SWARA-Sebuah kesempatan besar untuk pencaker (pencari kerja) adalah ketika job fair diselenggarakan. Berbagai perusahaan akan turut mengisi acaram dan yang terpenting, akan ada banyak lowongan pekerjaan yang hadir di sana. Saya punya tips ikutan job fair agar mudah dapat kerja. Kan enak, di job fair kamu nggak perlu cari-cari informasi ke sana-kemari untuk mencari lowongan pekerjaan.

 

Artikel terkait: Tips Sukses Karier Profesional

  1. 4 Tips Sukses Jadi Interior Designer yang Profesional
  2. 5 Tips Sukses Jadi Pengacara Profesional yang Banyak Dibutuhkan
  3. 5 Tips Sukses Jadi Auditor untuk Fresh Graduate

 

1. Buat CV sebaik dan semenarik mungkin

CV atau Curriculum Vitae sering diabaikan oleh para pelamar kerja. Kemampuan menulis memang amat dibutuhkan, namun tetap harus berlandaskan kejujuran. Misalnya dulu kamu pernah bekerja di pabrik roti selama empat tahun, kuli bangunan dua tahun, dan penjaga toko satu tahun, sampaikan apa adanya. Harap tidak melebih-lebihkan untuk kedamaian hatimu.

 

Kemudian pastikan halaman untuk pembuatan CV tidak terlalu melebar dan memanjang. Paling tidak tiga halaman saja sudah cukup. Intinya kan bisa menjadi referensi atas identitas pribadimu serta kiprahmu di dunia kerja. Kalau toh belum punya pengalaman, tonjolkan kata-kata ajaib yang menggambarkan semangat tidak kenal menyerah dan ingin terus berkembang.

 

2. Persiapkan segala hal sebelum wawancara

Banyak pelamar kerja yang gagal saat melalui tahapan wawancara kerja. Ya, sayangnya tahapan wawancara kerja itu kerap kali menelan korban, terutama para fresh gradute yang belum berpengalaman menghadapi sesi awawancara. Menurut hemat saya, wawancara itu tak ubahnya seperti tes psikologis.

 

Syarat utama agar kamu diterima kerja tentunya harus cari tahu lebih dulu latar belakangan perusahaan yang dibidik. Pelajari motto-nya, visi-misinya, dan ketahui lebih lanjut mengenai posisi yang ingin kamu tempati. Usahakan setiap jawaban yang kamu berikan kamu sampaikan dengan lancar. Biar kunjunganmu ke job fair tidak sia-sia.

3. Bekali tubuh dengan nutrisi dan istirahat yang cukup

Tidak ada salahnya kalau kamu berolahraga sebelum job fair dilangsungkan. Misalnya dengan jalan santai di pagi hari. Kemudian diiringi dengan mencukupkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Saran saya sih hindari dulu makanan yang dipenuhi dengan lemak. Selain bikin gemuk, efek sampingnya bisa membuat otak bekerja lebih lamban.

 

Sebagai gantinya, konsumsi sayuran saja dan buah-buahan segar. Kemudian jangan lupa untuk cukupkan diri dengan tidur paling tidak  tujuh jam semalam. Mayoritas para pencari kerja itu tidak bisa tidur karena kepikiran lowongan di acara job fair. Percuma kalau ada lowongan yang kamu inginkan, sedangkan kamu dalam keadaan tidak fit.

 

4. Perhatikan Penampilanmu Sebelum Datang ke Acara

Penampilan baik atau good looking kerapkali menjadi standar perusahaan dalam menerima karyawan baru. Terutama untuk perusahaan yang bergerak di sektor dagang, pariwisata, ataupun perhotelan. Faktor penampilan tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Setidaknya menjadi nilai plus kalau kamu memang benar-benar siap untuk mendapat pekerjaan baru.

 

Tidak ada salahnya kalau kamu minta pendapat dari orang-orang terdekatmu saat berpenampilan. Untuk menyiasati penampilanmu, coba amati baik-baik penampilan tiap karyawan yang bekerja di perusahaan bidikan. Amati dan tiru. Paling tidak senada dengan penampilan mereka. Biasanya lebih mudah diterima.

 

Artikel terkait: DISC

  1. Kelebihan dan Kekurangan Personality Test DISC Steadiness
  2. Kelebihan dan Kekurangan Personality Test DISC Dominance
  3. Kelebihan dan Kekurangan Personality Test DISC Conscientiousness

 

5. Bangun Relasi Sebanyak Mungkin

Dalam acara job fair, pasti akan dipenuhi para pencari kerja pula yang setara denganmu. Meskipun begitu, bangunlah hubungan baik dengan mereka. Ajak bercanda (namun tetap sopan ya) biar bisa mengurangi ketegangan pada waktu sesi wawancara berlangsung. Siapa tahu kalau kamu tidak diterima di perusahaan ini, mereka akan membantumu agar diterima di tempat lain.

 

Tolong-menolong dalam kebaikan amat diperlukan agar sukses menerapkan tips ikutan job fair seperti yang tertera di atas. Sudah banyak orang yang diterima kerja karena pertolongan teman sendiri. Tapi yang lebih penting dari itu adalah terus tingkatkan kualitasmu. Terus asah skill dan kalau belum juga mendapatkan kerja, saya harap tetap pantang menyerah.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


TUNAIKUTUNAIKU