SWARA – Saat menginjak semester terakhir kuliah, saya diajak teman untuk kerja sambilan sebagai petugas Quick Count. Berhubung kerjanya ternyata ke luar kota dan semua dibiaya ditanggung pula ditambah pekerjaannya pun cukup mudah, saya akhirnya mengambil pekerjaan tersebut. Lumayan, dapat uang tambahan sekalian bisa jalan-jalan gratis. Hehe.

 

Selain itu, ketika sudah lulus, saya juga sempat ditawari proyek untuk mengambil data penelitian. Tentunya ini mengharuskan saya pergi ke luar kota. Kali ini saya berangkat ke Bandung. Di waktu yang sama, teman saya mendapatkan proyek enumerator (mencari data dengan melakukan pencacahan satu per satu) ke Sumbawa). Akhirnya kami pun bisa jalan-jalan, saya di Indonesia bagian barat sedangkan dia bagian timur. Asik!

 

Ya, kalau di pikir memang rasanya lebih menyenangkan kalau pekerjaan yang kamu tekuni bisa bikin kamu dapat jalan-jalan ke berbagai daerah. Nah, buat yang punya cita-cita seperti ini, simak aja langsung 10 pekerjaan yang bisa membawa kamu jalan-jalan ke berbagai tempat. Siapa tahu ada yang cocok!

 

1. Petugas Quick Count


Ini adalah pekerjaan yang saya singgung di muka. Memang jenisnya haya sampingan dan baru ada ketika musim pemilu. Tapi pekerjaan sampingan ini cukup menjanjikan untuk kamu yang memang berprofesi sebagai pekerja lepas atau mahsiswa tingkat akhir yang sudah nggak ada kuliah.

Di sini, kamu hanya perlu duduk di tempat pemilihan lalu ketika hasil pemungutan diumumkan kamu tinggal memberikan laporan ke pusat. Kamu nggak perlu khawatir masalah hak pilih. Waktu itu saya bisa menggunakan hak di lokasi pemilihan. Jadi lumayan kan? Siapa tahu ditempatkan di daerah yang kamu incar.

 

2. Enumerator

Pekerjaan ini banyak digandrungi freshgraduate dan bisa bertahan bertahun-tahun. Dari segi lingkungan kerja memang agak berat karena kamu harus berada di lokasi pengambilan data selama berbulan-bulan. Tapi buat kamu yang menyukai tantangan dan eksplorasi tempat baru, pasti suka!

Apalagi kebanyakan proyek enumerator berada di wilayah Indonesia timur yang tentu pemandangannya membuatmu betah. Oh ya, sebenarnya pekerjaan ini pun bisa membuatmu kaya mendadak karena bayarannya sangat menjanjikan. Hanya saja nggak ada jaminan diangkat karyawan tetap. Yang menggunakannya biasanya adalah lembaga survei, kementrian, dinas atau badan lainnya yang melakukan penelitian atau survei besar

 

Artikel terkait: Pekerjaan yang bisa menghasilkan banyak uang

  1. Lulusan Bahasa atau Sastra, Bisa Kerja Jadi Apa, Sih?
  2. Tahukah Kamu 5 Hobi Receh ini Bisa Menghasilkan Uang Banyak!
  3. 5 Hobi Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Uang Sekaligus Membantu Orang!

 

3. Pendidik

Pendidik yang saya maksud di sini adalah mereka yang tergabung dalam Indonesia Mengajar dan Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM3T). Pendidik atau guru ini, dituntut tinggal di lokasi terpencil kurang lebih satu tahun. Tentu lokasi yang dipilih adalah lokasi terpencil yang jauh dari tempat tinggalmu.

Meski banyak tantangan baik dalam hal transportasi, akomodasi hingga gaya hidup, tapi umumnya tempat terpencil di Indonesia justru adalah surga tersembunyi. Jadi nggak perlu khawatir mencobanya. Apalagi jika jiwa sosial kamu tinggi. Ini kesempatan baik buat kamu menikmati suasana yang jauh berbeda untuk menyegarkan diri dan menambah banyak wawasan.

 

4. Pengawas

Ada banyak posisi dalam suatu perusahaan, salah satunya pengawas. Di beberapa perusahaan, suatu posisi memang bisa memiliki job desk yang sama tapi nama berbeda. Kalau di perbankan pengawas disebut Tim Fraud. Kalau kamu mau keliling Indonesia, bisa nih memilih posisi Fraud. Tapi kamu harus duduk di kantor pusat agar wilayah kerjanya bisa sampai ke luar kota hingga pulau-pulau terluar Indonesia.

 

5. Business Development

Up and up . #brihits #brihitsid #accountofficer #merdeka72 #brikcbungo #bumnmembangunnegeri

A post shared by Resmi Haloho (@resmimie) on

Meskipun pekerjaan yang berurusan dengan target pemasaran sangat berat, tapi posisi ini sangat menguntungkan. Ketika kamu ditugaskan untuk meninjau target bisnis di kantor cabang, kamu bisa melakukannya sembari jalan-jalan. Kan lumayan, dibiayai tiket pesawat dan hotel gratis. Hehe. Tapi perlu diingat, untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini, kamu harus duduk di kantor pusat, minimal kantor wilayah.

 

6. Pembawa acara TV

Sejak punya teman yang bekerja di salah stau televisi swasta, saya sering dapat info tentang peluang menjadi pembawa acara TV. Kebetulan yang selalu dicari teman saya adalah seputar acara jelajah alam.

Dia bisa jalan-jalan keliling Indonesia, gratis dan jadi terkenal. Hehehe. Nah, buat kamu yang mau jadi seleb, mungkin selain dari Instagram bisa dimulai dari host TV seperti ini. Saratnya memiliki penampilan menarik, ramah, punya kemampuan komunikasi yang baik, sehat fisik dan jasmani, dan tentu saja gila traveling.

 

7. Travel Blogger

Dari namanya saja, sudah jelas dong kalau pekerjaan rajin traveling. Hehe. Ya, buat kamu yang hobi nulis dan jalan-jalan, kmu bisa menuangkan semua cerita dan pengalaman kamu lewat tulisan di blog dan didukung dengan postingan di medsos, khususnya Instagram.

Dari mana dapat uangnya? Nah, kalau tulisanmu menarik pasti banyak yang baca. Dari situ blog-mu dikunjungi banyak orang dan menarik orang untuk memasang iklan di blog-mu. Semakin besar jumlah pembaca dan followers kamu, semakin banyak uang yang datang.

Nggak hanya dalam bentuk pasang iklan di blog, kamu juga bisa jadi di-endorse atau disponsori untuk jalan-jalan. Baik itu dikasih tiket pesawat gratis, hotel gratis, akomodasi gratis atau berbagai akses ke tempat liburan gratis. Kamu juga bisa ditawari untuk menulis sebuah tempat liburan atau alat pendukung traveling, dan dikasih bayaran. Pokoknya jalan-jalan makin lancar, kantong makin penuh!

 

8. Travel Agent

Bekerja di bidang travel, entah itu konsultan travel ataupun travel agent, tentu sangat cocok buat kamu yang suka jalan-jalan. Nggak perlu diragukan lagi, kamu bisa jalan-jalan dibayarin kantor. Tapi kamu juga bisa bosan kalau tempat yang kamu tuju itu-itu saja karena memang hanya itu yang disediakan oleh kantor kamu.

 

Artikel terkait: Tips melakukan perjalanan menggunakan agen travel

  1. Jangan Sampai Niatmu Beribadah Harus Batal Gara-Gara Biro Perjalanan Umroh Abal-abal
  2. Persiapkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Datang ke Travel Fair!
  3. Ikutan Paket Tur atau Mengatur Sendiri, Mana Cara Berbulan Madu yang Paling Pas Buatmu

 

9. Pelayaran

“Dan lautan di depan mataku, Mengapa ku rasa sendiri, Rindu yang terus menghantui”

A post shared by wisnusaputra (@wisnuu_saputra) on

Kalau ingin jalan-jalan ke luar negeri gratis dan dibayar, bekerja di pelayaran saja. Ada beragam pekerjaan di dunia pelayaran, bagian teknisi mesin, chef/koki/petugas dapur, pelayan dan lain sebagainya.

Saya sendiri punya teman SD yang waktu itu bisa dibilang anak mami. Sekarang, dia sudah bekerja di pelayaran dan kalau stalking IG-nya, hmmm, ngiler sendiri! Hampir semua fotonya adalah negara-negara yang pernah dia kunjungi.

Maklum, saat kapal layar tempatmu bekerja berhenti di suatu kota atau negara, tentunya kamu akan punya kesempatan untuk turun dari kapal untuk jalan-jalan. Jadi, kalau kamu bekerja di kapal pelayaran internasional, bukan nggak mungkin kamu bisa keliling dunia gratis!

 

10. Pekerja Seni

Pekerja seni ini bisa dijadikan pekerjaan utama ataupun sampingan. Saya sendiri punya teman yang saat ini menjadi guru bahasa lokal tapi masih terus mengeksplor bakat seninya di bidang tari.

Saat Agustus tiba, biasanya banyak acara atau pagelaran budaya atau kesenian yang diselenggarakan. Dia pun sering kebanjiran protek dari Dinas Kebudayaan untuk tampil menari di luar kota. Baik untuk pertunjukan atau pun lomba.

Bahkan saat ini, teman saya itu sedang jalan-jalan ke Palembang gratis untuk tampil dalam ajang Sriwijaya Festival. Asik ya!

 

Ternyata cukup banyak bukan, pekerjaan yang membuatmu bisa jalan-jalan gratis? Sudah tahu mana yang kira-kira paling menarik dan cocok buat kamu? Nggak ada salahnya, lho, dicoba!

 

CAT 3

 


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI