SWARA – Bagi peminat industri kecantikan, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Lizzie Parra. Beauty entrepreneur atau beautypreneur yang satu ini telah sukses membangun label kosmetiknya sendiri yang bernama BLP atau By Lizzie Parra.

 

Brand kosmetik BLP saat ini sudah menjadi salah satu brand kecantikan yang cukup populer di kalangan wanita Indonesia. Di usianya yang baru mencapai 33 tahun, nama Lizzie sudah dikenal sebagai sosok penting dalam perkembangan industri kecantikan di Indonesia. 

 

Kiprah Bisnis Lizzie Parra sebagai Beautypreneur

 

Perempuan bernama asli Elizabeth Christina ini memulai karier di bidang beautypreneur saat masih kuliah. Dilansir dari Liputan6, semasa kuliah, ia membuat beauty workshop bersama teman-temannya untuk memenuhi tugas kuliahnya di jurusan Marketing Business.

 

Dari beauty workshop tersebut, Lizzie menyadari minat yang ia miliki terhadap dunia kecantikan. 

 

Tidak hanya sampai di situ, Lizzie pun melanjutkan kariernya dengan bekerja melalui program management trainee di sebuah perusahaan kosmetik. Melalui pengalaman kerja tersebut, ia mendapatkan bekal yang lebih dalam mengenai industri kecantikan dan bisnis.

 

Setelah bekerja sebagai karyawan kantoran selama beberapa tahun, Lizzie memutuskan untuk keluar dari zona nyamannya. Ia memberikan tantangan bagi dirinya sendiri dengan keluar dari pekerjaan di perusahaan kosmetik dan memulai usaha menjadi seorang make up artist (MUA), beauty blogger, dan juga beauty vlogger.

 

Melalui kariernya di sebagai beauty vlogger, nama Lizzie semakin banyak dikenal masyarakat. Dari sana, ia melanjutkan langkah untuk menjadi seorang beautypreneur dengan menciptakan brand dan produknya sendiri yang saat ini dikenal dengan nama BLP. 

 

Tips Sukses Menjadi Beautypreneur Ala Lizzie Parra

 

Lizzie seringkali menekankan kepada para wanita Indonesia bahwa kecantikan berasal dari dalam diri. Produk-produk kosmetik adalah sarana untuk membantu wanita dalam meningkatkan kepercayaan diri terhadap kecantikan tersebut.

 

Ada beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari kesuksesan Lizzie Parra menjadi seorang beautypreneur, yaitu: 

 

 

  • Aktif branding di media sosial

 

 

Kalau kamu memperhatikan karier Lizzie, kamu bisa memperhatikan bahwa perusahaan yang ia dirikan, yaitu BLP, menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana untuk melakukan branding.

 

Di akun resmi BLP yang bernama @blpbeauty, konten yang dimuat di dalamnya semua merupakan konten original yang tidak terkesan seperti sedang memasarkan suatu produk. Menurut Lizzie, hal ini dilakukan sebagai cara untuk mendekatkan diri dengan customer

 

 

  • Membentuk tim yang solid

 

 

Dikutip dari CNBC Indonesia, Lizzie sangat menekankan pentingnya memiliki tim yang solid dalam membangun bisnis. Menurutnya, tidak ada hal yang bisa diselesaikan sendiri, termasuk ketika berbisnis. 

 

Karena itu, keberadaan tim yang solid sangatlah penting. Tidak hanya solid, setiap anggota tim juga harus ahli di bidangnya. Seorang pemimpin bisnis tidak bisa mengatasi setiap bidang sendirian.

 

Oleh sebab itu, dalam menjalankan BLP, Lizzie merekrut orang-orang yang ahli dan membangun hubungan yang baik dengan mereka. Ia percaya, tim yang baik akan membantu memperlancar jalannya bisnis. 

 

 

  • Selalu beradaptasi

 

 

Adaptasi selalu dibutuhkan ketika kamu ingin sukses menjalankan karier sebagai beautypreneur. Sikap ini berguna agar kamu bisa berinovasi dalam menghadirkan produk yang memang dibutuhkan oleh pasar.

 

Tidak hanya itu, adaptasi juga diperlukan agar kamu senantiasa mengikuti tren yang ada. Tren akan memberikan gambaran mengenai minat masyarakat saat ini, sehingga kamu pun bisa menjalankan bisnis yang menarik bagi orang banyak. 

 

 

  • Memanfaatkan sarana digital

 

 

Di era teknologi seperti sekarang ini, Lizzie memaksimalkan bisnisnya melalui sarana digital. Dikutip dari IDN Times, BLP banyak melakukan pemasaran melalui website, termasuk ketika meluncurkan produk baru.

 

Dibandingkan dengan mengadakan acara peluncuran di toko, peluncuran melalui website jauh lebih menghemat biaya. Kamu pun tetap bisa menjangkau konsumenmu secara virtual. 

 

 

  • Memprioritaskan customer

 

 

Menurut Lizzie, customer adalah komponen terpenting dalam sebuah brand. BLP pun sangat bergantung pada customer untuk menghadirkan produk dan memaksimalkan pemasaran.

 

Salah satu upaya Lizzie untuk membangun hubungan yang erat dengan customer adalah melalui pemilihan model. Perempuan-perempuan yang menjadi model di website BLP adalah customer BLP yang sudah sering berbelanja di BLP.

Dari tips sukses di atas, kita bisa mempelajari cara Lizzie Parra menjadi sukses sebagai beautypreneur. Menjalani karier sebagai beautypreneur tentu tidak mudah. Kamu bisa menjadikan kisah kesuksesan Lizzie sebagai inspirasi dalam mengembangkan brand kecantikanmu sendiri.