SWARA DARI AMAR BANK – Tidak makan dan minum seharian, serta jam istirahat di malam hari berkurang akibat sahur bisa saja membuat tubuh jadi lemah. Namun, pekerjaan tetap harus dikerjakan meski tengah menjalani ibadah puasa.

 

Meski berpuasa, bukan berarti jadi malas dan akhirnya malah menumpuk kerjaan. Kita tetap bisa produktif meski tubuh terasa lemas. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan buruk saat puasa yang tanpa sadar dilakukan.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Kebiasan Buruk Saat Puasa yang Harus Dihindari

 

Sudah melewati minggu pertama puasa, tubuh masih terasa lemas saat harus bekerja? Yuk, cek lagi kebiasaan sehari-hari. Jangan sampai kamu melakukan kebiasaan buruk saat puasa ini, sehingga bisa menghambat produktivitas.

 

1. Terlalu Lama Terpapar Elektronik

 

cahaya elektronik bikin tidak produktif dan punya kebiasaan buruk saat puasa
Sumber: Unsplash

 

Terkena paparan cahaya dari layar elektronik bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Akibatnya kita jadi merasa lemas dan cepat lelah. Oleh karena itu, bisa banget untuk membatasi konsumsi penggunaan alat elektronik.

 

Misalnya membatasi waktu menonton TV, sehingga mata bisa beristirahat. Contoh lain, dengan tidak terlalu lama bermain smartphone. Ini salah satu kebiasaan buruk saat puasa yang bisa membuat tubuh lemas.

 

Hentikan kebiasaan langsung mengecek smartphone saat bangun tidur. Begitu juga jika ada waktu kosong, ketimbang scrolling di online shop, sebaiknya istirahatkan mata agar tidak merasa lelah.

 

Terlebih di siang hari, karena mata harus tertuju ke layar laptop saat bekerja. Sehingga sebisa mungkin, jauhkan smartphone dari jangkauan selama bekerja dan hanya gunakan di saat penting.

 

2. Terlalu Banyak Mengobrol

 

Mengobrol dengan teman kerja memang menyenangkan, tapi kalau terlalu sering juga tidak baik. Selain menyita waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk bekerja, mengobrol tanpa tujuan penting juga bisa menguras energi.

 

Kebanyakan mengobrol bisa membuat haus, dan di tengah puasa tidak bisa minum. Selain itu, tenaga juga terbuang untuk hal yang tidak produktif.

 

Usahakan untuk mengobrol hanya di saat tertentu. Seperti ketika berdiskusi soal pekerjaan atau di jam istirahat.

 

Baca juga: 9 Tips Hemat ala Anak Kos Saat Bulan Puasa

 

3. Kurang Istirahat

 

Selama bulan puasa, pola yang dijalani sehari-hari otomatis berubah. Adanya ibadah malam berupa shalat Tarawih juga harus bangun lebih pagi untuk sahur membuat waktu istirahat jadi berkurang.

 

Oleh karena itu, kamu bisa hindari kebiasaan buruk saat puasa yang bisa menyita waktu istirahat. Misalnya nongkrong sampai tengah malam, sehingga kamu hanya punya waktu istirahat sekitar dua jam sebelum bangun lagi untuk sahur.

 

Kamu bisa memanfaatkan akhir pekan untuk berkumpul bersama teman-teman sehingga tidak menguras energi di hari kerja. Selain itu, hindari untuk nongkrong terlalu lama sekalipun di akhir pekan agar tubuh bisa beristirahat dengan cukup.

 

4. Tidur Sehabis Sahur

 

Mata mungkin mengantuk saat bangun untuk sahur. Sehingga, godaan untuk kembali tidur sehabis sahur begitu besar. Padahal, ini salah satu kebiasaan buruk saat puasa yang harus dihindari.

 

Setelah itu, langsung tidur sehabis makan juga tidak baik untuk kesehatan. Sebab bisa memicu asam lambung, menyebabkan heartburn, membuat perut terasa kembung, dan radang tenggorokan.

 

5. Tidak Sahur dan Berbuka dengan Baik

 

konsumsi junkfood salah satu kebiasaan buruk saat puasa
Sumber: Unsplash

 

Selama bulan puasa, kita bisa mengonsumsi makanan saat sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh.

 

Hindari kebiasaan buruk saat puasa dengan memakan terlalu banyak karbohidrat saat sahur. Terlalu banyak karbohidrat saat sahur justru membuat tubuh lemas dan cepat lapar. Sedangkan pada saat berbuka, bisa membuat perut jadi tidak nyaman.

 

Berbuka puasa atau sahur dengan junk food memang praktis, tapi ini kebiasaan buruk saat puasa yang harus dihindari. Sebab, bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

 

Baca juga: 7 Menu Buka Puasa Simpel Buat Karyawan Kantoran

 

6. Tidak Makan dengan Bijak

 

Karena mengantuk, kita jadi melewatkan sahur. Inilah penyebab tubuh jadi lemas dan mudah lapar, sehingga malas beraktivitas sehari-hari. Bentuk kebiasaan baru dengan makan sahur, agar tubuh punya energi yang cukup untuk beraktivitas setiap hari.

 

Makan terlalu banyak saat berbuka puasa juga harus dihindari. Kalap mata bisa membuat kita jadi boros dalam membeli makanan. Makan banyak bisa mengganggu pencernaan.

 

Oleh karena sepanjang hari lambung tidak bekerja, maka lambung akan kaget begitu dipaksa bekerja saat berbuka. Sebaiknya, berbuka secukupnya seperti air putih dan buah kurma, lalu beri jeda sekitar 30 menit sebelum makan makanan berat agar lambung tidak kaget.

 

7. Tidak Berolahraga

 

Meski berpuasa, bukan berarti tidak bisa berolahraga. Justru tidak berolahraga bisa membuat tubuh jadi makin lemas.

 

Hindari kebiasaan buruk saat puasa satu ini. Tubuh tetap harus bergerak agar selalu segar. Kamu bisa mengganti jenis olahraga menjadi yang lebih ringan seperti workout di rumah dan lakukan beberapa saat menjelang jam berbuka puasa.

 

9. Tidak Punya Manajemen Waktu

 

Pola hidup yang berubah seringkali membuat kewalahan. Akibatnya, manajemen waktu jadi berantakan. Misalnya, jadi terlambat datang ke kantor sehingga harus terburu-buru.

 

Atur pola kegiatan harian baru untuk mengakomodir kebutuhan saat bekerja di bulan puasa. Misalnya kantor memberlakukan jam masuk baru khusus bulan Ramadan. Lakukan kalkukasi ulang waktu yang dibutuhkan untuk ke kantor agar tidak datang terlambat.

 

10. Tidak Menentukan Skala Prioritas

 

tidak menyusun skala prioritas salah satu kebiasaan buruk saat puasa
Sumber: Unsplash

 

Pekerjaan di kantor juga bisa berubah saat bulan puasa. Terlebih di saat mendekati lebaran, sebab adanya cuti bersama membuat pekerjaan harus diselesaikan jauh-jauh hari.

 

Buat skala prioritas terkait pekerjaan mana yang harus dikerjakan. Sesuaikan juga dengan jadwal tim lain jika kamu harus berkoordinasi dengan rekan dari tim lain.

 

Baca juga: 3 Tips Buka Puasa Bersama tanpa Menguras Dompet

 

11. Mengonsumsi Kafein

 

Salah satu cara mengusir kantuk adalah dengan mengonsumsi kafein. Di bulan puasa, sebaiknya hindari konsumsi kafein dalam jumlah banyak. Sebab bisa membuat tubuh jadi makin lemas.

 

Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak minum air putih di saat sahur dan di malam hari, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang di siang hari.

 

Perubahan pola hidup saat bulan puasa harus ditunjang oleh kebiasaan baik agar tubuh selalu sehat. Kebiasaan buruk saat puasa harus dihindari, agar tubuh punya energi yang cukup untuk menjalankan ibadah puasa, serta tetap terus produktif dalam menjalankan tanggung jawab sehari-hari. Selamat berpuasa!