Rabu, 01 Apr, 2020
MAU INVESTASI UNTUNG 10% per TAHUN?

SWARA KAMU: Tips Mengatur Keuangan untuk Millennials Agar Bisa Mencapai Financial Freedom

Swara Kamu – Mengatur keuangan adalah hal yang penting bagi setiap pribadi, mengatur keuangan bukan cuma berarti menabung dan menghemat, tetapi kita juga paham bagaimana membuat uang kita bertambah banyak dan menjaga agar nilai uang kita tidak tergerus inflasi. Banyak millennials yang masih belum paham soal konsep mengatur keuangan sehingga mereka menjadi boros atau mungkin sebaliknya, menjadi terlalu hemat hingga tidak sadar ternyata mereka orang yang kikir.

 

Berikut tips dan cara supaya kita bisa menjadi millennials yang bukan cuma berhemat atau boros luar biasa, tapi tetap bisa berinvestasi dan menikmati hidup.
Millennials, dari 100% penghasilan anda harus dibagi ke 6 rekening khusus. 6 rekening ini mempunyai budgetnya masing masing, mau tau detailnya?

 

1. FFA (Financial Freedom Account)

Financial Freedom Account adalah rekening yang tujuannya untuk dana berinvestasi, Investasi sangat diperlukan oleh para Millenials karena investasi membuat kita dapat mempertahankan nilai uang kita dari Inflasi dan menjadi salah satu alat kita untuk mencapai kebebasan keuangan. Besaran untuk rekening FFA ini adalah 20%. Dana FFA bisa di taruh ke instrument investasi seperti saham,bisnis dan properti.

 

2. LTSS (Long Term Saving Spending)

LTSS adalah rekening yang tujuannya untuk menabung jangka panjang dan akan di pakai dikemudian hari, contohnya untuk menikah, mengganti handphone baru, biaya Pendidikan anak dan lain sebagainya. Besaran untuk rekening LTSS adalah 10%.

 

3. EDU (Education)

Education adalah rekening yang tujuannya untuk kita mengembangkan diri, rekening ini bisa dipakai untuk kita menambah skill dengan cara mengikuti seminar,workshop,membeli buku ataupun online course. Invest in yourself it always pays the best interest. Besaran untuk rekening Education ini adalah 10%.

 

4. NEC (Necessity)

Necessity adalah rekening yang tujuannya untuk biaya kehidupan sehari-hari, seperti beli bensin,makan,bayar listrik,dll. Besarannya adalah 40% pertanyaannya bagaimana kalua 40% tidak cukup? Sepengalaman saya jawabannya ada 2, naikin income atau turunkan lifestyle.

 

5. Play

Play adalah rekening yang tujuannya untuk having fun dan self reward, dana di rekening ini harus dihabiskan setiap bulannya. Besarannya adalah 10%.

 

6. Give

Seperti namanya, Give adalah rekening yang bertujuan untuk berbagi, kita akan lebih Bahagia ketika kita memberi dan membuat orang lain Bahagia, berkat dan rejeki juga akan selalu mengalir ketika kita rutin memberi. Besarannya untuk rekening Give adalah 10%.

 

Sediakan 6 buah amplop untuk membagi uang kalian mulai dari sekarang, sebisa mungkin kita buat ACTION menjadi mudah, jangan menunda nunda karena kunci sukses ada di TAKING ACTION, NO ACTION nothing happen, TAKE ACTION miracle happen.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis. 

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!

Tentang Penulis
David Noah Lizal

David Noah Lizal

Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Program D4 Usaha Perjalanan Wisata B 2018 di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Tour Guide dan Tour Leader, Founder Explora Indonesia, Investor.

Optimized with PageSpeed Ninja