Beranda > Karier Sukses > Pernah Dengar Istilah ‘Mind Mapping’? Apa Manfaatnya, Sih?

Pernah Dengar Istilah ‘Mind Mapping’? Apa Manfaatnya, Sih?

PAULUS RISANGPaulus Risang
Pernah Dengar Istilah ‘Mind Mapping’? Apa Manfaatnya, Sih?watermark

TUNAIKU.COM – Setiap orang memiliki kemampuan dalam memahami sesuatu yang berbeda-beda, ada yang cepat memahami dan ada yang lama. Hal ini wajar, karena setiap orang memiliki daya tangkap yang beragam. Lalu apa saja cara yang dapat kita lakukan untuk mengasah otak agar bisa lebih cepat dalam menerima informasi? 

 

Selain istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, minum vitamin yang bisa membantu mempercepat kinerja otak, mencatat juga bisa menjadi suatu cara untuk mempermudah kita dalam memahami sesuatu. Salah satu metode mencatat yang bisa meningkatkan daya ingat adalah mind mapping, cara mencatat dengan memetakan pikiran untuk menghubungkan suatu korelasi-korelasi yang berhubungan dengan informasi yang diperoleh. 

 

Sederhananya, kamu bisa menghafalkan suatu informasi dengan menuliskan atau menggambarkannya dengan gambar dan warna-warna kesukaanmu yang saling berhubungan agar lebih mudah kamu ingat. Nah, dengan terbiasa membuat mind mapping ini, kamu bakalan dapat banyak manfaat, lho. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak di bawah ini!

 

1. Meningkatkan kinerja otak dalam mengingat sesuatu

Dengan membuat mind map, kamu jadi bisa melihat sebuah informasi dengan cakupan yang luas karena sudah menuliskan inti informasi utama dan informasi tambahan dengan gambar-gambar yang dibuat. Sehingga kamu nggak akan mudah lupa, karena saat melihat sesuatu yang familier di otak, kamu bisa otomatis mengingat informasi yang sudah dihubungkan saat membuat mind mapping

 

Artikel Terkait: Siapkan Anak untuk Masuk Sekolah

  1. Yuk,Ikuti Tahapan yang Tepat Siapkan Anak Masuk Prasekolah
  2. Yakinkan Perkembangan Anak Sebelum Masuk Prasekolah
  3. Tips Agar Anak Mandiri dan Berani Berangkat ke Sekolah Sendiri

 

2. Menghemat waktu dalam mempelajari sesuatu

Dengan terbiasa melakukan mind mapping, waktu yang kamu butuhkan dalam mempelajari sesuatu bisa lebih cepat. Karena saat membaca buku atau menerima informasi dari orang lain, otak kamu akan otomatis menghubungkan suatu informasi dengan informasi lainnya sesuai dengan hal-hal yang sudah kamu ketahui sebelumnya. Sehingga pelajaran akan lebih banyak masuk ke otak dengan waktu yang lebih singkat.

 

3. Menggunakan otak kanan dan otak kiri sekaligus

Jika biasanya kamu mencatat sesuatu dengan cara menuliskan runut informasi utama dan informasi kecil dengan poin-poin atau angka di bawahnya yang tentu akan menguras kinerja otak kiri saja, dengan mind mapping akan berbeda. Otak kanan juga akan mengambil peran dalam pencatatan sehingga kamu bisa ingat lebih lama suatu informasi itu. Dengan membuat mind map, informasi yang kamu terima diolah otak kiri lalu otak kanan akan memvisualisasikannya dengan bentuk gambar dan warna-warna yang mudah diingat di sebuah kertas, sehingga nggak hanya mudah mengingat, tapi kamu juga bisa makin kreatif dengan terbiasa melakukan mind mapping

 

4. Memaksimalkan banyak potensi otak

Otak manusia sangat hebat karena bisa melakukan banyak hal dan akan semakin tergali potensinya jika sering melakukan mind mapping. Dengan mind mapping, otak akan terlatih memanajemen informasi, konsentrasi, dan meningkatkan ketelitian. Karena saat membuat mind map, kamu jadi terbiasa mengelompokan sebuah informasi dengan tema yang dibahas. Selain itu dengan membuat gambaran-gambaran sederhana, otak kamu juga akan terlatih konsentrasinya dalam melampirkan berbagai informasi-informasi kecil yang menguatkan informasi utamanya.

 

Artikel Terkait: Tips untuk Memaksimalkan Karier

  1. 5 Tips Maksimalkan Media Sosial Untuk Karier
  2. Benarkah Pengalaman Bekerja Sangat Berpengaruh dalam Kemajuan Karier?
  3. 7 Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Karier yang Gemilang

 

5. Mind mapping bisa diterapkan di segala bidang

Dalam mengingat suatu informasi, nggak hanya dilakukan saat kita sekolah atau kuliah saja, sehingga mind mapping ini bisa kamu gunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Misalnya dalam menyusun cita-cita kedepan, menyusun bisnis, visi dan misi hidup, hingga mengingat sejarah masa lalu. Mind mapping akan membuat kamu lebih efektif dalam mengolah informasi apapun.
Wah, ternyata melakukan mind mapping bisa memberikan banyak manfaat, ya. Nggak ada salahnya kamu mencoba melakukan mind mapping ini untuk selalu mengingat banyak hal. Selamat mencoba dan berkreasi, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini! 

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett