SWARA – Di luar sana, ada banyak pasangan selebriti yang berhasil dalam membangun bisnis bersama. Nama-nama pasangan seperti Raffi-Nagita, Anang-Ashanty, tentu sudah sering kamu dengar gaungnya. Yap, mereka adalah contoh pasangan selebriti yang membangun bisnis bersama dan bisa sukses.

 

Artikel Terkait: Public Figure yang Bisa Jadi Panutan

  1. Lika-liku Kesuksesan Godfather of Broken Heart, Didi Kempot!

  2. Kenalan dengan Silvia Halim, Perempuan Hebat Dibalik Suksesnya MRT Jakarta

  3. Belajar Sukses dari Eyang Habibie, Cek 10 Fakta Lika-liku Perjalanan Hidupnya

 

Sebenarnya nggak perlu jauh-jauh. Saya sendiri punya teman yang sudah membangun bisnis bersama pacarnya. Bisnis kafe yang mereka rintis itu tergolong cukup sukses. Kesuksesan yang mereka raih ini tentunya nggak lepas dari kiat-kiat jitu. Ini dia beberapa tipsnya!

 

1. Menyediakan waktu untuk diskusi dan mengoreksi

Membangun bisnis itu nggak sama dengan pacaran. Kamu perlu waktu tersendiri untuk membahas bisnismu. Catat, beri waktu khusus untuk membahas bisnis, ya! Jadi mulai sekarang kamu harus bisa membedakan kapan waktu yang tepat untuk membahas rencana pernikahan dan kapan waktunya membahas bisnis. Dalam bisnis juga pasti mengalami up and down. Nah, kalian perlu yang namanya berdiskusi terkait apa yang terjadi dengan bisnis kalian. Pastikan kalian juga mendiskusikan solusi apa yang tepat untuk kendala yang kalian alami. 

 

2. Jangan saling menyalahkan

Namanya kendala dalam bisnis itu pasti selalu ada. Namun yang harus kalian ingat adalah, jangan pernah saling menyalahkan, ya. Saling menyalahkan hanya akan memancing permasalahan baru yang nggak berkesudahan. Sebaliknya, alangkah baik jika kalian saling support dan menyemangati agar bisnis semakin maju.

 

3. visi dan misi

Sebenarnya ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis bersama pacar. Pastikan visi dan misi kalian terhadap bisnis ini sudah jelas akan dibawa ke arah mana. Pastikan juga kalau visi-misi kalian sama. Jika ada yang janggal, lebih baik jika langsung dikomunikasikan agar nggak memicu masalah di kemudian hari.  

 

Artikel Terkait: Pengin Buka Usaha? Baca Ini!

  1. Buka Usaha Bimbel dengan Modal Rp0? Bisa Banget!

  2. Mau Buka Usaha Tapi Modal Usaha Terbatas? Ini 5 Cara Mengatasinya

  3. Ingin Membuka Usaha? Lakukan 5 Cara Jitu Ini untuk Mencari Modal

 

4. Pembagian peran yang adil

Namanya bisnis, sudah bukan hal yang main-main, ya. Untuk itu, diperlukan tanggung jawab dan komitmen di dalamnya. Untuk itu, perlu adanya pembagian peran yang adil. Jangan sampai salah satu merasa tanggung jawabnya lebih besar. Di luar sana, sudah banyak kasus bahwa bisnis bisa terkendala karena adanya tanggung jawab yang dibagi nggak secara adil. 

 

5. Kesampingkan urusan pribadi

Nah, ini yang sulit: membedakan hubungan percintaan dengan pekerjaan. Kalau asmara lagi baik-baik, nggak masalah, ya. Namun, kalau lagi ada masalah, pastinya akan berpengaruh terhadap bagaimana kamu bertindak dengan dia yang nggak hanya kekasihmu, tapi partner bisnismu. Semoga kamu bisa mengesampingkan urusan pribadi dan percintaan dahulu, ya, saat membahas bisnis.

 

Itu dia kiat jitu buat kamu yang tertarik membuka bisnis bersama pacar. Well, pastikan kamu menerapkan kiat jitu di atas, ya. Berikan juga tanggung jawab dan komitmen. Karena tanpa adanya komitmen, rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap bisnis itu nggak akan ada. Kalau nggak ada, bagaimana bisnis itu bisa maju dan berkembang?