Beranda > Karier Sukses > Introvert, Ini 6 Cara agar Kamu Betah Bekerja

Introvert, Ini 6 Cara agar Kamu Betah Bekerja

TUNAIKU
Introvert, Ini 6 Cara agar Kamu Betah Bekerjawatermark

Bagi seorang introvert, bekerja sendiri lebih menyenangkan dibanding pergi ke kantor setiap hari. Saya sendiri sudah merasakan itu. Namun, kalau saya bertahan seperti itu, saya berpikir kapan bisa maju? Meski ragu, saya coba keluar dari zona nyaman itu. Berhasil? Ya, meski sulit. Dilansir dari Moneysmart, ini cara yang bisa kamu lakukan agar betah di tempat kerja.

 

1. Cari Pekerjaan yang sesuai

Introvert, Ini 6 Cara agar Kamu Betah BekerjaAgar kamu bisa betah di tempat kerja, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan jati dirimu. Jangan coba memilih pekerjaan yang mengharuskanmu berinteraksi dengan banyak orang dan harus bekerja di lapangan seperti seorang reporter ataupun sales. Kalau begini, kamu sendiri yang akan kesulitan nantinya.

 

Tak ada salahnya kamu memanfaatkan keahlian yang kamu miliki seperti menulis, translator atau bisa jadi seorang akuntan. Pekerjaan itu tidak mengharuskan kamu bertemu dengan banyak orang setiap hari dan kamu bisa tetap stay di dalam ruangan saja.

 

2. Berperan saat Rapat

introvert Berperan saat RapatSelain itu, cobalah juga berperan setiap rpat agar kamu bisa lebih nyaman berkomunikasi dengan teman kerja. Kamu tak perlu takut soal ini. Seorang introvet biasanya memiliki ingatan dan pendengaran yang kuat sehingga bisa menguraikan ide-ide yang dimiliki. Paling penting, kamu hanya harus berusaha percaya diri saja. Tak usah takut.

 

3. Buat Jadwal Me-Time

Introvert, Ini 6 Cara agar Kamu Betah BekerjaBuatlah jadwal me-time untuk dirimu sendiri setelah selesai bekerja, terutama hika kamu tidak memiliki ruangan khusus di kantor atau ruanganmu bergabung dengan staf lainnya. Hal ini bisa menjadi cara kamu melepaskan lelah sejenak dan mengambil jeda waktu untuk merilekskan diri. Namun, tentunya kamu harus menyelesainkan pekerjaanmu lebih dulu.

 

4. Saling Mengenal Satu Sama Lain dengan Rekan Kerja

Introvert, Ini 6 Cara agar Kamu Betah Bekerja

Mengenal rekan kerja dengan lebih baik juga bisa buat kamu lebih nyaman kertika bekerja. Ini penting agar kamu bisa memberi kesan baik dengan rekan kerjamu. Meski kamu tak nyaman, berusahalah. Setidaknya jangan buat dirimu menjadi dikucilkan di kantor. Tak semua teman tersebut akan membuatmu tak nyaman, kok!
Sebagian besar malah bisa menjadi tempat bertukar pikiran atau ide demi memajukan perusahaan. Ingat, mereka adalah orang yang paling dekat denganmu selama di kantor, jadi ubahlah mindsetmu mulai dari sekarang. Jangan menjadi pribadi introvert yang buruk yang tak mau mengenal orang luar sedikitpun.

 

5. Keluar dari Zona Nyaman

introvert

Sebenarnya, memutuskan untuk bekerja di kantor sama saja dengan memutuskan keluar dari zona nyaman, ya! Setidaknya, itulah yang saya rasakan. Bila sebelumnya lebih senang menghindari tempat ramai, dengan bekerja di kantor kamu harus berada di tempat itu. Tapi, lama kelamaan kamu akan terbiasa, kok!

 

Cobalah untuk jadi seorang pembicara di kantor setelah kamu terbiasa. Dengan begitu, kamu bisa memajukan karir dan menunjukkan pada rekan dan atasanmu bahkwa kamu bukan orang yang tak percaya diri. Kamu sendiri juga nantinya yang akan bangga dengan dirimu.

 

6. Sedikit Menyombongkan Diri

introvert

Kamu sering menemukan orang di kantor sombong dan bangga ketika ditawarkan peluang baru? Nah, kamu juga harus demikian. Sebab, jika kamu hanya diam saja, ini akan jadi masalah karena prestasimu tak akan terlihat oleh atasan. Karirmu juga akan mandek bila terus begini. Jadi, tak ada salahnya kamu menyombongkan diri sedikit demi perkembanganmu.

 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa bekerja di tempat umum. Jadi, menjadi seorang introvet tak harus benar-benar mengurung diri, ya! Kamu juga bisa berkembang asal mau keluar dari zona nyaman, kok! Apa? Kamu mau lebih pilih jadi pengusaha namun modal kurang? Tenang saja, coba ajukan pinjaman di Tunaiku untuk modal usahamu.

 

CTABARU1

Tunaiku


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett