Beranda > Karier Sukses > Jaga Hubungan Baik dengan Klien dengan Cara Berikut Ini

Jaga Hubungan Baik dengan Klien dengan Cara Berikut Ini

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Jaga Hubungan Baik dengan Klien dengan Cara Berikut Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Dalam dunia kerja sama bisnis, hubungan baik dengan klien merupakan hal signifikan karena itu harus dijaga baik. Entah itu vendor, sponsor, ataupun partnership. Nggak disangkal, kepuasan klien merupakan tujuan utama saat kamu mengadakan sebuah acara. Sebab di saat seperti ini pula kamu membangun citra yang baik di mata klien. Bila berhasil memuaskan klien, perusahaan kamu bakal mendapat tanggapan positif.

 

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan klien. Salah satunya adalah dengan mendekatkan diri agar kerjasama bisa berlanjut di waktu depan. Caranya, kamu bisa mencari tahu tentang penilaian mereka terhadap perusahaanmu serta pelajari kira-kira ke depannya mereka ingin fokus ke arah mana. Hal-hal kecil ini justru bisa memperluas pengetahuanmu tentang klien.

 

Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan hubungan baik tersebut. Simak informasinya berikut ini, ya.

 

Artikel Terkait: Ingin bisnis sukses? Ketahui dulu caranya.

  1. Kunci Sukses di Bisnis AirBnb, Wajib Tahu!
  2. Lakukan 5 Cara ini untuk Membuat Bisnis Kamu Jadi Viral
  3. Golden Rules dalam Mencapai Kesuksesan Bisnismu

 

1. Tanya

Saat sedang berdiskusi atau brainstorming dengan klien, jangan ragu untuk membawa diskusi ke arah yang lebih mendalam. Tanyakan klien tentang tujuan besar dari sebuah kampanye atau promosi yang sedang mereka dorong. Serta harapan apa yang mereka punya dari kerjasamanya dengan perusahaan kamu. Catat secara mendetil ya, siapa tahu berguna.

 

2. Dengar

Hubungan yang baik bisa tercipta ketika kamu bersedia mendengarkan klien. Segala kritik, saran, serta keluhan harus kamu perhatikan, karena bisa memberikan feedback yang positif serta nilai yang positif untuk perusahaan kamu. Catat setiap feedback untuk bahan evaluasi ke depan. Bila itu kritik positif, bisa menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik. Bila itu negatif, maka perusahaanmu bisa membuka ruang untuk memperbaikinya.

 

3. Hormati kredibilitas kompetitor

Dalam dunia bisnis, tentu saja ada kompetitor. Dan bisa saja dalam pekerjaan kamu mendapatkan pesaing kelas kakap. Walaupun pesaing, kamu nggak boleh luput dalam mempelajari baik keunggulan maupun kelemahan produk mereka. Dari situ kamu bisa mempelajari lalu menciptakan produk yang lebih baik dan inovatif. Ingat, dalam bersaing nggak perlu menyebarkan gosip atau citra jelek. Hal ini justru bisa menurunkan penghargaan klien terhadap kamu dan perusahaan.

 

4. Gunakan umpan balik secara online

Dalam usaha untuk memajukan perusahaan, kamu bisa menempuh jalur online. Cobalah untuk bergabung dengan forum-forum online yang memang sering memberikan penilaian atas produk yang kamu rilis untuk klien. Hal ini bisa menjadi alternatif resensi serta kesempatan untuk memperbaiki kualitas produk.

 

Artikel Terkait: Tips dan trik berwirausaha.

  1. 7 Cara Sukses Terjun Bisnis Properti Tanpa Butuh Modal Besar
  2. 5 Jurus Jitu Hal Ini Agar Sukses di Bisnis Kos-Kosan dan Untung Besar
  3. Jangan Lalai Mengatur Keuangan Bisnis Sampingan, Pakai 4 Hal Ini

 

5. Membuat strategi perencanaan dengan klien

Usahakan agar selalu melibatkan klien kamu dalam program tahunan yang ada di perusahaan. Hal itu bisa melalui konsultasi ataupun pertemuan. Jangan lupa, sebelum bertemu klien, pelajari secara teliti serta berikan konsep yang kamu pikir terbaik untuk ditawarkan kepada klien.

 

Itulah lima cara untuk mendekatkan diri dengan klien. Sudah mencoba salah satunya?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett