Beranda > Karier Sukses > Sukses Berbisnis Musiman, Begini Tipsnya!

Sukses Berbisnis Musiman, Begini Tipsnya!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Sukses Berbisnis Musiman, Begini Tipsnya!watermark

TUNAIKU.COM – Mencari ide dan peluang bisnis memang nggak mudah. Kamu butuh melakukan riset pasar dan menyesuaikan dengan kemampuan diri. Namun, ada salah satu bisnis yang memiliki peluang tinggi untuk digeluti, yaitu bisnis musiman.

 

Bisnis musiman ini adalah bisnis yang dijalankan dalam kurun waktu tertentu atau bisnis yang dilakukan pada bulan tertentu saja. Meskipun hanya sebentar, karena momen yang tepat, potensi keuntungan yang besar tetap akan dihasilkan. Keuntungan tersebut diperoleh karena banyak orang yang membutuhkan barang untuk merayakan momen spesial, misalnya bisnis coklat untuk hari Valentine, bisnis baju muslim untuk hari raya Idul Fitri, atau bisnis hiasan pohon Natal untuk hari raya Natal. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan jika kamu ingin terjun dalam bisnis musiman yang menggiurkan ini? Yuk, simak!

 

Artikel Terkait: Ide Bisnis Musiman

  1. Yuk, Manfaatkan 7 Ide Bisnis Musiman yang Berpeluang Tinggi Jelang Imlek!
  2. Asal Cerdik Lihat Tren, Bisnis Musiman Ini Bisa Kamu Jalani
  3. Selain Jualan Cokelat, Ini Peluang Bisnis Jelang Valentine!

 

1. Lakukan riset pasar

Tujuan utama dalam berbisnis adalah mendapat keuntungan banyak. Sudah berbisnis sesuai dengan momen tertentu nggak bisa menjamin bahwa bisnis yang kita tekuni akan laris. Kamu harus melakukan riset barang yang paling banyak dibutuhkan oleh orang-orang di sekitarmu. Pastikan harga dan segmentasi pasarnya sesuai dengan barang yang kamu jual. Jangan ragu untuk menjual barang jualan dengan harga yang mahal jika memang segmennya mengarah pada kalangan menengah ke atas.

 

2. Lakukan promosi dari berbagai platform

Bisnismu akan lebih cepat diketahui banyak orang jika kamu melakukan promosi. Ada banyak tempat yang bisa kita coba untuk promosi. Nah, yang paling mudah adalah melalui media sosial. Kamu bisa membuat akun khusus bisnis yang rutin mengunggah konten menarik. Lakukan juga personal branding dengan mengunggah jualanmu di akun pribadi, hal ini akan membuat teman-temanmu tahu dan infonya akan menyebar ke banyak orang dengan cepat. Jika dirasa masih kurang, kamu juga bisa melakukan promosi melalui banner atau spanduk konvensional.

 

3. Menjaga stok barang agar nggak overload

Bisnis musiman nggak akan bisa bertahan lama. Kamu wajib menjaga stok barang agar nggak berlebihan, sehingga saat bisnis ini mulai surut, kamu nggak harus kerja keras untuk menghabiskan stok barang yang masih tersisa di gudang. Dengan melakukan riset pasar yang tepat sebenarnya kamu sudah bisa untuk menghitung berapa stok barang yang perlu disediakan. Sebaiknya kamu merencanakan bisnis dengan matang dan menghindari spekulasi saat akan membuat order stok barang.

 

4. Jangan lupa berinvestasi

Saat bisnis musiman kita sukses, sebaiknya kamu nggak menggunakan uang bisnis untuk keperluan pribadi. Kamu harus bisa memutarkan kembali uang hasil usaha untuk bisnis musiman selanjutnya. Jangan ragu menginvestasikan uang hasil usaha untuk berinvestasi. Kamu juga boleh mengeluarkan uang hasil usaha untuk mengikuti seminar bisnis untuk meningkatkan kemampuanmu.

 

Artikel Terkait: Tips Mendapatkan Modal untuk Berbisnis

  1. 5 Langkah Aman Mencari Modal Bisnis Secara Online
  2. 6 Tips Mudah Dapatkan Modal Bisnis Lewat Kredit Usaha
  3. 5 Tips Mudah Dapat Modal Bisnis Lewat Pinjaman Tanpa Agunan

 

5. Selalu berinovasi agar nggak terlambat memulai

Bisnis musiman adalah bisnis yang banyak pesaingnya. Agar bisnismu nggak kalah dengan bisnis lain, ciptakanlah perbedaan dari pesaing-pesaing. Menjual barang yang sama dengan perbedaan dalam hal kemasan, cara berpromosi dengan video soft selling, atau dalam pelayanan customer service akan menjadi pertimbangan calon konsumen untuk membeli produk yang kamu jual.

 

Kamu juga harus jeli melihat peluang bisnis musiman apa yang selanjutnya bisa ditekuni. Karena waktu yang terbatas untuk menjalankan bisnis ini, maka sebaiknya sudah dipersiapkan bisnis yang akan datang saat kamu masih menjalankan bisnis yang sebelumnya.

 

Itulah 5 kiat sukses dalam berbisnis musiman agar potensi keuntungan yang didapatkan lebih besar. Semoga bisnismu sukses, ya!

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett