SWARA – Belum lama ini tentu kamu sering mendengar istilah unicorn dalam dunia startup. Label ini ditujukan oleh perusahaan startup yang berhasil mengantongi lebih dari 1 miliar USD. Nah, soal unicorn, label itu berhasil disabet oleh startup karya anak bangsa, Tokopedia.

 

Saat ini, Tokopedia masih duduk di peringkat pertama untuk kelas e-commerce terlaris. Sudah tahukah kamu siapa orang di balik kesuksesan ini? Tentu nggak lepas dari campur tangan dan usaha CEO-nya. Yap, dia adalah William Tanuwijaya.

 

Namun, sudah tahukah kamu bagaimana William memulai usaha ini? Siapa sangka semua ini nggak lepas dari pengalamannya menjadi penjaga warnet saat masih kuliah. Dari sana William jadi tahu lebih banyak tentang dunia internet. Internet bisa digunakan untuk apa saja seperti membuka usaha. Jadi bisalah membuka usaha sendiri melalui internet.

 

Saat awal usahanya memulai Tokopedia pun nggak berjalan mulus. Diremehkan orang sudah jadi menu utama sarapannya. Kesulitan mendapatkan dana juga sering terjadi. Namun, dia mampu untuk survive dan membuktikan bahwa Tokopedia bisa meraksasa seperti sekarang.

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Usaha

  1. Langkah-langkah untuk Memulai Usaha Kue Basah
  2. Tips Memulai Usaha Homemade yang Menguntungkan
  3. Ternyata Memulai Usaha Jadi Florist Tak Perlu Banyak Modal Kok, Ini Tipsnya

 

Kamu tentu ingin sesukses William Tanuwijaya, kan? Ini dia beberapa yang bisa kamu pelajari dari dirinya!

 

1. Gali ilmu di mana saja

Nggak bisa dimungkiri kalau pemahaman luas tentang dunia internet didapatkan William dari pekerjaan menjaga warnet. Pekerjaan ini memang terkesan sepele. Namun, jika bisa memanfaatkan dengan baik, kita bisa menggali potensi di dalamnya. Nah, begitu pula dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya yang dianggap sepele.

 

2. Berani memodali sendiri

Di awal usahanya William memang mengalami kesulitan dalam hal permodalan. Untuk itu, dia memberanikan diri memulai dari modal sendiri. Dengan manajemen yang baik, akhirnya Tokopedia pun bisa berkembang pesat dan lebih mudah mendapatkan permodalan.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Permodalan dalam Usaha

  1. 5 Peluang Bisnis bagi Mahasiswa Plus Cara Memulai Lewat Pinjaman Modal Usaha Tunaiku
  2. 5 Hal Penting untuk Dipertimbangkan Sebelum Cari Modal Usaha Lewat Online
  3. Mau Buka Usaha Tapi Modal Usaha Terbatas? Ini 5 Cara Mengatasinya

 

3. Jaga kepercayaan

Investor pertama di Tokopedia nggak lain dan nggak bukan adalah Bos William sendiri. Daripada bingung mencari investor ke sana-sini, memang ada baiknya memulai dari sumber daya terdekat. Untuk itu, kita memang harus dikenal baik oleh orang-orang terdekat. Sebisa mungkin kita bisa menjaga kepercayaan mereka.

 

4. Rekrut SDM yang bertanggung jawab

SDM memegang kunci utama dalam sebuah perusahaan. Sangat diperlukan SDM yang unggul, loyal, dan bertanggung jawab agar usaha yang dijalankan bisa berkembang. Jika sudah mendapatkan SDM demikian, pertahankan mereka jangan sampai berpaling ke perusahaan lain.

 

Apakah kamu ingin jadi the next William Tanuwijaya? Yuk, segera ikuti jejaknya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI

 

Mobile Site CTA