SWARA – Mulai tahun lalu, saya diberi tugas oleh atasan saya untuk jadi supervisor di tim kreatif. Untuk itu, saya gunakan tes kepribadian DISC dalam menjaga hubungan baik dengan karyawan di bawah pengawasan saya. Rupanya saya menemukan beberapa karyawan yang memiliki tipe steadiness. Berdasarkan pemahaman saya, tipe ini punya ciri-ciri seperti ini.

1. Berpikir logis

Pada dasarnya, mereka punya kecenderungan yang sama seperti tipe dominance dalam berpikir. Hanya saja lebih dalam karena agak melibatkan perasaan. Justru dengan keadaan begini, jiwa kreatifnya muncul dan cukup mendominasi. Pada awal-awal mengobrol, saya agak tertelan oleh kecenderungan mereka, tetapi perlahan mulai bisa menguasai keadaan.

Mereka sangat peduli dengan sebab-akibat ketika tengah bekerja menggarap proyek desain. Kadang-kadang agak menjengkelkan juga. Soalnya mereka mengejar detail yang cukup kompleks. Setiap pendapat harus disertai alasan biar mereka mau mengikuti. Tanpa itu, mereka hanya menganggap angin lalu saja.

 

Artikel terkait : Yuk mengenali diri sendiri dan potensi lewat personality test DISC

  1. Personality Test DISC Lagi Tren, Kenali Lebih dalam Yuk!
  2. Kelebihan dan Kekuragan Perosnality Test DISC Conscientiousness
  3. Kelebihan dan Kekurangan Personality Test DISC Dominance

 

2. Fokus pada stabilitas

Seni itu seperti ruang penyeimbang jiwa. Begitulah yang dikerjakan mereka sehari-hari. Banyaknya produk terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan membuat mereka harus sering-sering berinovasi. Harus bikin iklan, desain produk untuk promosi, dan sebagainya. Salah satu yang bikin saya terpukau, mereka tetap menggarapnya dengan penuh ketenangan.

Bisa dibilang mereka itu sangat perfeksionis. Oleh karena itu, agar kerjaan selesai sesuai dengan tenggat waktu, saya sering memberi arahan tertentu. Misalnya dengan menunjukkan bagaimana cara meminimalisir risiko. Bukan terlalu mengkhawatirkan risiko. Dengan begitu, kerjaan yang biasa terlambat hingga beberapa waktu jadi tepat.

3. Suka menunggu testimoni

Dengan menunggu feedback, berarti mereka bekerja penuh dengan dedikasi dan profesional. Orang biasa, terlebih lagi yang bertipe influence, hanya perlu pujian. Inilah pentingnya tes kepribadian DISC steadiness. Tanpa mempelajari karakter mereka, mungkin saya tidak bisa beradaptasi dan tahu apa kecenderungan mereka.

Mau tidak mau, saya sering bolak-balik untuk melapor ke atasan tentang hasil kerja mereka. Ketika atasan saya bilang bagus, baru tim kreatif saya merasa lega. Kalau atasan saya bilang kurang, maka mereka akan langsung memperbaiki. Herannya, mereka tidak mau testimoni dari saya secara langsung. Padahal saya yang diserahi tugas. 4. Suka dengan Hubungan Personal

4. Suka dengan hubungan personal

Atasan saya berpesan, bahwa tim kreatif yang saya tangani tidak sama dengan tim marketing. Mereka cenderung lebih banyak diam dan mendengarkan. Kalau toh mau bercanda, hanya sekadarnya saja. Dengan kata lain, mereka lebih suka memiliki hubungan personal yang mendalam daripada hanya iseng atau basa-basi.

Oleh karena itu, saya juga harus beradaptasi dengan mereka. Setiap kali mereka mengajukan ide atau buah pikiran kreatif, saya selalu menanggapi dengan perasaan tertarik. Saya tuangkan dalam bentuk ekspresi nyata tanpa dibuat-buat. Soalnya kata atasan saya, mereka itu sangat peka ketika berbicara secara langsung. Jadi harus hati-hati dan jaga sikap.

5. Menghindari konflik

Ini dia yang saya suka. Mereka itu cinta damai. Hampir selama setahun ini, saya jarang atau hampir tidak pernah tahu ada yang berselisih. Barangkali karena mereka pandai menyimpan perasaan. Saya kurang tahu. Ketika berbincang sekalipun, mereka hanya tertarik untuk membahas yang betul-betul penting.

Oleh karena itu, sebisa mungkin saya tidak merusak suasana dengan humor kering dan obrolan yang kurang mendalam. Saya tidak mau ada yang merasa tidak enak ketika sampai berselisih dengan saya. Kata atasan saya, begitu ada yang berselisih, saat diadakan meeting, pihak yang bersangkutan lebih suka tidak berada di tempat atau keluar tanpa sebab.

Setiap tipe kepribadian manusia memang punya sisi yang unik. Termasuk juga untuk tipe steadiness ini. Sebetulnya ilmu tentang tes kepribadian DISC ini diberikan oleh atasan saya. Saya kagum dengan dia. Gara-gara dia menguasai pengetahuan tentang semua tipe kepribadian, saya jadi tidak tahu tipenya itu masuk mana.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

1


TUNAIKUTUNAIKU