SWARA – Grammy Awards selalu menjadi salah satu ajang penghargaan musik dunia yang paling ditunggu-tunggu. Akan tetapi, rencana penyelenggaraan Grammy Awards 2021 akan ditunda karena pandemi virus corona yang masih belum usai.

 

Awalnya, Grammy Awards 2021 direncanakan akan berlangsung tanggal 31 Januari 2021. Namun, dikutip dari Vogue, acara ini diundur ke tanggal 14 Maret 2021. 

 

Mundurnya waktu pelaksanaan Grammy Award tahun ini dilatarbelakangi oleh situasi pandemi yang masih tak menentu. Situasi Covid-19 di Los Angeles, tempat acara penghargaan ini diadakan, kian memburuk.

 

Pemerintah negara bagian di Los Angeles juga telah mengeluarkan panduan baru terkait protokol kesehatan selama pandemi. Oleh karena itu, pelaksanaan Grammy Awards pun terpaksa ditunda demi keamanan dan kesehatan bersama.

 

Perbedaan Grammy Awards 2021 dengan Tahun Sebelumnya

 

Penyelenggaraan Grammy Awards tahun ini direncanakan akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dilansir dari Rolling Stone, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Grammy Awards 2021 direncanakan untuk tidak mengundang penonton.

 

Sepanjang pertunjukan, ruang acara hanya akan diisi oleh para presenter dan artis yang diundang. Bahkan, tidak seluruh artis yang masuk ke dalam nominasi akan diizinkan untuk datang ke lokasi.

 

Grammy Awards akan mengikuti konsep acara penghargaan Emmy Awards 2020, di mana para peserta nominasi mengikuti acara dan mendapatkan penghargaan secara virtual atau jarak jauh. 

 

Lokasi penyelenggaraan Grammy Award masih belum bisa dipastikan sampai sekarang. Hal ini disebabkan oleh kondisi penyebaran virus corona yang masih belum menentu di Los Angeles.

 

Mekanisme pemberian penghargaan pun juga masih didiskusikan. Pihak penyelenggara tengah merencanakan sistem yang tepat agar acara dapat tetap berlangsung aman dan lancar. 

 

Fakta Seru Seputar Nominasi Grammy Awards 2021

 

Selain sistem penyelenggaraan yang berbeda, daftar peserta nominasi untuk Grammy Awards juga terlihat tak biasa. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang peserta nominasi Grammy Awards di tahun ini:

 

  • Perubahan kategori

 

Dari seluruh kategori penghargaan, beberapa kategori mengalami perubahan nama. Perubahan ini dilakukan dengan menyesuaikan perubahan industri musik saat ini. 

 

Selain itu, dikutip dari Vogue, perubahan ini juga berguna untuk memastikan proses nominasi menjadi lebih transparan dan adil. Nama-nama kategori yang mengalami perubahan antara lain:

 

  1. Best Urban Contemporary Album menjadi Best Progressive R&B Album
  2. Best Rap/Sung Performance menjadi Best Melodic Rap Performance
  3. Best Latin Pop Album menjadi Best Latin Pop or Urban Album
  4. Best Latin Rock, Urban, or Alternative Album menjadi Best Latin Rock or Alternative Album

 

Kemudian, istilah “World Music” pada beberapa kategori juga akan diganti menjadi lebih modern, dengan sebutan “Global Music Album”.

 

  • Daftar nominasi yang menuai kontroversi

 

Kontroversi pada ajang penghargaan Grammy Awards sebenarnya sudah beberapa kali terjadi. Tahun 2021 pun, ada banyak kontroversi yang timbul dari daftar nominasi Grammy Awards 2021.

 

Salah satunya adalah masuknya album Justin Bieber yang berjudul Changes ke kategori pop. Padahal, menurut Bieber, albumnya adalah jenis lagu R&B. 

 

Selain itu, kontroversi lainnya datang dari para penggemar musisi Harry Styles, yang tidak masuk dalam nominasi empat kategori terbesar, seperti Artist atau Album of the Year. Mantan anggota One Direction itu hanya menjadi nominasi dari kategori Best Music Video dan Best Pop Vocal Album.

 

Ada juga kontroversi mengenai tidak terdaftarnya The Weeknd sebagai nominasi Grammy Awards. Padahal, ia mendapatkan tiga piala dari American Music Awards 2020 dan menorehkan banyak prestasi lainnya sepanjang tahun 2020.

 

  • Nama Beyonce di banyak kategori

 

Dalam nominasi Grammy Awards 2021, nama Beyonce masuk ke dalam beberapa kategori. Lagunya yang berjudul “Black Parade” mendapatkan nominasi untuk kategori Records of the Year, Song of the Year, Best R&B Performance, dan Best R&B Song. 

 

Tidak hanya itu, kolaborasinya dengan Megan Thee Stallion yang berjudul “Savage” juga juga memberikannya tempat untuk kategori Best Rap Performance dan Best Rap Song.

 

Kemudian, lagunya yang berjudul “Brown Skin Girl” juga masuk dalam nominasi kategori Best Music Video. Sementara “Black is King” masuk ke kategori Best Music Film.

 

  • Tercetaknya sejarah oleh BTS

 

Grup musik BTS menjadi grup asal Korea Selatan pertama yang masuk ke dalam nominasi Grammy Awards 2021. Mereka menjadi nominasi dari kategori Best Pop Duo/Group Performance melalui lagu single “Dynamite”.

 

Sebelumnya, BTS sudah pernah tampil sebagai presenter pada ajang Grammy Awards 2019 dan pengisi acara di Grammy Awards 2020. Dilansir dari CNN Indonesia, ini adalah pertama kalinya BTS bergabung dengan acara Grammy Awards sebagai nominasi.

 

Itulah beberapa fakta menarik seputar Grammy Awards 2021 yang mungkin belum kamu tahu. Meskipun penyelenggaraannya ditunda, ajang penghargaan ini masih menjadi salah satu ajang musik yang dinanti-nantikan di tahun 2021 ini.