SWARA DARI AMAR BANK – Setelah sempat hilang sejenak, TikTok Shop kini kembali lagi. Dalam comeback-nya kali ini, TikTok enggak segan-segan menawarkan keuntungan bagi penggunanya, termasuk buat kamu yang punya bisnis dan jualan.

 

Buat kamu yang suka membuat konten menarik, bisa banget bergabung dengan TikTok Shop. Di sini, kamu bisa melakukan live streaming sembari jualan. Cuan pun bertambah, deh. Yuk, cari tahu cara jualan di TikTok shop live berikut ini!

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Kenapa Harus Jualan di TikTok Shop Live?

 

Tahukah kamu, jumlah pengguna TikTok di Indonesia merupakan kedua yang terbesar di dunia? Hingga kini, ada sekitar 106 juta pengguna TikTok di Indonesia. Hal ini menjadikan TikTok sebagai salah satu aplikasi media sosial dengan perkembangan sangat pesat.

 

Dengan jumlah pengguna yang besar, TikTok Shop pun menjadi salah satu commerce yang menguntungkan karena kamu bisa langsung menjangkau calon pembeli tanpa harus membuka akun di marketplace. Ini lebih praktis karena kamu bisa langsung berjualan di akun media sosial milikmu cukup dengan satu akun saja.

 

Lalu, ditambah dengan fitur TikTok Live, kamu bisa menyapa langsung calon pembeli potensial. Kamu juga bisa menyasar target pembeli yang lebih spesifik, karena sebagai pemilik bisnis sekaligus sebagai content creator, kamu bisa melakukan riset pasar untuk tahu lebih banyak tentang pembeli.

 

Cara Jualan di TikTok Shop Live

 

cara jualan di TikTok shop live

 

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk milikmu melalui konten TikTok. Salah satunya, kamu bisa jualan live. Sebelum mencari tahu cara jualan di TikTok shop live, pastikan kamu sudah memenuhi syarat berikut ini:

 

  1. Mempunyai akun di TikTok Shop.
  2. Usia minimal 16 tahun
  3. Mempunyai followers minimal 1.000
  4. Mempunyai produk yang akan dijual secara live

 

Agar produk yang kamu jual bisa lebih dikenal dan menyasar target, yuk simak tips-tips jualan di TikTok Shop Live berikut!

 

1. Sudah punya akun di TikTok Shop

 

Pastikan kamu sudah mempunyai akun di TikTok Shop agar bisa jualan live di TikTok. Cara membuat akun di TikTok Shop enggak susah, kok.

 

Pertama, kamu bisa mengunjungi laman TikTok Shop ID dan lakukan registrasi. Isi informasi kontak dan lakukan verifikasi dokumen sesuai yang diminta.

 

Isi data terkait bisnis yang dijalankan, di antaranya nama toko dan dokumen pendukung seperti KTP atau paspor. Selanjutnya, isi rekening bank yang kamu miliki.

 

Begitu akunmu disetujui, pihak TikTok akan mengirimkan informasi melalui e-mail yang terdaftar. Selanjutnya, kamu bisa jualan live di TikTok.

 

nabung untung anti buntung celengan amar bank

 

Baca juga:

  1. Cara Daftar Tiktok Affiliate Lengkap Biar Tambah Cuan
  2. 10 Cara Dapat Uang dari Tiktok Sebagai Pendapatan Tambahan
  3. 16 Cara Menghasilkan Uang dari HP Tanpa Modal
  4. Tertarik Jadi TikTok Influencer? Ini Rahasianya!

 

2. Siapkan produk

 

Sebelum live, pastikan kamu sudah mempersiapkan barang apa saja yang akan dipromosikan. Akan lebih seru jika kamu fokus ke satu jenis produk untuk satu kali sesi live streaming.

 

Misalnya kamu punya toko yang menjual pernak-pernik rumah terinspirasi dari Korea. Di satu sesi live streaming, kamu bisa mempromosikan produk untuk dekorasi kamar ala Korea. Sesi live streaming berikutnya, kamu bisa menjual barang dekorasi dapur.

 

Dengan lebih fokus, kontenmu akan terlihat lebih menarik. Buat konten khusus yang memberitahu kapan kamu akan jualan live di TikTok.

 

3. Pilih produk

 

Tekan tombol ‘produk’ dan tunggu hingga muncul pop up ‘belanja LIVE’. Setelah itu, tekan ‘tambah dari toko’. Berikan deskripsi pada produk yang dijual dengan cara menekan menu pengaturan penonton. Selanjutnya, tekan tombol ‘promosi’. Kamu bisa memberikan deskripsi berupa nama produk dengan menekan ‘tambah judul’.

 

4. Go live

 

Setelah punya akun di TikTok shop, kamu bisa melakukan live. Cara jualan di TikTok shop live yaitu, buka fitur ‘live’ dan pilih opsi ‘go live’. Setelah itu, kamu bisa langsung live streaming. Pastikan produk yang akan dijual sudah dalam keadaan siap sebelum kamu mulai live streaming.

 

Tips Cara Jualan di TikTok Shop Live

 

cara jualan di TikTok shop live

 

Untuk kamu yang masih ragu, ikuti tips cara jualan di TikTok shop live berikut ini:

 

1. Maksimalkan pengaturan live streaming

 

TikTok sudah memberikan kemudahan bagi pengguna lewat fitur-fitur yang tersedia. Kamu bisa memaksimalkan fitur di TikTok agar live streaming kamu lebih maksimal. Misalnya, atur deskripsi produk agar penonton yang baru bergabung di tengah sesi live bisa mengetahui informasi produk.

 

2. Manfaatkan fitur promosi

 

TikTok sudah menyediakan fitur promosi berbayar yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik lebih banyak penonton. Dengan menggunakan promosi khusus, kamu bisa menentukan target penonton, sehingga kamu bisa memilih penonton yang sesuai dengan produk yang dipromosikan.

 

3. Pilih waktu live di prime time

 

TikTok juga memiliki prime time di mana pengguna mencapai titik tertinggi. Nah, kamu bisa melakukan live streaming di prime time ini. Penting untuk tahu bahwa setiap akun memiliki prime time berbeda.

 

Untuk tahu kapan prime time akunmu, lakukan riset melalui histori pencarian. Kamu juga bisa mencoba live di beberapa periode waktu berbeda, dan lihat mana yang mendulang banyak penonton.

 

 

4. Cukup jualan live selama 30 menit

 

Kualitas lebih penting dibanding kuantitas, jadi enggak perlu berlama-lama saat jualan live di TikTok. Kamu cukup live selama 30 menit.

 

Gunakan menit-menit awal untuk menyapa penonton. Selanjutnya, manfaatkan waktu yang tersedia seefektif mungkin dalam mempromosikan produkmu. Kamu bisa latihan lebih dulu agar semua informasi penting terkait produk yang ingin dijual bisa tersampaikan dengan tepat.

 

5. Lakukan komunikasi dua arah

 

Agar live streaming enggak membosankan, kamu bisa memperbanyak interaksi dengan penonton. Ajak mereka berkomunikasi agar mereka merasa lebih terlibat dan dekat denganmu.

 

Kamu bisa mengaktifkan kolom komentar. Minta saran dan pendapat penonton, baik terhadap produk yang dijual maupun terhadap caramu live. Kamu juga bisa membuka sesi tanya jawab agar makin seru.

 

Saat ini, kita ditantang untuk semakin kreatif. Termasuk dalam mencari uang tambahan. Setelah tahu cara jualan di TikTok Shop Live ini, kamu makin tertarik untuk mencobanya?