korporasi teknologi dunia seperti Spotify, Microsoft dan bahkan Google juga mengumumkan PHK massal buntut dari pertumbuhan perusahaan yang melambat.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara, klik Banner untuk Mencoba!

 

Nah, untuk meminimalisir dampak finansial yang terjadi akibat kesulitan finansial yang mungkin akan terjadi pada tahun ini, tidak ada salahnya untuk mulai saving challenge ala Swara.

 

Idealnya, Kawan Swara bisa mulai dengan menabung 20 juta dalam 1 tahun. Angka ini termasuk realistis untuk dicapai karena kamu tidak harus ‘ngirit’ dan bisa menikmati penghasilan untuk memenuhi keinginan.

 

Amar Bank adalah perbankan digital yang memiliki 2 produk unggulan, Tunaiku untuk pinjaman digital dan Senyumku sebagai aplikasi bank digital pengatur keuangan. Pelajari tentang produk Tunaiku di sini.

 

5 Tips Menabung 20 Juta dalam Setahun

 

Sebelum kita mengetahui cara praktisnya, sebelumnya kita harus tahu dulu tips agar memudahkan kamu menabung 20 juta dalam setahun. Setidaknya, ada 10 tips yang perlu kamu lakukan:

 

1. Mulai dengan nominal yang kecil

 

Tak perlu menunggu dana nominal jutaan untuk memulai menabung. Pasalnya, semakin kamu menunda maka semakin mustahil kamu bisa mengumpulkan uang Rp20 juta.

 

Mulai saja dengan semampumu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa menabung dan perlahan nominalnya bisa ditingkatkan sesuai nominal targetmu.

 

2. Minimalisir pengeluaran konsumtif

 

Perhatikan kebiasaan konsumtifmu. Misalnya, sering shoping baju setiap sebulan sekali, jajan kopi setiap hari, jalan-jalan menghabiskan uang ratusan ribu per minggu.

 

Jika kamu serius ingin menabung Rp20 juta dalam setahun, maka tahanlah kebiasaan konsumtifmu itu sampai target Rp20 juta setahun bisa tercukupi.

 

3. Wajib punya penghasilan tambahan

 

Akan sulit mencapai target Rp20 juta dalam setahun jika kamu hanya mengandalkan pekerjaan utama. Upayakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan berbisnis, freelance, part time, jadi content creator, atau menawarkan jasa yang kamu mampu.

 

Nah, uang hasil penghasilan tambahanmu harus kamu masukkan semua ke tabungan demi mencapai target tabungan.

 

4. Challenge diri dengan strategi

 

Kamu juga bisa melakukan challenge dengan diri sendiri. Challenge saving ini mungkin kamu pernah lihat di media sosial.

 

Kamu bisa mencari jenis challenge yang sesuai dengan kemampuanmu di google search, ya. Biasanya bentuk challenge-nya berupa kolom yang berisikan angka tertentu.

 

5. Carilah partner dengan tujuan serupa

 

Carilah partner agar semangat kamu tetap membara. Biasanya, dengan mengajak satu atau dua orang, kalian bisa saling support dan mengingatkan.

 

Dengan memiliki partner, kamu bisa tetap menjaga komitmen dan semangatmu demi mencapai target tabungan Rp20 juta dalam setahun.

 

Simulasi Cara Menabung 20 Juta dalam Setahun

 

Sumber: Unsplash

 

Agar bisa menabung 20 juta dalam setahun, kamu harus tahu dulu kesanggupanmu dalam menyisihkan uang. Karena besaran uang yang kamu sisihkan bisa sangat bergantung dengan kenyamanan kamu menyisihkan uang dalam periode bulanan, mingguan atau harian.

 

Misalkan, kamu adalah seorang pekerja yang mendapatkan gaji bulanan, maka sangat disarankan untuk menyisihkan uang tepat pada saat kamu menerima gaji. Perhitungannya bagaimana? 

 

Karena dalam 1 tahun ada 12 bulan, maka:

Uang yang harus disisihkan per bulan = Rp20.000.000/12 bulan

= Rp1.667.000 per bulan

 

Beda hal jika kamu adalah seorang pengusaha atau menerima upah dalam periode mingguan atau harian, maka lebih baik memakai perhitungan penyisihan mingguan atau harian sebagai berikut:

 

Karena dalam 1 tahun ada 52 minggu, maka:

Uang yang harus disisihkan per minggu = Rp20.000.000/52 minggu

= Rp384.616 per minggu

 

Karena dalam 1 tahun ada 366 hari, maka:

Uang yang harus disisihkan per hari = Rp20.000.000/366 hari

= Rp54.645 per hari

 

Baca juga: 10 Tips Menabung bagi Karyawan Antisipasi Kemungkinan Resesi

 

Tak bisa dipungkiri, ada kalanya kamu lengah berkomitmen dalam menabung karena berbagai alasan, misalnya ada keadaan darurat yang memaksa kamu untuk tidak bisa menyisihkan uang pada waktu tertentu. 

 

Namun, hal ini bisa diatasi kalau kamu mau ‘menebus’-nya dengan menyisihkan lebih banyak uang ketika sedang mendapatkan kelimpahan rezeki, misalnya mendapatkan uang THR, bonus tahunan atau hasil jualan sedang ramai-ramainya.

 

Jadi misalnya, kamu tidak bisa menabung di bulan April karena Hari Raya Lebaran, maka kamu bisa menebusnya dengan menyisihkan dua kali lipat yakni Rp3.334.000 saat kamu menerima bonus tahunan nanti.

 

Angka di atas tentu saja bisa dilipatgandakan sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan tabungan kamu. Contohnya, kamu ingin menabung sekitar Rp50 juta pada tahun ini, maka kamu bisa menyisihkan uang sekitar Rp4.167.000/bulan, Rp961.539/minggu atau Rp136.612/hari.

 

Baca juga: Cara Menabung 10 Juta dalam Tiga Bulan, Kamu Bisa Kok!

 

Cari tahu soal semua produk Amar Bank di sini, yuk!

 

Manfaatkan Platform Tabungan dan Investasi Online Senyumku

 

menabung 20 juta
Source: Unplash

 

Cara menabung 20 juta dalam setahun bisa jadi lebih mudah dengan memanfaatkan beberapa solusi keuangan berbasis teknologi yang bisa memberikan ‘cuan’. 

 

Celengan adalah salah satu fitur pada aplikasi tabungan online Senyumku yang bisa mewujudkan impian kamu meraih tabungan Rp20 juta dalam setahun ditambah keuntungan dari bunga

 

Bagaimana caranya? Dengan membuka rekening dan menabung rutin di Celengan Senyumku, kamu bisa menikmati bunga tabungan sebesar 5,5 persen per tahun-nya. 

 

Mau mendapatkan ‘cuan’ lebih banyak? Kamu juga bisa menempatkan uang di Deposito Senyumku, di mana kamu bisa berinvestasi dalam periode 1 hingga 36 bulan dengan bunga yang sangat kompetitif hingga 9 persen per tahun, lho. 

 

Contohnya, jika kamu menempatkan uang yang kamu sisihkan sebesar Rp1.667.000 di Deposito Senyumku selama 1 bulan dengan bunga tabungan 5.75 persen, maka kamu bisa mendapatkan Rp1.674.878 pada akhir periode. 

 

 

Angka tersebut tidak akan dikenakan pajak jika jumlah saldo tidak mencapai Rp7.500.000.

 

Kamu bisa melipatgandakan investasi kamu di bulan depan dengan periode dan bunga yang sama untuk memaksimalkan cuan. 

 

Misalnya, estimasi saldo deposito bulan pertama pada akhir periode adalah Rp1.674.878, jika ditambahkan uang tabungan yang disisihkan pada bulan kedua Rp1.667.000, maka hasilnya adalah Rp3.341.878. 

 

Nah, kamu bisa depositokan lagi uang tersebut untuk mendapatkan cuan yang lebih banyak pada akhir periode bulan kedua.

 

 

Jangan ragu terhadap keamanan Senyumku, karena aplikasi ini adalah produk resmi yang dikeluarkan Amar Bank yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

 

Itulah cara menabung 20 juta dalam setahun. Tunggu apalagi, jalankan segera challenge ini untuk mewujudkan berbagai tujuan finansial kamu. 

 

Cari tahu produk Amar Bank tentang Senyumku di sini. Penuhi kebutuhan keuanganmu hanya melalui smartphone. Pelajari di sini.

 

Baca juga: 6 Fitur dan Layanan Senyumku yang Permudah Aktivitas Finansialmu