Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank Kamu suka fotografi? Well, sekarang kamu bisa mendapat cuan dari hasil fotomu, lho. Yup, ada banyak banget website yang memungkinkan kamu untuk jual foto online.

 

Namun, beberapa kendala yang dialami oleh photografer adalah bagaimana cara dan tips agar foto yang kita jual bisa dilirik oleh klien?

 

Mencari tempat jual foto online mungkin sangat mudah tapi yang sulit adalah bagaimana cara agar foto yang dijual bisa laku dan kamu bisa mendapatkan keuntungan dari itu.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara, klik Banner untuk Mencoba!

 

Nah, selain kami menyediakan rekomendasi tempat jualan foto, kami juga akan memberikan tips dan caranya dengan lengkap! Yuk, baca artikelnya sekarang!

 

15 Tempat Jual Foto Online Terbaru

 

 

Mungkin yang menjadi pertanyaan besarnya adalah di mana tempat yang bagus untuk jual foto online? Untuk menjawabnya, berikut beberapa tempat yang bisa kamu coba untuk menjual fotomu.

 

1. Website sendiri

 

Kamu bisa membuat website khusus untuk memajang foto hasil karyamu. Pastikan di website tersebut tersedia fungsi commerce agar mereka yang mengunjungi website kamu bisa langsung membelinya.

 

Penting untuk diingat, website yang user friendly dan mudah digunakan tentunya akan menarik perhatian calon pembeli.

 

2. Media sosial sendiri

 

Kalau kamu tidak punya waktu untuk mengelola website sendiri, media sosial juga bisa menjadi tempat untuk jual foto online. Mulailah membuat media sosial khusus untuk berjualan, misalnya di Instagram.

 

Instagram bisa menjadi tempat untuk memajang hasil karyamu. Selanjutnya, pembeli bisa langsung memesan jika ada foto yang mereka butuhkan.

 

Baca juga: 10 Aplikasi Jual Foto Online untuk Dapat Cuan Tambahan

 

3. Shutterstock

 

Kamu mungkin sudah enggak asing lagi dengan tempat jual foto online satu ini. Kamu akan mendapat keuntungan sekitar 20-30% dari setiap penjualan. Namun, komisi tersebut baru akan dibayar jika kamu berhasil mendapatkan minimal 75 dolar setiap bulannya.

 

4. KaryaKarsa

 

KaryaKarsa merupakan sebuah platform dalam negri yang memungkinkan para creator memonetisasi karyanya dalam bentuk apa pun, termasuk karya foto.

 

Di sini, kamu bisa menentukan harga jual untuk semua karyamu dan pihak platform menetapkan potongan 10% setiap kali kamu menarik dana yang terkumpul dari hasil penjualan.

 

5. Trakteer

 

Satu lagi tempat jual foto online dari dalam negri yaitu Trakter. Trakteer merupakan platform tempat kamu bisa memonetisasi karya dan mendapat dukungan dari pengikutmu.

 

Jadi, di sana akan ada fitur following yang berguna untuk menarik perhatian followers kamu dari semua hasil karya yang kamu buat.

 

6. Getty Images

 

Ini dia salah satu tempat jual foto dengan akses besar ke calon pembeli sehingga cocok untuk fotografer profesional. Agar karyamu bisa dijual di sini, kamu harus mendaftar dan mengirimkan sampel foto untuk direview.

 

Getty Images menerapkan hak eksklusif, sehingga kamu enggak bisa menjual foto ke tempat lain. Untuk royalti, kamu berhak atas keuntungan 20%.

 

7. Adobe Stock

 

Cukup gampang untuk jual foto online di sini. Kamu cukup membuat akun di Adobe. Adobe Stock akan mereview foto yang kamu kirim. Maka dari itu, pastikan fotomu sudah memenuhi semua persyaratan.

 

Untuk foto, kamu bisa mendapatkan royalti 33% dengan batas penarikan minimal 25 dolar. Kalau kamu mengedit foto menggunakan Adobe, fotomu juga bisa langsung dijual di aplikasi tersebut.

 

tempat jual foto online
Freepik

 

8. FotoMoto

 

Kalau kamu ingin menjual foto berupa versi cetak, FotoMoto bisa jadi pilihan. FotoMoto sendiri menerapkan sistem print on demand. Kamu tinggal membeli paket FotoMoto sehaga 25 dolar setiap bulannya. Pembeli dapat langsung membeli versi cetak untuk setiap foto yang diinginkan.

 

9. Fotolia

 

Fotolia menerapkan keuntungan 20-60% untuk setiap foto yang terjual. Pastinya, semakin banyak foto yang terjual maka keuntungan yang kamu dapat akan semakin besar. Di Fotolia, kamu bisa menjual hingga ke luar negeri dan pembayaran bisa menggunakan PayPal.

 

10. FreeDigitalPhotos.net

 

FreeDigital juga bisa menjadi pilihanmu. Pasalnya, keuntungan yang didapat dari hasil penjualan sangat besar, yaitu mencapai 70% dari harga jual. Kamu bisa menarik pembayaran melalui PayPal dengan minimum sebesar 10 dolar.

