Edukasi & Inspirasi Finansial dari Amar Bank – Ketika menjalankan bisnis, kamu tentu memerlukan modal dengan jumlah yang tidak sedikit. Banyak pemilik UMKM yang mengajukan pinjaman untuk mendapatkan dana modal. 

 

Sebelum memutuskan untuk mencari pinjaman modal, sebaiknya ketahulu lebih dulu hal-hal yang perlu diperhatikan soal pinjaman untuk modal bisnis UMKM. 

 

Tunaiku dari Amar Bank bisa bantu kamu membiayai sekolah anak. Cari tahu di sini.

 

Hal yang Perlu Diketahui Seputar Pinjaman untuk Modal Bisnis

 

Banyak sekali pemilik UMKM yang kesulitan mendapatkan pinjaman meski telah mencoba untuk mengajukannya ke berbagai penyedia pinjaman.

 

Karena itu, untuk memastikan pinjamanmu diterima dan kamu bisa melunasinya nanti, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan:

 

Ketahui apa yang diinginkan oleh penyedia pinjaman

 

Setiap penyedia pinjaman biasanya melihat berbagai faktor sebelum menyetujui pengajuan pinjaman. Pertama, pihak bank akan menilai kondisi bisnismu, apakah bisnis mampu berkembang.

 

Kedua, pihak peminjam juga akan meneliti aset pribadimu sebagai alternatif apabila kamu nantinya tidak bisa melunasi pinjaman. 

 

Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa mempersiapkan diri sebelum mengajukan pinjaman ke bank.

 

Menentukan prioritas pinjaman

 

Ketika akan mengajukan pinjaman, pastikan kamu memang memerlukan pinjaman itu dan mengajukan pinjaman adalah satu-satunya jalan keluar untuk bisnismu.

 

Terkadang, sebagian pemilik UMKM kurang berpikir panjang dan terburu-buru dalam mengajukan pinjaman. Padahal, belum tentu itu menjadi alternatif solusi yang paling tepat.

 

Sebaiknya, coba teliti kembali anggaran bisnismu. Siapa tahu, dari seluruh anggaran tersebut, ada beberapa biaya pengeluaran yang bisa diminimalisir dan digunakan sebagai pengganti modal.

 

Pakai Tunaiku dari Amar Bank untuk mendapatkan modal tambahan untuk keperluan bisnismu. Cari tahu di sini!

 

Membuat perencanaan

 

Setelah mendapat pinjaman, kamu tentu perlu untuk melunasinya. Agar pelunasan bisa tepat waktu, buatlah perencanaan terhadap dana pinjaman, mulai dari alokasi serta periode cicilan. 

 

Biasanya, sebelum memberikan pinjaman, penyedia pinjaman ingin memastikan bahwa kamu sungguh-sungguh berniat melunasi pinjaman, dan dana pinjaman tidak akan disalahgunakan.

 

Kamu bisa menjelaskan perencanaanmu untuk meyakinkan mereka dalam memberikan pinjaman. Jangan buat satu perencanaan saja, tapi buat beberapa alternatif rencana.

 

Pahami proses pinjaman

 

Salah satu kesalahan pemilik UMKM ketika mengajukan pinjaman adalah tidak mengetahui bagaimana proses persetujuan pinjaman dari penyedia pinjaman yang bersangkutan.

 

Kamu perlu mengetahui syarat dari pinjaman online yang ingin dituju dan melengkapi dokumen yang diminta.

 

Tips Sukses Mendapatkan Pinjaman untuk UMKM

 

Agar permintaanmu diterima dan kamu berhasil mendapatkan pinjaman untuk modal bisnis, cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:  

 

Riset terhadap penyedia pinjaman

 

Pinjaman Uang Online Bisnis Hingga 20 Juta

 

Cara paling mudah untuk melakukan riset adalah mencari informasi di internet. Biasanya, penyedia pinjaman online memiliki banyak jejak dan testimoni digital. 

 

Ketika melakukan riset, cari tahu apa saja persyaratan yang diminta oleh penyedia tersebut ketika akan mengajukan pinjaman.

 

Selain itu, cari tahu juga mengenai keamanan dan kredibilitas penyedia tersebut melalui testimoni pengguna sebelumnya.

 

Siapkan dokumen persyaratan

 

Saat akan mengajukan pinjaman, kamu harus memastikan bahwa seluruh dokumen persyaratan telah dilengkapi. Hal ini memicu peluang yang lebih besar agar pengajuanmu diterima. 

 

Semakin lengkap dokumen yang kamu sediakan menunjukkan seberapa siap kamu dalam mengajukan pinjaman dan melunasinya. 

 

Analisa tuntutan dari penyedia pinjaman

 

Untuk memastikan keamanan dan pinjaman, pertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan seberapa sering kamu harus membayarkan bunga.

 

Apabila tingkat bunga tampak kurang realistis, janganlah mengajukan pinjaman untuk menghindari kegagalan bayar di kemudian hari.

 

Bagi kamu pemilik UMKM, pastikan untuk mengetahui seluk beluk prosedur peminjaman dan aturan-aturan mengenai pinjaman yang berlaku di Indonesia.

 

Bisnismu memerlukan dana agar bisa dikembangkan. Pakai aja Tunaiku dari Amar Bank untuk dapatkan pinjaman sampai dengan Rp20 juta. Cek DI SINI.