SWARA DARI AMAR BANK – Mendekati Lebaran, biasanya kebutuhan bertambah. Baik untuk makanan pengisi Lebaran atau barang lain seperti pakaian Lebaran. Belum lagi harga bahan pokok yang melonjak.

 

Tapi, jangan sampai keuanganmu berantakan dan jadi boros karena tidak ada skala prioritas. Sekalipun kebutuhan bertambah, kamu tetap bisa belanja hemat saat Lebaran, dari baju hingga makanan.

 

Nah, supaya enggak boros, kamu harus pegang tips-tips hemat belanja Lebaran berikut ini. Bisa hemat sampai ratusan ribu rupiah, lho!

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

10 Tips Belanja Hemat Menyambut Lebaran

 

Berikut adalah tips belanja hemat saat Lebaran yang perlu kamu lakukan agar tidak boncos:

 

1. Siapkan daftar belanja

 

daftar belanja untuk belanja hemat kebutuhan lebaran

 

Salah satu tips belanja hemat untuk kebutuhan Lebaran adalah dengan menyiapkan daftar belanja. Buat daftar belanja berisi barang yang benar-benar dibutuhkan agar terhindar dari berbelanja barang yang tidak dibutuhkan. Kamu harus tegas memisahkan antara keinginan dan kebutuhan.

 

Bedakan daftar prioritas berdasarkan fungsi. Misalnya, belanja kebutuhan dapur berada di skala prioritas pertama, kue Lebaran di posisi kedua, dan baju baru untuk sekeluarga di posisi ketiga. Saat berbelanja, mulailah dengan membeli barang dari posisi paling atas.

 

Daftar prioritas juga berguna untuk mengalokasikan bujet yang dimiliki. Kamu bisa memisahkan bujet yang dikeluarkan sesuai dengan skala prioritas yang sudah ditentukan sebelumnya.

 

Baca juga: 9 Tips Hemat ala Anak Kos Saat Bulan Puasa 

 

2. Tetapkan anggaran belanja saat Lebaran

 

Selain membuat daftar belanja, tetapkan juga anggaran belanja saat Lebaran. Buat pos tersendiri untuk berbelanja kebutuhan Lebaran agar tidak tercampur dengan kebutuhan harian. Tujuannya agar pengeluaran lebih teratur.

 

Setelah membuat daftar belanja, bagi anggaran sesuai daftar yang ada. Jadi, kamu Enggak tergoda untuk membeli barang lain di luar daftar prioritas.

 

3. Alokasikan kebutuhan dan keinginan

 

Setelah menetapkan anggaran belanja, jangan lupa alokasikan kebutuhan dan keinginan agar uang atau THR kamu tidak habis saat perayaan Lebaran. 

 

Triknya adalah penuhi dahulu kebutuhan Lebaran, lalu bagi sisanya untuk tabungan dan keinginan. 

 

4. Sederhanakan menu makanan

 

makanan sederhana

 

Mendekati momen Lebaran, tradisi menjamu tamu dengan makanan utama dan camilan akan sering dilakukan.

 

Nah, untuk menghemat pengeluaran, sederhanakanlah menu makanan menjadi lauk dan sayur saja misalnya ketupat, opor ayam, dan lontong sayur saja. Camilan pun bisa dibatasi dengan kue kering murah seperti nastar dan kue putri salju saja.

 

5. Jangan habiskan uang THR

 

Menjelang Lebaran, kita pun mendapat bonus berupa THR. Nah, jangan sampai THR dihabiskan untuk belanja.

 

Cukup belanjakan setengah dari total THR yang kamu terima. Sedangkan sisanya bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak atau ditabung.

 

Begitu menerima THR, langsung pisahkan uang THR yang akan ditabung dan dipakai berbelanja. Pastikan untuk konsisten membelanjakan separuh THR dan tidak tergoda untuk memakai bagian yang diperuntukkan bagi keperluan lain.

 

Baca juga: 10 Tips Hemat Saat Ramadhan Biar Keuangan Tetap Aman!

 

6. Gunakan barang lama yang masih layak pakai

 

belanja hemat kebutuhan lebaran

 

Lebaran memang identik dengan barang baru, tapi bukan berarti harus beli baru. Yuk, cek lagi barang-barang lama di rumah. Misalnya baju Lebaran, kamu bisa memakai baju Lebaran tahun lalu kalau masih layak pakai.

 

Begitu juga dengan barang lain, seperti gorden, peralatan makan, dan lainnya. Jika masih layak pakai, maksimalkan yang sudah ada ketimbang membeli baru.

 

7. Berburu promo dan diskon

 

Ramadan dan Lebaran identik dengan sale. Biar bisa belanja hemat saat Lebaran, kamu bisa berburu promo dan diskon.

 

Biasanya setiap marketplace memiliki promo berupa diskon dan potongan harga. Rajin-rajin mengecek marketplace favoritmu untuk mengetahui promo diskon yang berlaku.

 

Enggak hanya online, belanja offline pun juga bisa menjadi ajang berburu promo dan diskon. Jika memungkinkan, jangan ragu untuk menawar harga supaya mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga miring.

 

8. Pertimbangkan untuk belanja online atau offline

 

Tips belanja hemat untuk kebutuhan Lebaran selanjutnya, pertimbangkan untuk belanja online atau offline. Hitung biaya tambahan yang harus dikeluarkan jika berbelanja online atau offline. Misalnya, ongkos kirim jika belanja online dan biaya transportasi jika memutuskan untuk belanja offline.

 

Biaya tambahan ini bisa berjumlah besar, jadi harus dihitung sejak awal. Jika belanja online lebih hemat, misalnya karena ada promo gratis ongkir, maka kamu bisa berbelanja di marketplace favoritmu.

 

Baca juga: 8 Tips Hemat Pakai Ojek Online, Dijamin Bikin Kamu Untung!

 

9. Perhatikan lokasi atau tempat belanja

 

tempat belanja untuk belanja hemat kebutuhan lebaran

 

Kadang, berbelanja di supermarket besar atau mall dengan banyak pilihan bisa membuatmu tergoda untuk berbelanja dalam jumlah banyak. Harus berhati-hati, karena bisa saja uang yang dikeluarkan justru semakin besar.

 

Terlebih untuk bahan makanan yang cepat basi atau punya masa kedaluwarsa. Bisa saja kamu malah rugi dan terpaksa membuang barang yang dibeli karena sudah busuk atau lewat masa kedaluwarsa.

 

Saat menyusun daftar belanja, sertakan jumlah yang harus dibeli. Kamu bisa menakar seberapa banyak yang dibutuhkan, terutama untuk bahan yang cepat basi atau busuk.

 

Belanja hemat untuk kebutuhan Lebaran bisa banget kamu lakukan selama mengetahui trik yang tepat. Intinya adalah dengan memisahkan antara kebutuhan dan keinginan, serta konsisten untuk berbelanja yang benar-benar dibutuhkan.

 

Untuk kebutuhan mendadak dan darurat, kamu bisa mengajukan pinjaman di Tunaiku. Hanya dengan KTP, kamu bisa mengajukan kredit tanpa agunan hingga Rp20 juta dengan tenor sampai 20 bulan.

 

Semoga artikel ini membantu, ya! Selamat berpuasa dan menyambut Lebaran!