 

Caranya hampir sama dengan platform lainnya, kamu cuma perlu memosting fotomu dan tunggulah hingga ada yang membelinya.

 

11. Foap

 

Keuntungan menjual foto di aplikasi ini enggak bisa dipandang sebelah mata, nih. Foap juga menjalankan misi khusus, dan sebagai kontributor kamu bisa mendapatkan 100 – 2.500 dolar jika berhasil menyelesaikan misi. Kamu bisa mengirimkan foto apa pun ke Foap, dan nantinya akan mendapatkan uang dari setiap foto yang terjual.

 

12. Alamy

 

Untuk setiap foto, kamu berhak atas keuntungan 40-50%. Tentunya kalau kamu punya kontrak eksklusif kamu akan mendapat bayaran lebih besar. Royalti akan dibayarkan setelah melewati saldo minimum, yaitu 50 dolar. Alamy akan mereview setiap foto sebelum bisa dijual kepada umum.

 

13. Etsy

 

Selain mendapat keuntungan berupa bagi hasil, fotomu juga berkesempatan untuk dipamerkan di galery Etsy. Namun, Etsy menerapkan sistem eksklusif, artinya fotomu hanya boleh dijual melalui Etsy.

 

14. Dreamstime

 

Hampir sama dengan tempat jual foto online lainnya, di sini kamu akan mendapat keuntungan sekitar 20-60% dari hasil penjualan. Dreamstime juga memiliki komunitas aktif yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaring calon pembeli sekaligus berdiskusi seputar fotografi.

 

15. Istockphoto

 

Istockphoto menawarkan dua jenis penjualan. Sebagai kontributor lepas, kamu bisa mendapat keuntungan 15% dari setiap foto yang terjual.

 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kontrak eksklusif. Kamu akan mendapatkan keuntungan sekitar 22-45%. Untuk pembayaran bisa melalui PayPal, Moneybookers, dan Payoneer Mastercard dengan syarat minium saldo sebesar 100 dolar.

 

Tips Cara Jual Foto Online

 

tempat jual foto online
freepik

 

Fotografi enggak sekadar jadi hobi. Kalau dimaksimalkan, kamu bisa menjadikan hobi fotografi sebagai pekerjaan utama. Serunya, kamu menjadi bos untuk diri sendiri.

 

Bagi fotografer freelance, kamu bisa jual foto online lewat situs yang tersedia. Enggak usah ragu meski sainganmu banyak. Berikut tips cara jual foto online yang bisa kamu coba.

 

1. Fokus di bidang tertentu

 

Kamu bisa fokus di satu bidang fotografi tertentu. Setelah itu, kamu bisa membangun portofolio agar dikenal sesuai spesialisasi yang kamu ambil.

 

Misalnya kamu fokus ke foto makanan. Perbanyak portofolio berupa foto makanan yang bisa dijual secara online. Kamu bisa membuat branding diri sebagai food photographer.

 

Kalau kamu belum menemukan bidang yang disukai, bisa diakali dengan memotret yang paling banyak dicari. Lakukan riset pasar terkait foto seperti apa yang diinginkan publik, dan kamu bisa menyediakan foto tersebut.

 

2. Asah kemampuan

 

Perkuat diri dengan terus mengasah kemampuan. Enggak sebatas kemampuan fotografi, kamu juga bisa menambah pengetahuan dengan belajar cara mengedit foto. Jadi, foto yang dijual lebih sempurna dan menarik perhatian. Ikuti tren agar karyamu bisa bersaing dengan foto-foto lain di luar sana.

 

3. Konsisten berkarya

 

Oleh karena statusmu adalah freelance, kamu harus konsisten berkarya dan menghasilkan karya foto secara berkala. Dengan begitu, semakin banyak foto yang bisa kamu jual secara online. Artinya, kesempatan agar fotomu dilirik calon pembeli semakin besar.

 

4. Manfaatkan promosi

 

Jangan ragu untuk mempromosikan hasil karyamu agar lebih dikenal oleh khalayak luas. Misalnya dengan rutin berbagi foto terbaru di akun media sosial. Jangan lupa sertakan link di mana bisa membeli foto tersebut.

 

Kamu juga bisa membuat paket promosi, misalnya bundling foto. Tujuannya agar menarik lebih banyak pembeli.

 

Mengenai harga, kamu bisa melakukan riset pasar terkait harga yang ditetapkan untuk satu paket foto. Jadi, kamu bisa memperkirakan harga yang cocok untuk karyamu.

 

Baca juga: Cara Daftar Tiktok Affiliate Lengkap Biar Tambah Cuan

 

5. Tidak terpaku di satu tempat

 

Kamu juga bisa mencoba menjual hasil fotomu di beberapa tempat sekaligus. Misalnya di Shutterstock, Adobestock, KaryaKarsa, dan lainnya.

 

Serunya, kamu enggak hanya bisa menjual di dalam negeri saja, lho. Ada banyak tempat untuk jual foto online yang menjangkau pembeli dari luar negeri.

 

Jangan biarkan hobi fotografi hanya sebatas hobi. Dengan mengetahui cara dan tempat jual foto online, kamu bisa memonetisasi setiap karya foto yang dihasilkan.