Beranda > Karier Sukses > Ingin Jadi Lajang yang Mandiri? Pastikan Mulai Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Jadi Lajang yang Mandiri? Pastikan Mulai Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Jadi Lajang yang Mandiri? Pastikan Mulai Lakukan 5 Hal Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Kita tentu nggak bisa selamanya menggantungkan hidup kepada orang lain. Makanya, menjadi mandiri bukanlah sebuah pilihan, melainkan suatu keharusan. Hidup mandiri sebaiknya dimulai sejak dini, di mana kamu masih lajang, punya banyak pilihan, dan belum memiliki beragam tanggungan.

 

Terus, apa yang kira-kira mesti dilakukan untuk menjadi seorang lajang yang mandiri? Nih, Tunaiku kasih kisi-kisinya buatmu.

 

1. Belajarlah mengambil keputusan dan menanggung konsekuensinya

Seperti hukum sebab-akibat, setiap keputusan pasti memiliki konsekuensi. Kalau kamu pengen menjadi pribadi yang mandiri, belajarlah untuk berani memutuskan sesuatu yang baik sesuai dengan nuranimu. Jangan melulu hanya mengiyakan dan mengikuti apa kata orang lain.

 

Di samping itu, persiapkan mentalmu untuk bertanggung jawab atas segala konsekuensi dari keputusan itu. Seandainya nanti kamu sadar bahwa keputusanmu keliru, nggak masalah. Kamu justru bisa belajar dari situ. Toh, setiap orang hebat juga pasti pernah mengambil keputusan yang salah selama hidupnya. Percayalah pada dirimu sendiri.

 

2. Temukan passion-mu dan buatlah rencana

Passion adalah sesuatu yang bisa mendorongmu untuk bekerja dengan sepenuh jiwa. Passion bisa berupa cita-cita, profesi, karier, hingga berwirausaha. Galilah potensimu dan temukan hal yang paling bernilai buatmu. Dari situ, buatlah target dan rencana, sehingga kamu pun terpacu untuk menyelesaikan target tersebut.

 

3. Mulailah hidup terpisah dari orang tua

Merantau adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk belajar mandiri. Di perantauan, kamu cuma bisa mengandalkan diri sendiri untuk bertahan, sehingga bisa belajar banyak dari pengalaman. Kamu akan belajar mengatur uang, mencukupi segala kebutuhanmu sendiri, serta memecahkan beragam persoalan.

 

Kalau tempat kerjamu masih satu kota dengan orang tua, nggak ada salahnya mencoba ngekos. Dengan begitu, kamu punya keleluasaan lebih untuk mencoba hidup mandiri. Ingat, mental mandiri itu bukan sesuatu yang bisa didapatkan begitu saja, melainkan perlu usaha untuk meraihnya.

 

4. Jalin pertemanan yang solid

HIdup mandiri bukan berarti kita nggak butuh teman, lho. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Kita membutuhkan teman untuk sekadar curhat sampai berdiskusi. Makanya, menjalin pertemanan yang solid adalah salah satu resep hidup mandiri.

 

Yang penting, jangan menutup diri dari orang lain. Sebaliknya, jadilah pribadi yang berpikiran terbuka dan usahakan berbaur dengan orang-orang dari berbagai kalangan untuk diajak diskusi. Dari situ, mungkin saja timbul ide-ide segar yang bisa dieksekusi menjadi sebuah pekerjaan atau proyek yang bermanfaat dan menguntungkan.

 

5. Raihlah kesempatan memperoleh tambahan penghasilan dari mana saja

Faktor finansial merupakan salah satu kunci penting dalam hidup mandiri. Selain bekerja dan menabung, nggak ada salahnya menginvestasikan sedikit waktu dan tenagamu untuk memperoleh tambahan penghasilan untuk menambah pundi-pundi rupiahmu.

 

Salah satunya, kamu bisa mencoba ikutan program #BarterRezeki Referral Gamification dari Tunaiku. Lewat program ini, kamu bisa membantu orang lain serta mendapatkan penghasilan tambahan dan beragam reward menarik lewat cara yang asyik kayak bermain game.

 

Biar lebih jelas tentang program ini, kamu bisa langsung klik penjelasannya di sini. Sementara untuk ikutan, kamu tinggal daftar aja ke sini. Jadi, sudah siap buat hidup mandiri, Kawan Tunaiku?

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett