Beranda > Karier Sukses > Ketahui 6 Ciri Terjadinya Tsunami Berikut!

Ketahui 6 Ciri Terjadinya Tsunami Berikut!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Ketahui 6 Ciri Terjadinya Tsunami Berikut!watermark

TUNAIKU.COM – Belum lama ini kita dihebohkan dengan bencana tsunami yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Secaa harfiah, tsunami sendiri diartikan sebagai perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba.

 

Awal mula terjadinya tsunami dimulai dengan gempa terlebih dahulu. Entah itu gempa tektonis maupun vulkanis. Sedangkan gempa yang biasanya memicu tsunami sendiri adalah yang kekuatannya mencapai 7,4 skala Richter.

 

Namun kita juga perlu fokus pada pusat gempa. Gempa yang berpotensi besar akan terjadi tsunami biasanya merupakan gempa yang berada di dasar laut. Dasar laut memiliki kekuatan yang besar akan mampu menggerakkan lautan, sehingga berpotensi menimbulkan menimbulkan gelombang yang besar.

 

Bencana tsunami memang bisa memakan banyak korban jiwa dan kerusakan. Untuk mencegahnya, kamu perlu mengenali ciri-ciri terjadinya. Apa saja?

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Bencana Alam

  1. 6 Peristiwa Besar ini Pernah Terjadi di Indonesia Sepanjang 2018
  2. Apa yang Menguntungkan Jika Ibu Kota Dipindah ke Palangkaraya?
  3. 5 Destinasi Wisata yang Cocok Sebagai Tempat Bulan Madu di Musim Hujan

 

1. Adanya gempa pengiring

Seperti yang saya sampaikan di atas, biasanya tsunami akan diawali dengan gempa. Bencana gempa ini bisa bersifat tektonik maupun vulkanik. Kamu perlu waspada jika gempa yang baru saja terjadi berkekuatan tinggi. Sebaliknya, jika kekuatan gempa tergolong rendah, kamu nggak perlu khawatir akan terjadinya tsunami.

 

2. Lampu menyala tanpa aliran listrik

Kalau daerah tempat tinggalmu sedang mati listrik tapi lampu tetap bisa menyala, kamu perlu khawatir. Nyalanya elektronik tanpa adanya aliran listrik bisa jadi ciri-ciri akan terjadinya tsunami. Artinya ada gelombang elektromagnetis yang bergerak bebeas di udara. Ini merupakan tanda-tanda akan terjadi bencana hebat.

 

3. Suara gemuruh menggelegar

Kalau kamu mendengar adanya suara gemuruh menggelegar, perlu hati-hati. Ini jadi salah satu ciri akan terjadinya tsunami. Bunyi menggelegar ini disebabkan oleh air yang ada menghantam lautan. Suara ini dihasilkan oleh lempengan yang patah menabrak air laut.

 

4. Keadaan awan langit

Kamu juga bisa melihat tanda-tanda akan datangnya tsunami dari keadaan awan langit. Awan akan berubah menjadi gelap dan mendung. Bahkan bisa terjadi tornado dan angin serupa. Hal ini karena gelombang elektromagnetis dari dasar lapisan atmosfer bumi.

 

Artikel Terkait: Penanggulangan yang Bisa Dilakukan Manusia

  1. Tetap Aman Saat Menghadapi Bencana Gempa, Ini Tipsnya!
  2. Wajib Tahu, Ini 5 Alasan Pentingnya Punya Tabungan Darurat Bencana
  3. Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencana

 

5. Keberadaan hewan

Kamu juga bisa mengenali tanda-tanda tsunami melalui hewan. Biasanya burung-burung akan secara tiba-tiba berpindah tempat dari keadaan pulau kecil. Mereka akan terbang menuju tengah lautan.

 

6. Kondisi air

Selanjutnya kamu juga bisa mengenali ciri-ciri tsunami melalui kondisi air di pantai. Secara tiba-tiba keadaan air bisa berubah. Biasanya, air akan surut secara tiba-tiba. Buat kamu yang tinggal di sekitar pantai, perlu waspada terhadap tanda-tanda  ini.

 

Itu dia beberapa ciri akan terjadinya tsunami. Yuk, mulai sekarang lebih peka terhadap tanda-tanda alam agar kita bisa menjaga keluarga dan orang-orang yang kita sayangi.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

 

 

 

 

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett