Beranda > Karier Sukses > Kuasai Big Data, Ini 4 Profesi yang Banyak Diburu dan Bergaji Tinggi!

Kuasai Big Data, Ini 4 Profesi yang Banyak Diburu dan Bergaji Tinggi!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Kuasai Big Data, Ini 4 Profesi yang Banyak Diburu dan Bergaji Tinggi!watermark

TUNAIKU.COM – Pekerjaan berbasis digital bukan lagi menjadi hal yang mengherankan di kalangan milenial. Apalagi, pemerintah lewat Revolusi Industri 4.0 juga mendukung tumbuhnya startup-startup digital di Indonesia. Karena industri berbasis teknologi semakin marak, profesi yang berhubungan IT juga semakin diminati.

 

Salah satu bidang yang banyak diincar oleh perusahaan adalah penguasaan teknologi big data, yang hasil analisisnya dibutuhkan untuk pengambilan keputusan. Nah, kalau kamu tertarik dengan bidang ini, ada beberapa profesi yang banyak diburu dengan tawaran gaji yang tinggi.

 

1. Data scientist

Data scientist merupakan salah satu profesi yang berhubungan dengan big data yang paling diburu perusahaan. Sebagai data scientist, kamu harus mengumpulkan data dari berbagai sumber, mengolah, kemudian menganalisisnya sesuai keperluan bisnis perusahaan atau klien. 

 

Profesi ini umumnya mempekerjakan sarjana lulusan IT atau matematika. Untuk entry level, gajinya berkisar antara Rp4-8 jutaan. Di Amerika Serikat sendiri, profesi data scientist ini meraup penghasilan rata-rata US$117 ribu per tahunnya atau sekitar Rp1,6 miliar. Tertarik?

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Profesi di Bidang Teknologi

  1. Tips Sukses Menekuni Profesi Bidang Teknologi Informasi
  2. Profesi di Bidang Teknologi yang Bakal Banyak Dicari
  3. 9 Pekerjaan di Industri Telekomunikasi dan Informasi dengan Gaji Besar

 

2. Data engineer

Big data menggunakan jumlah data yang sangat besar. Bagaimana mengolah dan menganalisisnya jika data yang dimiliki nggak dikelompokkan dengan baik? Inilah yang menjadi tugas dari data engineer. Jika data scientist bertugas mengumpulkan data, data engineer punya tanggung jawab mengelola infrastruktur penyimpanan data-data yang sangat banyak itu.

 

Selain bertugas mengelompokkan data secara efektif dan efisien, data engineer juga bertanggung jawab memastikan bahwa data yang dimiliki adalah valid. Sehingga ketika sudah dianalisis, perusahaan bisa mengambil keputusan dengan tepat karena datanya juga akurat.

 

Data engineer ini biasanya membutuhkan keahlian seorang lulusan di bidang IT. Jika dia memiliki kemampuan mendesain database SQL, nilai tawarnya di perusahaan juga akan semakin tinggi. 

 

Dikutip dari Glassdoor, profesi ini di AS memiliki penghasilan rata-rata US$116.000 atau sekitar Rp1,5 miliar.

 

3. Data analyst

Satu lagi profesi yang berhubungan dengan pengolahan big data adalah data analyst. Seperti namanya, profesi ini bertanggung jawab menganalisis data-data yang terkumpul dan mengubahnya menjadi informasi yang mudah dimengerti. 

 

Dari hasil mengolah data, data analyst dapat memberikan beragam informasi yang dibutuhkan kepada berbagai divisi maupun klien. Umumnya, hasilnya berupa grafik yang menunjukkan tren. Informasi inilah yang akan dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis.

 

Selain harus mahir mengolah data menjadi informasi yang berguna, data analyst juga perlu memiliki kemampuan untuk mempresentasikan informasi tersebut. Di AS, profesi ini meraup penghasilan sekitar US$67.000 per tahun.

 

Artikel Terkait: Tips Mengelola Penghasilan

  1. Financial Life Hacks di Akhir Bulan
  2. Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sesuai Zodiakmu
  3. Milenial, Ini 5 Tips Untung Investasi Rumah yang Wajib Kamu Tahu!

 

4. Security engineer

Meski nggak berhubungan langsung dengan pengumpulan dan pengolahan big data, profesi security engineer memiliki tanggung jawab yang nggak main-main. Mereka bertugas mendesain dan mengelola keamanan data yang dimiliki perusahaan. 

 

Mereka harus mengantisipasi risiko kerusakan atau kehilangan data yang diakibatkan oleh berbagai hal, mulai dari bencana hingga hacker. Profesi ini juga melakukan pengujian untuk mencegah adanya celah keamanan yang memungkinkan seseorang melakukan pencurian data.

 

Di AS, profesi ini meraup penghasilan rata-rata sekitar US$130.000 per tahun atau mencapai Rp1,8 miliar.

 

Itu dia sejumlah profesi di bidang teknologi big data yang banyak diburu dan berpenghasilan tinggi. Pada dasarnya, pekerjaan apa pun bisa membuahkan hasil yang baik, asalkan kamu senantiasa mengasah kemampuanmu.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan. 

 

CTABARU1

 

 

 

 

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett