Edukasi dan Inspirasi Finansial dari Amar Bank

 

Dulu, mungkin nggak pernah terpikir bahwa kita bisa bekerja tanpa harus ke kantor alias work from anywhere. Pandemi yang mengharuskan setiap kegiatan dilakukan dari rumah, sehingga membentuk sebuah tren baru.

 

Setelah hampir dua tahun bekerja dari rumah, sekarang muncul tren hybrid working atau work from anywhere.

 

Tertarik untuk berkesempatan bekerja dari mana saja? Coba cek peluang karier di Amar Bank, deh. Cari tahu di sini.

 

Apa itu work from anywhere?

 

Selama pandemi, banyak perusahaan yang memindahkan ‘kantor’ ke rumah masing-masing. Work from home menjadi tindakan preventif bagi perusahaan agar terus beroperasi, tapi juga melindungi diri dan keluarga.

 

Hal ini akhirnya membentuk kebiasaan baru. Banyak perusahaan yang tetap bisa bekerja seperti biasanya, meskipun karyawan tidak bertatap muka secara langsung. Tidak mengherankan jika bekerja di kantor saat ini nggak lagi menjadi keharusan.

 

Work from anywhere memungkinkan seseorang untuk bekerja dari rumah atau dari mana saja tapi tetap terhubung dengan karyawan lain. Kemajuan teknologi memungkinkan kita bisa bekerja dari mana saja secara bersama-sama dengan rekan kerja lainnya. 

 

Selain itu, kemajuan teknologi juga meningkatkan fleksibilitas karyawan. Misalnya dengan kehadiran Zoom atau Google Meet membuat proses meeting tetap berjalan lancar sekalipun tidak berada di tempat yang sama secara bersamaan. 

 

Work from anywhere tentunya tidak akan bisa terwujud tanpa kehadiran teknologi. Dengan menerapkan konsep work from anywhere ini, artinya perusahaan memberikan kebebasan kepada karyawan untuk bekerja dari mana saja alias nggak harus ke kantor di jam-jam tertentu. Kita bisa bekerja dari rumah, cafe, atau tempat lain yang kondusif.

 

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai menerapkan konsep work from anywhere secara permanen. Misalnya Amar Bank, yang menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan kebijakan work from anywhere secara permanen. Keputusan hybrid working ini sejalan dengan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan yang diterbitkan oleh OJK.

 

Artikel terkait: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pindah Jalur Karier

Keuntungan work from anywhere

Konsep ini masih baru, yuk cari tahu apa saja keuntungan yang didapat ketika menerapkan kebijakan work from anywhere ini.

 

1. Adanya fleksibilitas

Ketentuan work from anywhere memberikan fleksibilitas kepada karyawan dalam menentukan dari mana dia ingin bekerja. Karyawan juga bisa lebih produktif dan efisien karena diharuskan untuk mengatur jam kerja sendiri.

2. Menghemat waktu dan tenaga

Terutama bagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, tentunya harus menyiapkan waktu satu hingga dua jam setiap pagi dan sore dari rumah ke kantor. Mobilitas yang memakan banyak waktu ini membuat tenaga dan waktu terkuras lebih banyak.

 

Dengan bekerja remote, hal ini bisa dihindari, sehingga secara otomatis akan menghemat waktu dan tenaga, jadi kita bisa bekerja dengan lebih produktif. 

3. Mewujudkan work-life balance

Fleksibilitas yang dimiliki membuat kita bisa mengukur tingkat stres. Terkadang, hal-hal yang mengakibatkan stres seringkali berupa faktor eksternal, seperti macet. Dengan adanya pengaturan waktu yang lebih teratur, bisa menekan stres.

 

Waktu yang dimiliki juga jadi lebih banyak dan bisa digunakan untuk kegiatan lain. Berkurangnya mobilitas berarti kita juga punya waktu lebih untuk bersama keluarga atau berolahraga. Hal ini bisa mewujudkan work life balance.

 

Artikel terkait: 10 Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi dan Manfaatnya

4. Meminimalisir biaya operasional kantor

Dari segi pemilik usaha, juga bisa memangkas biaya operasional. Misalnya dengan meniadakan biaya sewa, listrik, dan lainnya. Biaya ini bisa dialihkan untuk mengembangkan kesejahteraan karyawan.

5. Terhindar dari distraksi di tempat kerja

Kita bisa menentukan workplace sendiri, jadi bisa mencari tempat yang minim gangguan untuk meningkatkan produktivitas. Kita juga bisa terhindar dari distraksi di tempat kerja, seperti ngobrol hal lain di luar pekerjaan dengan rekan kerja, meeting yang memakan waktu, dan lainnya.

 

Mau kerja dari Bali atau Bekasi, pilihan ada di tanganmu. Cek kesempatan berkarier di Amar Bank di sini.

 

Kekurangan work from anywhere

Tentunya juga ada kekurangan dari sistem bekerja seperti ini. Terlebih work from anywhere merupakan konsep baru dan kita masih di tahap menyesuaikan diri. 

Berikut beberapa kekurangan dari work from anywhere yang mungkin kamu hadapi.

1. Muncul distraksi baru

Bekerja dari rumah misalnya, bisa menimbulkan distraksi baru. Misalnya keadaan rumah yang nggak kondusif atau anak yang menyita perhatian. Meski bekerja dari rumah, kita tetap bekerja. Artinya pekerjaan tetap jadi prioritas utama. 

 

Sebaiknya buat workspace yang khusus diperuntukkan sebagai ‘kantor’ untuk meminimalisir distraksi. Begitu juga halnya jika kamu bekerja dari tempat lain, misalnya di villa sembari liburan atau di kafe. Gangguan faktor eksternal jadi lebih besar. 

 

Atasi dengan memilih tempat yang kondusif. Misalnya, alih-alih bekerja di coffee shop, kamu bisa bekerja di coworking space yang tentunya lebih tenang.

2. Kesulitan membagi waktu

Mungkin kita akan kewalahan membagi waktu sehingga rasanya jam kerja jadi bertambah. Bekerja dari rumah atau dari mana saja membuatmu merasa jam kerja jadi lebih panjang. 

 

Oleh karena itu, penting untuk membuat agenda yang tepat untuk mengatur jam kerja. Sebab, jam kerja yang tidak teratur justru bisa membuatmu mengalami burn out. Terlebih jika kamu bekerja di rumah, dengan distraksi lainnya, besar kemungkinan kamu merasa kewalahan.

3. Biaya yang membengkak

Work from anywhere artinya kamu harus menyiapkan uang tambahan untuk biaya operasional sendiri. Misalnya biaya internet dan listrik yang tentunya akan membengkak. Namun, tentunya juga ada pengurangan di pos lain, seperti biaya makan siang dan transportasi. 

 

Jika kamu menerapkan sistem kerja seperti ini, segera cek ulang financial planning yang kamu punya. Atur ulang pos yang sudah nggak relevan lagi. Selain biaya esensial, pengeluaran juga bisa membengkak ketika kamu memutuskan untuk bekerja sambil liburan, misalnya.

 

Artikel terkait: Seberapa Besar Pengaruh Passion untuk Kesuksesanmu?

 

4. Komunikasi kurang lancar

Di beberapa kasus, bisa terjadi miskomunikasi dengan rekan kerja. Oleh karena masing-masing memiliki jadwal kerja sendiri, bisa saja terjadi kesalahpahaman atau komunikasi yang kurang lancar.

 

Begitu juga dengan faktor eksternal, seperti gangguan internet yang membuat suasana meeting jadi kurang kondusif. Jika ada meeting penting, pastikan internet dalam kondisi maksimal. Untuk mengatasi kesalahpahaman ini, tidak ada salahnya melakukan pengecekan ulang terutama menyangkut hal penting terkait pekerjaan. Sesekali, nggak ada salahnya juga untuk ngobrol di luar pekerjaan agar hubungan dengan rekan kerja tetap dekat.

 

Kemajuan teknologi seringkali membentuk kebiasaan baru, salah satunya kebijakan work from anywhere ini. Meskipun nggak ke kantor, kita tetap bekerja. Artinya, pekerjaan tetap jadi prioritas sekalipun kita sedang menikmati keindahan alam Bali. Nah, kalau kamu sendiri, tim Work from Anywhere atau Work from Office, Kawan Swara?

 

Mau rasakan enak dan fleksibelnya WFA? Coba cek kesempatan berkarier di Amar Bank di sini.Â