Beranda > Karier Sukses > Menjadi Mahasiswa Baru? 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Guna Mendapatkan Nilai Bagus!

Menjadi Mahasiswa Baru? 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Guna Mendapatkan Nilai Bagus!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Menjadi Mahasiswa Baru? 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Guna Mendapatkan Nilai Bagus!watermark

TUNAIKU.COM – Masa-masa kuliah dianggap sebuah masa paling menyenangkan bagi mahasiswa baru. Mereka bisa lebih berkreasi dengan hal-hal yang tadinya nggak diperbolehkan oleh peraturan sekolah seperti pakaian seragam dan jam masuk kelas.

 

Namun, ada ketakutan tersendiri saat pertama kali memasuki bangku kuliah, yaitu perlunya untuk beradaptasi kembali. Adaptasi dengan lingkungan baru, cara belajar baru, hingga teman-teman baru yang berasal dari banyak daerah yang sebelumnya sama sekali belum pernah kamu temui di bangku sekolah.

 

Selain itu tuntutan untuk mendapatkan nilai terbaik agar nggak mengecewakan orang tua juga menjadi hal yang membuat mahasiswa baru perlu usahakan. Yuk, simak 4 hal di bawah ini yang bisa kamu perhatikan agar mudah beradaptasi dan mendapatkan nilai bagus di bangku kuliah!

 

1. Memanfaatkan waktu dengan produktif

Jam belajar saat kuliah akan berbeda dengan saat sekolah dulu. Kamu akan menemui jam kuliah yang loncat-loncat. Misalnya, kamu kuliah pertama jam 7 hingga jam 9 pagi, lalu baru ada kelas lagi jam 3 sore. Dengan kata lain, akan ada banyak waktu luang saat menunggu jam kuliah.

 

Agar bisa mendapatkan nilai yang bagus, sebaiknya kamu memanfaatkan waktu-waktu kosong itu untuk melakukan hal-hal produktif seperti membaca materi yang akan diajarkan nanti saat masuk kelas, berdiskusi dengan teman, mengulang materi yang diajarkan, belajar di perpustakaan, atau bisa juga memanfaatkan waktu untuk beristirahat agar lebih fresh mengikuti mata kuliah selanjutnya.

 

2. Melatih inisiatif dengan berbagai informasi kampus

Berbeda saat sekolah dulu yang setiap informasinya diberikan langsung kepada para siswa, dunia perkuliahan nggak seperti itu. Kamu yang harus berinisiatif untuk mencari sendiri informasi-informasi yang ada mulai dari jadwal kuliah, jadwal libur, pengumpulan tugas, jadwal ujian, dan informasi beasiswa.

 

Kamu perlu memiliki kemampuan untuk mencari informasi-informasi itu. Bisa melalui media sosial kampus, situs kampus, atau dengan ngobrol dengan orang-orang yang sangat aktif di kampus. Wawasan tentang informasi kampus ini akan sangat membantumu dalam mencari nilai yang bagus, lho.

 

Artikel Terkait: Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

  1. Memangnya Ada Kuliah Bisnis Digital? Gimana Masa Depannya?
  2. Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Wajib Jadi Mahasiswa STAN
  3. Doyan Membaca? 6 Jurusan Ini Dapat Kamu Pilih untuk Mengembangkan Hobimu!

 

3. Mempelajari silabus kuliah itu penting

Silabus adalah uraian yang diberikan dosen mengenai apa yang akan diajarkan selama mata kuliahnya berlangsung dalam setiap semester. Silabus kuliah ini penting kamu pelajari dan penting untuk kamu cari informasi lebih dulu tentang bahan yang akan diajarkan sebelum dijelaskan oleh dosen.

 

Jika kamu sudah ada bekal sebelum kelas dimulai, tentu kamu akan bisa menguasai materi kuliah dengan cepat dan bisa memiliki nilai bagus daripada sekadar menunggu diajarkan oleh dosen.

 

4. Mengulang apa yang diajarkan dosen saat kuliah

Mahasiswa yang berprestasi biasanya akan melakukan review kembali atas apa yang sudah dijelaskan dosen saat kuliah. Mereka akan membaca ulang dan mencari informasi tambahan dari berbagai sumber untuk lebih memahami apa yang diajarkan. Kamu juga perlu membiasakan untuk melakukan ini dan menghindari alasan-alasan seperti lelah, sibuk mengurusi hal lain, hingga malas membuka kembali buku catatanmu.

 

Rutin me-review kembali juga akan membuat kamu ingat dengan tugas-tugasmu. Jadi, kamu bisa langsung mengerjakannya tanpa menunggu deadline sehingga kamu nggak perlu begadang hingga pagi untuk mengerjakan tugas. Saya sendiri membiasakan untuk melakukan itu, bahkan saat jeda jam kuliah saya bisa langsung mencicil mengerjakan tugas yang baru saja diberikan dosen sehingga bisa lebih tenang jika akan melakukan hal lainnya setelah kuliah selesai.

 

Aritkel Terkait: Investasi untuk Mahasiswa

  1. 5 Portal Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa, Bermodal Hanya Rp100 Ribu
  2. SWARA KAMU: Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa? Bisa Lakukan 4 Cara Mudah Ini
  3. 5 Jenis Investasi yang Pas untuk Mahasiswa, Yuk Cek Sini Kawan!

 

Itulah 4 tips bagi kamu mahasiswa baru agar bisa lebih mudah beradaptasi dan mendapatkan nilai kuliah yang bagus sekaligus membanggakan orang tua. Yuk, coba terapkan hal-hal di atas dan semoga kuliahmu menyenangkan, ya!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett