SWARA – Salah satu solusi untuk menambah penghasilan adalah dengan menjadi freelancer. Dari pengalaman, saya bisa bilang freelancer itu asyik. Selain menambah cuan, saya bisa mengembangkan jaringan di luar pekerjaan tetap. Saya sudah mulai bekerja sambilan sejak kuliah, dan pekerjaannya macam-macam, mulai dari petugas tiket di festival musik hingga penulis lepas. 

 

 

Banyak pekerjaan lepas yang bisa kamu kerjakan. Mulai dari penulis lepas seperti saya, hingga bekerja jadi waitress di restoran cepat saji. Kamu juga bisa bekerja lepas sesuai dengan hobi atau sesuai hal-hal yang kamu senangi. Berikut adalah daftar pekerjaan lepas yang unik dan menyenangkan. 

 

1. Bekerja di penampungan hewan 

Kalau senang dengan hewan, kamu bisa bekerja sampingan di tempat penampungan hewan. Hal ini tentu menyenangkan karena kamu bisa berinteraksi dengan hewan. Kalau kamu bercita-cita jadi dokter hewan, pekerjaan ini juga bisa menambah pengalamanmu. 

 

2. Pengasuh anak 

Kalau kamu punya karakter keibuan dan senang dengan anak-anak, pengasuh anak bisa jadi pilihan. Gaji pengasuh anak lumayan, karena butuh waktu dan tenaga yang ekstra untuk menjaga anak orang lain. Bayaran biasanya berdasarkan umur pengasuh. 

 

Artikel Terkait: Bekerja di Industri Kreatif 

  1. 5 Tips Life Changing Lesson ala Neil Gaiman yang Bikin Sukses Pekerja Industri Kreatif

  2. 5 Tips Sukses Jadi Entertainer dalam Industri Kreatif

  3.  Tertarik Jadi Content Creator? Coba Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini! 

 

3. Pengantar pizza

Kalau jago mengemudi dan punya kendaraan sendiri, kamu bisa memilih jadi pengantar pizza. Memang, gaji pengantar pizza nggak terlalu besar, tapi kamu bisa mendapat tips dari pelanggan. Keuntungan lain kamu jadi kenal betul dengan jalan-jalan di kotamu. Bisa saja kamu menemukan cerita menarik di sini. 

 

4. Barista

Kalau doyan ngopi, kamu bisa bekerja sambilan sebagai barista di coffee shop. Hanya saja, jadi barista itu cukup menantang, karena banyak hal yang harus kamu pelajari. Mulai dari belajar tentang kopi, meracik kopi, customer service, dan hal lainnya. Saat ini barista juga jadi pekerjaan profesional. Mungkin ini bisa jadi salah satu pilihan karier kamu.

 

5. Asisten pribadi 

Kalau kamu rajin dan punya bertanggung jawab, kamu bisa mencoba profesi sebagai asisten pribadi. Asisten pribadi biasanya menjalankan tugas yang diperintahkan, seperti belanja, menjemput anak, hingga mengajak hewan peliharaan jalan-jalan. Kalau tugasmu selesai dengan baik, kamu bisa dapat uang tambahan yang banyak. 

 

6. Voice over/dubber 

Bekerja sebagai voice over atau dubber terdengar menyenangkan. Kamu nggak harus punya suara bagus, asal suaramu cocok dengan karakter yang sedang dicari perusahaan. Peluangnya juga banyak, lho. Mulai dari video game, audiobook, instruktor e-learning, dan banyak lagi. Kamu juga bisa bekerja sendiri. 

 

7. Menjual foto  

Kalau kamu hobi fotografi dan bisa menghasilkan foto yang bagus, kamu bisa nyambi jadi fotografer. Kamu bisa bekerja di seminar-seminar, event, ataupun festival musik. Kamu juga bisa menjual hasil karyamu, lho. Kamu bisa menjual satu foto seharga Rp200 ribu sampai Rp300 ribu. Lumayan, kan? 

 

Artikel Terkait: Mencari Pekerjaan Itu Mudah Asal… 

  1. Ingin Membuat Kesan Baik di Hari Pertama Kerja, Ini 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan!
  2. Pengin Jadi UX Designer? Ini Pekerjaan dan Strateginya, Lho!
  3. 7 Trik Ampuh Buat CV yang Menarik dan Dijamin Dipanggil HRD! 

 

Bekerja sebagai freelancer itu menyenangkan karena nggak terikat waktu ataupun kontrak dengan perusahaan. Juga bisa menambah pengalaman terutama ketika kamu masih kuliah atau SMA. Pekerjaan paruh waktu bisa jadi proses pembelajaran dan menambah kemampuan sebelum kamu terjun ke dunia profesional nanti.