Beranda > Karier Sukses > Patut untuk Diketahui, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal dalam Belajar

Patut untuk Diketahui, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal dalam Belajar

PAULUS RISANGPaulus Risang
Patut untuk Diketahui, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal dalam Belajarwatermark

TUNAIKU.COM – Setiap murid sekolah atau mahasiswa pasti akan merasakan yang namanya ujian. Ujian terkadang menjadi hal yang paling ditakutkan saat kita menimba ilmu. Keberhasilan dalam ujian sebenarnya bergantung pada cara kita belajar. Jika kamu belajar dengan cara yang efektif, tentu kamu bisa menghabisi semua soal ujian dengan mudah. Namun terkadang, meskipun sudah belajar kamu masih tetap merasa kesulitan untuk mengerjakan soal-soal ujian. Lalu apakah penyebabnya? Bisa jadi cara belajar kamu kurang tepat. Nah, di bawah ini saya akan memberitahu apa saja kebiasaan dalam belajar yang kurang tepat sehingga kamu bisa menghindari hal-hal ini agar bisa sukses dalam ujian. Yuk, simak!

 

1. Pasif saat belajar

Kamu memang memperhatikan semua yang diajarkan oleh guru atau dosen di kelas. Namun, nggak mengevaluasi dan mengembangkan kembali apa yang disampaikan oleh gurumu, ini adalah cara belajar pasif. Guru hanya akan memberikan pengantar tentang ilmu yang diajarkan kepadamu, selanjutnya tugasmu untuk mengembangkan ilmu dan berusaha menyesuaikan dengan pikiranmu sendiri. Sehingga nggak hanya sekadar menerima pelajaran, tetapi kamu akan benar-benar paham apa yang diajarkan oleh gurumu.

 

Artikel Terkait: Kiat Mengatur Keuangan

  1. Bagaimana sih Cara Menabung Lebih Banyak? Lakukan 5 Hal Berikut!
  2. Selain Uang Tak Cepat Habis, Ini Keuntungan Nabung Deposito
  3. Kamu Bakalan Rugi Kalau Nggak Memanfaatkan Trik-trik Jitu Menabung Saham Ini!

 

2. Terbiasa mengandalkan orang lain

Saat belajar, mungkin kamu memiliki teman untuk diskusi, tapi karena terlalu nyaman berdiskusi dengan teman dekatmu, kamu jadi nggak mencari sumber lainnya yang bisa membuka lebih luas wawasanmu. Pembelajaran itu sangat luas, sehingga satu sudut pandang orang lain saja nggak cukup. Selain berdiskusi dengan teman, kamu juga bisa mencari referensi ilmu dari sumber lain agar ilmu yang kamu dapatkan lebih kompleks.

 

3. Kurang motivasi

Motivasi sangat dibutuhkan dalam hal apa pun termasuk dalam mempelajari sesuatu. Jika kamu nggak menyukai hal yang kamu pelajari, motivasi kamu bisa berkurang untuk mempelajarinya. Cara agar kamu kembali termotivasi adalah dengan membayangkan hasil maksimal ujianmu nanti jika belajar dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari sesuatu. Bayangkan nilai dan prestasi yang akan kamu dapat jika belajar sungguh-sungguh, maka nanti sedikit demi sedikit motivasimu akan kembali.

 

4. Hanya menghafalkan pelajaran

Dengan menghafal kamu bisa mengingat sesuatu. Namun, nggak lama kemudian bisa lupa dengan apa yang sudah kamu hafalkan karena menghafal hanya akan membuatmu mengingat sesuatu dalam jangka pendek. Lain halnya jika kamu memahami sesuatu, maka pemahaman itu akan terus melekat di pikiranmu sehingga saat kamu membutuhkan hal yang kamu pahami, maka otakmu akan merespon dan memanggil kembali pemahaman yang sudah kamu pahami dengan baik. Berusahalah untuk memahami setiap pelajaran yang didapat. Pikirkan untuk apa ilmu yang kamu dapat itu? Mengapa harus mempelajari materi itu? Bagaimana jika sebuah rumus yang kamu dapat itu diubah? Lontarkan pertanyaan-pertanyaan dari dalam dirimu terhadap ilmu yang baru kamu dapat untuk lebih mudah memahaminya.

 

Artikel Terkait: Investasi untuk Pemula

  1. Investor Pemula Mau Cepat Kaya? Lirik Investasi Ini yang Meningkat Setiap Tahun
  2. 5 Portal Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa, Bermodal Hanya Rp100 Ribu
  3. Pilih Investasi Emas atau Reksa Dana?Yuk, Pelajari dan Kenali Lebih Dalam

 

5. Metode belajar yang dilakukan kurang efektif

Jika bicara tentang metode belajar, memang setiap orang punya metodenya masing-masing. Misalnya kamu akan lebih paham tentang pelajaran jika sambil mendengarkan musik atau lebih suka belajar saat dini hari karena suasana sepi. Itu sah-sah saja dilakukan dan hal yang bagus jika kamu sudah menemukan cara yang paling efektif untuk belajar. Namun yang harus dihindari adalah belajar dengan sistem kebut semalam yang mengharuskanmu belajar berjam-jam menghabiskan semua materi yang diujikan. Hal itu bisa menghambat proses pemahamanmu karena otak akan lelah dan bosan mempelajari sesuatu sekaligus.

 

Agar lebih optimal, kamu bisa mencoba sebuah metode yang efektif yaitu dengan mencicil pelajaran. Artinya, jika kamu biasanya langsung belajar banyak materi dalam 4 jam, cobalah untuk membatasi waktu belajarmu dengan waktu 45 menit atau maksimal 1 jam saja sehari, tapi kamu lakukan rutin dalam beberapa hari sampai semua materi kamu habis. Dengan begitu otak jadi lebih siap menerima materi yang dicicil karena beban otak jadi ringan dan kamu akan lebih paham setiap materi yang dipelajari.

 

 

Nah, itulah 5 hal yang harus kamu hindari dalam belajar agar nggak gagal saat ujian. Semangat terus buat kamu yang sedang ujian dan semoga berhasil, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett