Harga properti, termasuk rumah, terus meningkat tajam dari hari ke hari. Karena itu, menabung untuk beli rumah mungkin menjadi hal yang penting.

 

Menabung agar bisa membeli rumah sering menjadi tujuan keuangan, baik untuk kamu yang sudah maupun yang belum berkeluarga.

 

Tips menabung untuk beli rumah

 

Walaupun kita tahu bahwa jalan tercepat untuk membeli rumah adalah mulai menabung, seringkali orang bingung bagaimana cara menabung yang efektif. 

 

Berikut adalah beberapa tips untuk kamu yang ingin mencapai tujuan keuangan memiliki rumah:

 

1. Menyusun perencanaan keuangan secara rinci

 

Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran membantu kamu mengatur keuangan dengan lebih baik. Kamu juga bisa tahu kebutuhan apa saja yang sudah dan belum terpenuhi.

 

Rincian keuangan akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan bulanan. 

 

Cara ini akan membantu kamu melakukan introspeksi diri, dimana kira-kira pengeluaran paling besar harus keluar, untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan kamu.

 

2. Tinggalkan kebiasaan boros

 

Berhubungan dengan tips pertama, jika kamu berencana menabung untuk beli rumah, kamu perlu meninggalkan pola hidup dan kebiasaan boros yang selama ini kamu lakukan. 

 

Misalnya saja mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak penting seperti nongkrong terlalu sering, membeli barang branded hanya demi gengsi dan hal-hal lainnya.

 

Mulailah hidup hemat dari sekarang dan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang ada agar kamu bisa mengatur uang kamu lebih tepat sasaran. 

 

3. Memastikan harga rumah yang diinginkan

 

Sebelum kamu mulai menabung untuk beli rumah, tentunya kamu perlu tahu berapa harga rumah yang diinginkan. Jadi, kamu bisa menentukan target tabungan yang perlu dipenuhi.

 

Adanya nominal target tabungan akan memudahkan kamu menyesuaikan durasi waktu menabung dengan pemasukan tiap bulannya.

 

Perlu diingat bahwa dalam memilih harga rumah, pastikan kamu memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan kamu. 

 

4. Mulai menyisihkan uang untuk ditabungkan

 

Setelah kamu mengetahui berapa jumlah uang yang perlu kamu sisihkan dalam periode tertentu, kamu harus memulai untuk menyisihkan uang untuk ditabungkan. 

 

Bagi kamu yang memiliki pemasukan tetap, kamu bisa menyisihkan uang tersebut di hari yang sama saat kamu menerima gaji atau pemasukan lainnya. 

 

Kamu juga boleh menyisihkan uang di rekening berbeda atau di instrumen keuangan lain seperti reksadana yang sesuai dengan profil risiko kamu.

 

5. Menghindari utang lain

 

Tips yang selanjutnya adalah kamu perlu menghindari utang lain selagi kamu menabung untuk beli rumah. Terlebih jika kamu berencana untuk menggunakan KPR nantinya.

 

Banyaknya utang akan menghambat kamu dalam menyisihkan tabungan untuk membeli rumah, yang berarti target kamu untuk segera mendapat rumah impian akan tertunda.

 

6. Mulai berinvestasi

 

Investasi dinilai bisa memberikan keuntungan besar di masa depan. Untuk itu, investasi juga bisa menjadi cara menabung untuk beli rumah yang efektif. 

 

Dibandingkan kamu menabung di rekening bank biasa, kamu bisa mengumpulkan tabungan kamu dalam bentuk instrumen investasi yang kamu pahami

 

Sebagai contoh, kamu bisa berinvestasi di emas atau reksa dana. Emas dinilai sebagai komoditi yang akan terus mengalami kenaikan harga karena ketersediaan (supply) yang semakin habis dan permintaan (demand) yang terus meningkat.

 

Selain itu, kamu bisa berinvestasi di reksadana sambil mengukur profil risiko kamu, apakah kamu menggunakan Reksadana pasar uang, pendapatan tetap, atau saham.

 

7. Mengambil pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan

 

Bila kamu ingin menabung untuk beli rumah dengan lebih cepat, kamu juga bisa menyiasatinya dengan mengambil pekerjaan sampingan

 

Meski begitu, kamu harus pandai mengatur waktu agar pekerjaan sampingan ini tidak mengganggu pekerjaan utama, bahkan akan lebih baik jika keduanya berjalan beriringan. 

 

Pekerjaan sampingan ini bisa berasal dari hobi atau dengan mengandalkan keahlian kamu. 

 

8. Konsisten dan disiplin menjadi kunci keberhasilan kamu

 

Faktor utama yang bisa membuat seseorang tidak berhasil menabung adalah tidak konsisten dan disiplin. 

 

Ingatlah bahwa menabung untuk membeli rumah adalah lari marathon yang memerlukan nafas panjang, mengingat nilai rumah sangat tinggi saat ini.

 

Menabung untuk beli rumah juga harus diiringi dengan niat yang kuat dari kamu untuk mencapai tujuan ini. 

 

Jangan sampai goyah atau tergoda dengan hal lain yang bisa mengganggu tujuan keuangan kamu ini.

 

Demikian cara menabung untuk beli rumah yang bisa kamu terapkan dan renungkan agar tujuan kamu mempunyai rumah impian tercapai.

 

Ingat, kamu tidak perlu memaksakan diri dengan membandingkan pencapaian kamu dengan orang lain. Selamat menabung!