Mengikuti Langkah dan Gaya Hidup Mark Zuckerberg; Kaya dan Sukses, Tetapi Sederhana

Mengikuti Langkah dan Gaya Hidup Mark Zuckerberg; Kaya dan Sukses, Tetapi Sederhana

TUNAIKU.COM – Barusan saya ngecek akun Instagram para sosialita Indonesia, nih. Feed-nya ternyata nggak jauh-jauh dari kegiatan mereka jalan-jalan keliling dunia, naik jet pribadi, atau OOTD barang bermerek dengan harga yang mungkin senilai dengan gaji saya satu tahun, ya. Sambil geleng-geleng kepala saya menggumam: “Hedon, Kak!”

 

Oh iya, ngomong-ngomong tentang gaya hidup hedonis, konsumtif, dan brand-minded, kerabat jauh saya juga ada, kok. Yah, mungkin nggak sekelas Syahrini yang pernah pose dengan seperangkat pakaian seharga satu miliar. Namun, dari kacamata saya,cukup hedon-lah. Misalnya, bolak-balik liburan ke Bali atau Singapura setiap bulan; “kostumnya” minimal dari desainer Indonesia sekelas Dian Pelangi dan Anne Avantie.

 

Saya jadi terpikir, ini orang kaya apa semuanya begini, ya?

 

Artikel terkait: Gaya hidup orang kaya ternyata begini!

  1. Ini Dia 11 Kebiasaan Hidup Hemat Para Orang Super Kaya di Dunia yang Bisa Kamu Contoh
  2. Mereka yang Sok Kaya Belum Tentu Kaya Beneran, Ini 3 Perbedaannya
  3. Apakah Orang Kaya Beserta Keturunannya Akan Selalu Kaya?

 

Nggak juga. Contoh aja si Mark Zuckerberg, orang kaya ke-5 di dunia

Siapa yang nggak kenal Mark Zuckerberg? Mantan drop out dari Harvard University yang banting setir ambil risiko memulai Facebook di usianya ke-19. Tiga belas tahun kemudian, di 2017, Facebook menjadi media sosial nomor satu di dunia dengan ‘populasi rakyat’ mencapai 2 miliar user.

 

Nah, berdasarkan perhitungan real time di situs Forbes per 16 Agustus 2017, kekayaan pria kelahiran 14 Mei 1984 ini adalah USD71,1 miliar  alias Rp950 miliar. Kalau buat beli cireng, bisa kali ya buat menuhin Samudera Pasifik. Hehe. Bahkan, saking ikonisnya, kisah tokoh dunia ini juga dibawa ke layar kaca melalui film The Social Network (pemain Justin Timberlake dan Jesse Eisenberg) pada 2010 lalu.

 

Kaya raya, tapi hidupnya sederhana banget!

Sudah banyak, lho, yang bilang Mark Zuckerberg dan keluarganya sederhana banget. Bahkan Tyler Winklevoss, salah satu partner bisnisnya pernah berkata seperti ini, “Mark adalah orang kaya termiskin yang pernah saya temui.”

 

Buktinya?

 

Pertama, rutinitas sehari-hari pemilik perusahaan raksasa senilai USD433,25 miliar ini ternyata simpel, lho. Dilansir dari situs berita Independent UK, Zuckerberg mengawali harinya dengan scrolling beranda Facebook, ngecek WA, kemudian joging dengan anjing peliharaannya. Sarapannya pun apa aja yang tersedia di rumah. Nggak harus nasi goreng hotel bintang lima!

 

Kedua, mobil Mark bukanlah Ferrari atau Mercedes. Hanya Volkswagen GTI seharga Rp400 juta. Pakaiannya pun jauh dari yang namanya rancangan desainer dunia. Kamu pasti ngeh kalau pria bermata biru ini 99% bajunya adalah kaos polos dan hoodie berwarna abu-abu.

 

Nah, ketiga mengenai pernikahannya dengan Priscilla Chan. Percaya atau nggak, pernikahan mereka bukan di Little Palm Island Resort, Florida–salah satu wedding venue termahal di dunia yang harganya mulai dari USD175 ribu atau sekitar Rp2 miliar, lho. Tapi, hanya di halaman belakang rumahnya di Palo Alto. Dengan tamu undangan hanya 100 orang. Gaun pengantin Priscilla berwarna putih dan berenda, manis dan sederhana. Cincin pengantin pun ia rancang sendiri dengan batu ruby.  Kurang sederhana apalagi coba untuk ukuran orang sekelas Mark Zuckerberg?

 

Oh iya, mungkin kamu belum tahu nih. Gaji Zuckerberg sebagai CEO Facebook hanya USD1, lho.

 

Gaya hidup yang dianut oleh Zuckerberg dikenal dengan istilah altruisme

al·tru·is·me n 1 paham (sifat) lebih memperhatikan dan mengutamakan kepentingan orang lain (kebalikan dr egoisme); 2 Antr sikap yg ada pd manusia, yg mungkin bersifat naluri berupa dorongan untuk berbuat jasa kpd manusia lain.

 

Gaya hidup ini memang kelihatan banget kok. Salah satu kunci yang ia lakukan adalah dengan nggak memusingkan diri atas hal-remeh seperti baju, makanan, atau bahkan alat transportasi. Targetnya, menenkan jumlah keputusan yang harus ia ambil di hidup sehari-hari, agar punya lebih banyak waktu memikirkan hal-hal besar yang sekiranya bermanfaat untuk dunia.

 

Alih-alih membagikan selfie saat sedang di New York Fashion Week dan cipika-cipiki dengan seleb, Zuckerberg lebih memilih untuk membagikan kabar kehamilan sang istri, kehadiran putra pertamanya, Max atau sekadar saat ia main bareng Beast, anjingnya yang mirip kain pel itu. Hehe.

 

Bahkan, kamu mungkin pernah dengar bahwa ia dan Priscilla berjanji untuk menyumbangkan 99% keuntungan Facebook untuk kemaslahatan umat; berfokus untuk menyiarkan kesetaraan hak hidup, dan meningkatkan potensial manusia.  

 

Hmm, benar-benar tipe gaya hidup dan semangat yang patut ditiru ya?

 

Artikel terkait: Haruskah menghabiskan uang banyak walaupun sebenarnya kita mampu?

  1. Haruskah Pernikahan di Indonesia Memakan Biaya yang Fantastis?
  2. Beli Mobil Baru: Memang Butuh atau Sekadar Ikut Tren?
  3. Tahukah Kamu, Terapkan Gaya Hidup Sehat Bisa Bikin Kantongmu Lebih Hemat!

 

Ternyata, orang-orang kaya yang sekelas Mark Zuckerberg, gaya hidupnya bisa jadi lebih simpel dari kita, ya?

Lantas, kalau kembali kepada diri masing-masing, menurutmu gaya hidupmu bagaimana? Jika ingin mulai mengikuti jejak Zuckerberg, mungkin bisa dimulai dengan nggak pilih-pilih merek baju. Asal nyaman dan pantas, ya pakai aja. Beli mobil, jangan termakan merek dan popularitas, ada kok mobil yang kurang ngetop tapi kualitasnya  lebih tahan banting. Cara lain, merancang pesta pernikahan nggak usah yang harus di hotel Ritz-Carlton. Cukup di Gedung PU Jaksel juga udah cukup, kan? Hehe.

 

Yuk, ah diikutin!

 

PINJAMAN TUNAIKU

 


WINNY WITRA MAHARANI

WINNY WITRA MAHARANI