Beranda > Karier Sukses > Ini 5 Tips yang Harus Kamu Lakukan untuk Jadi Copywriter Andal!

Ini 5 Tips yang Harus Kamu Lakukan untuk Jadi Copywriter Andal!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Ini 5 Tips yang Harus Kamu Lakukan untuk Jadi Copywriter Andal!watermark

TUNAIKU.COM – Copywriting adalah sebuah keterampilan merangkai kata semenarik mungkin dengan tujuan untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu produk tertentu. Singkatnya, konten yang dibuat seorang copywriter harus bisa mempersuasi pembacanya agar mereka merespon sesuai keinginan penulis.

 

Pekerjaan ini memang nggak semudah yang dibayangkan karena kamu harus mampu membuat tagline atau tulisan yang mudah nyangkut di ingatan. Copywriter harus memahami dulu apa produk yang mereka promosikan dan siapa target audience-nya. Nah, kalau kamu ingin menjadi copywriter andal, tips-tips berikut bisa kamu lakukan.

 

1. Perkaya bank kata di kepala

Untuk menjadi copywriter andal, tentunya kepalamu harus menjadi bank kata-kata. Kosakatamu bisa diperkaya lewat membaca. Apa saja bisa kamu jadikan bahan bacaan. Mulai dari karya penulis favoritmu, artikel-artikel terkini di media online, sampai headline iklan yang menurutmu menarik. Semua bisa menjadi sumber inspirasi dan memperkaya kosakatamu.

 

Namun, memperkaya perbendaharaan kata saja nggak membuat kamu otomatis jadi jago, lho. Kamu juga harus sering mencatat ide-idemu dalam sebuah jurnal, lalu berlatih membuat copy.

 

Artikel Terkait: Tips untuk Penulis

  1. Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis
  2. 10 Pilihan Karier Buat Kamu yang Suka Menulis
  3. 10 Tips Menulis Berita atau Artikel yang Patut Diketahui Calon Jurnalis

 

2. Mengumpulkan swipe file favorit

Swipe file adalah istilah untuk kumpulan dari iklan maupun sales letter yang sudah terbukti berhasil. Ini adalah salah satu sumber inspirasi seorang copywriter dalam membuat karya. Nah, coba deh kumpulkan iklan-iklan, sales letter, headline, maupun tulisan yang nggak cuma menarik, tapi juga punya kemampuan yang kuat untuk mempersuasi pembacanya.

 

Dari inspirasi tersebut, kamu pasti bakal lebih mudah untuk memperoleh ide yang sesuai dengan kebutuhan kontenmu.

 

3. Pahami pentingnya headline

Mengapa kamu meng-klik suatu artikel? Tentu karena headline-nya, kan? Headline punya peran yang sangat penting dalam mengundang pembaca. Mau sebagus apa pun tulisanmu, jika nggak didukung headline yang apik, pembaca pasti juga nggak akan tertarik untuk datang.

 

Agar headline-mu menarik, kamu bisa memulai dari mengungkapkan manfaat tulisanmu. Beri sengatan dengan menyematkan angka dan kata-kata yang menunjukkan waktu, misalnya: ‘10 Smartphone Ini Cocok Kamu Beli di Akhir Tahun!’

 

4. Pergunakan bahasa yang akrab dengan keseharian

Kalau kamu perhatikan, iklan-iklan produk biasanya menggunakan tagline dengan bahasa yang sederhana dan akrab di telinga. Nah, cara ini juga bisa kamu terapkan dalam membuat sebuah copy. Kata-kata sederhana yang dirangkai dengan menarik bakal lebih gampang menempel di kepala.

 

Begitu juga saat menulis sebuah artikel. Hindari menggunakan kata-kata yang terlalu baku dan kaku. Sebagai contoh, pilih kata sapaan yang lebih luwes dan santai seperti ‘kamu’ alih-alih ‘Anda’. Jangan lupa sisipkan istilah kekinian dan bahasa gaul. Namun, biar enak dibaca, pastikan kamu tetap berpatokan pada EYD, ya!

 

Artikel Terkait: Menjalani Karier

  1. Hati-hati Hobi Menunda Pekerjaan Bisa Merusak Karier, Lho!
  2. Ini Alasan Sebagian Besar Wanita Karier Memilih untuk Single
  3. Bagaimana Cara Menyeimbangkan Karier dan Kehidupan Pribadimu?

 

5. Manfaatkan teknik storytelling

Mana yang menurutmu lebih menarik untuk disimak: tulisan yang hanya mengemukakan keunggulan sebuah produk plus ajakan membelinya, atau sebuah cerita tentang bagaimana produk tersebut memberi kemudahan bagi hidup seseorang? Buat saya, jelas yang terakhir. Inilah disebut dengan teknik storytelling atau bercerita.

 

Sebagai contoh, Apple menjadi salah satu merk ternama di dunia lewat perangkat mereka. Meski terbilang lebih mahal dari kompetitornya, nyatanya banyak penggunanya yang enggan berpindah, tuh. Ini karena Apple berhasil menyampaikan pesan soal lifestyle dan simplicity lewat storytelling.

 

Itu dia beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk menjadi copywriter andal. Sebagai catatan, copywriter cerdas gak perlu menipu lewat cerita yang berlebihan atau headline clickbait yang gak ada hubungannya sama sekali dengan isinya. Clickbait mungkin menarik pembaca, tapi di akhir, mereka bakal bete sama tulisanmu. Jadi, tetaplah jujur, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

 

 

 

 

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett