SWARA – Setelah sukses menjadi aktor populer, Baim Wong kini juga sukses menjadi salah satu Youtuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia.  Dilansir dari Kontan, Baim Wong menduduki peringkat pertama dalam daftar 10 Youtuber Indonesia dengan penghasilan tertinggi di 2020. Secara khusus, Baim Wong dikenal bekerja sama dengan istrinya, Paula Verhoeven, dalam menjadi Youtuber.

 

Perjalanan Karier Baim Wong sebagai Youtuber 

 

Sebelumnya, Baim Wong sudah bertahun-tahun menekuni karier sebagai aktor. Di tahun 2016, barulah ia mulai banting setir menjadi seorang Youtuber.

 

Popularitas Baim Wong sebagai Youtuber tidak didapatkan secara instan. Dari tahun ke tahun, Baim Wong mendapatkan peningkatan viewers dan subscribers secara perlahan tapi pasti. 

 

Menurut Kontan, pada pertengahan 2020, akumulasi jumlah penonton video Baim Wong mencapai 1,88 juta penonton. Proyeksi penghasilan Baim Wong dari Youtube mencapai Rp13,29 miliar. Dengan pencapaian ini, Baim Wong mengalahkan Youtuber Atta Halilintar serta selebriti Raffi Ahmad di tahun 2020.

 

Tak hanya itu, Baim Wong juga sempat mendapatkan pujian dari CEO Youtube Global Susan Wojcicki. Pujian ini secara khusus ditujukan pada kampanye Baim Wong yang bernama GEMAS (Gerakan Memakai Masker). 

 

Kampanye tersebut dilakukan dengan memberikan 30 juta masker gratis bagi masyarakat Indonesia yang kurang mampu. Kemudian, pujian juga diberikan atas konten Baim Wong berupa konten sahur dan buka puasa selama di rumah saja. 

Sukses Jadi Youtuber Ala Baim Wong

 

Menjadi Youtuber nomor satu di Indonesia tentu tidak mudah. Kalau melihat sepak terjang Baim Wong, ia tidak langsung menjadi terkenal saat pertama kali membuka akun Youtube di tahun 2016.

 

Baim Wong mencapai posisi sebagai Youtuber dengan penghasilan tertinggi di tahun 2020. Dari awal perjalanannya di tahun 2016, ada beberapa hal yang ia lakukan untuk bisa sukses.

 

Berikut ini tips sukses mendapat penghasilan tinggi dari Youtube ala Baim Wong:

 

  • Kolaborasi

 

Dikutip dari Kompas, menurut Baim Wong, salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh Youtuber adalah berkolaborasi. Hal ini juga disetujui oleh Raffi Ahmad yang saat ini juga berprofesi sebagai Youtuber.

 

Baim Wong menyatakan bahwa ia merasa perlu merangkul Youtuber lainnya agar mereka bisa saling berkolaborasi. Melalui kolaborasi, mereka sama-sama mendapatkan keuntungan dari subscriber satu sama lain.

 

Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk mendalami profesi sebagai Youtuber, bangun hubungan baik dengan Youtuber lainnya. Dari hubungan baik itu, kalian bisa saling berkolaborasi untuk membuat konten yang lebih diminati masyarakat.

 

  • Jenis konten beragam

 

Konten yang disediakan di akun Baim Wong sangatlah beragam. Mulai dari konten vlog, eksperimen sosial, giveaway, prank, dan lain sebagainya. Bukan hanya beragam, konten-konten tersebut disesuaikan dengan isu-isu yang sedang tren saat ini. Tak jarang, konten video Baim Wong masuk ke daftar trending di Youtube Indonesia.

 

Saat menjadi Youtuber, konten yang beragam memungkinkan kamu menjangkau masyarakat dengan lebih luas. Walaupun kamu tetap bisa juga memilih untuk membuat konten yang berfokus pada topik tertentu, misalnya beauty, travel, game, dan lain sebagainya.

 

  • Berani eksekusi

 

Dilansir dari Republika, Baim Wong sempat berkomentar tentang para Youtuber masa kini yang seringkali terlalu lama memikirkan konsep. Hal ini membuat waktu eksekusi menjadi tertunda terus menerus.

 

Menurut Baim, seorang Youtuber harus bisa berpikir dan bekerja secara cepat. Sebab, kamu perlu mengunggah konten video secara rutin setiap harinya. Oleh karena itu, yang terpenting dalam menjadi Youtuber bukanlah merencanakan konten, melainkan memulai eksekusinya. 

 

  • Menentukan tujuan yang tepat

 

Meskipun saat ini sudah menjadi Youtuber dengan penghasilan tertinggi, Baim Wong mengaku tujuan awal dirinya memulai Youtube bukanlah demi mencari uang. Justru, niat awalnya untuk menyimpan kenangan dirinya di hari tua nanti.

 

Menurutnya, niat mendapatkan uang dari Youtube bukanlah niat yang tepat. Hal ini justru bisa menjadi salah satu penghambat untuk sukses di dunia Youtube. Hal paling penting yaitu mengerjakan konten video dengan serius dan tulus. Ketika membuat video dengan niat yang tulus, video yang dihasilkan memiliki ‘rasa’, sehingga lebih digemari.

 

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan penghasilan tinggi dari Youtube ala Baim Wong. Setiap Youtuber tentunya memiliki kiat sukses masing-masing. Tips yang diberikan oleh Baim Wong bisa dijadikan pegangan bila kamu baru ingin memulai profesi sebagai Youtuber.