Saat ini, self-love merupakan istilah dari bahasa asing yang cukup populer. Artinya adalah mencintai diri sendiri. Self-love ini juga merupakan lawan kata dari insecure. Disini, self-love menjadi upaya kita agar bisa membahagiakan diri kita sendiri baik dengan hal-hal besar maupun dengan hal-hal kecil.

 

Banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana supaya bisa membahagiakan diri sendiri? Dan juga, terkadang orang-orang merasa bingung, tidak tahu bagaimana caranya untuk mencintai diri sendiri,

 

Padahal, sebenarnya kebahagiaan itu bukan dicari tetapi kebahagiaan itu harus bisa kita ciptakan sendiri. Untuk bisa membahagiakan diri sendiri dengan mencoba self-love mari simak tips berikut ini:

 

  1. Mulailah mengakatakan hal positif kepada diri sendiri

 

Di saat kamu berada dalam situasi terpuruk, kamu harus bisa menyemangati diri kamu sendiri. Hal ini penting supaya kamu tidak mudah menyerah terhadap apapun.

 

Untuk melakukan ini, kamu bisa berlatih di depan cermin dengan mengatakan, “Kamu pasti bisa!”.

 

  1. Berlatih untuk memaafkan diri sendiri

 

Ketika kita tidak sengaja dalam membuat kesalahan, jangan terus menyalahkan diri kita sendiri. Sebaliknya,  kita harus bisa memaafkan diri kita sendiri.

 

Dengan kita terus-menerus menyalahkan diri sendiri, kita tidak akan bisa menyayangi diri sendiri. Maka dari itu, cobalah untuk menyayangi diri dengan bisa memaafkan diri sendiri

 

  1. Bersyukurlah setiap hari

 

Kita harus bisa bersyukur setiap harinya dengan nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan. Kita harus bisa menerima diri kita sendiri dan bangga kepada diri kita yang apa adanya, tanpa membandingkan diri dengan yang lain.

 

  1. Lakukan hal yang kamu suka

 

Ini juga tak kalah penting, karena melakukan hal yang kamu suka dapat membuatmu merasa senang dan bahagia. Misalnya melakukan kegiatan hobi yang kamu sukai atau kamu bisa menciptakan hobi baru.

 

  1. Pergilah ketempat yang buat kamu bahagia

 

Untuk membuat kamu merasa senang, kamu bisa memulainya mencari tempat yang bisa bikin kamu tenang, nyaman dan kamu merasa bahagia,atau bisa kamu pergi ke tempat favoritmu. Di sanalah kamu bisa merasa tenang dan bahagia untuk menghabiskan waktu dengan diri kamu sendiri.

 

  1. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

 

Kebanyakan orang selalu membandingkan dirinya dengan orang lain,padahal dirinya sendiri mempunyai banyak kelebihan yang orang lain tidak ketahui. Maka dari itu, kita harus bisa membanggakan diri sendiri tanpa harus membandingkan diri dengan orang lain.

 

  1. Berilah dirimu self rewards

 

Inilah yang kamu bisa lakukan setelah kamu selesai mengerjakan sesuatu,kamu bisa memberikan self rewards kepada dirimu sendiri. Misalnya seperti kamu membeli makanan untuk kamu sendiri setelah kamu selesai mengerjakan sesuatu. Hal kecil seperti ini dapat membuatmu merasa bahagia.

 

  1. Menjalin relasi dengan orang yang peduli dan selalu mendukungmu

 

Carilah lingkungan yang positif yang bisa menerima kamu apa adanya dan selalu mendukungmu dimana pun kamu berada. Karena, dengan kita menjalin relasi atau hubungan dengan orang bisa selalu peduli dengan kita, kita akan mendapatkan kebahagiaan setiap harinya.

 

Dan hindarilah orang-orang yang toxic yang justru membuatmu merasa sedih,karena itu akan merugikan diri kamu juga.

 

  1. Mulailah memperhatikan bagaimana perasaanmu

 

Kebanyakan orang yang selalu memikirkan perasaan orang lain dan tidak memikirkan perasaan dirinya. Padahal, belum tentu orang itu juga akan memikirkan perasaanmu.

 

Jadi berhentilah memikirkan perasaan orang lain dengan berlebihan,karena justru itu akan membuat perasaanmu semakin terluka.

 

  1. Meluangkan waktu untuk me-time

 

Me-time ini banyak manfaatnya yaitu dapat menghilangkan stress, menjernihkan pikiran,dan memberikan waktu untuk otak bisa beristirahat dengan tenang. Me-time ini juga banyak macamnya yaitu seperti mempunyai jam tidur lebih banyak, menonton film yang kamu sukai, jalan-jalan ke tempat favorit kamu dan masih banyak me time lainnya.

 

Jadi jika kamu mempunyai waktu luang, jadwalnya dan sempatkanlah untuk me time.

 

Meski banyak kata insecure yang terbesit dalam benak kita, kita harus membiasakan diri dengan cara self love. Karena ternyata banyak cara untuk kita bisa mencintai dan menyayangi diri kita sendiri seperti melakukan tips-tips diatas.

 

Mulailah dari sekarang untuk bisa membahagiakan diri sendiri,karena belum tentu orang lain bisa membuat kita bahagia.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!