Dari tahun ke tahun, jumlah biaya yang dikeluarkan selama kuliah semakin meningkat. Selain biaya akademis, biaya hidup juga menjadi tanggungan yang kadang terasa memberatkan. Untuk mengatasinya, banyak mahasiswa yang akhirnya mengajukan pinjaman dana pendidikan. Selain mengajukan pinjaman ke bank, ada beberapa alternatif pinjaman online terbaik untuk mahasiswa.

 

Ada beberapa solusi untuk mengatasi mahalnya biaya kuliah, seperti mengajukan beasiswa atau bekerja tambahan. Namun, kadang masih terasa berat, terutama untuk kamu yang tinggal jauh dari orangtua.

 

Perkiraan Biaya Kuliah di Indonesia

 

Untuk kamu yang akan menginjak bangku perkuliahan, penting untuk mencari tahu berapa kira-kira biaya kuliah yang kamu butuhkan. Ada beberapa biaya pokok yang harus kamu persiapkan.

 

1. Biaya kuliah

 

Biaya ini termasuk semua pengeluaran yang kamu butuhkan selama mengikuti kegiatan perkuliah. Termasuk di antaranya uang pangkal, uang semester, biaya SKS, dan biaya UTS/UAS.

 

2. Biaya penelitian dan skripsi

 

Menjelang akhir perkuliahan, biaya yang dibutuhkan akan semakin tinggi. Untuk keperluan skripsi, kamu enggak hanya membayar uang skripsi, tapi juga harus mengadakan penelitian untuk menunjang skripsimu.

 

3. Biaya hidup

 

Biaya hidup ini mencakup biaya tempat tinggal jika kamu memutuskan untuk ngekos, biaya transformasi, uang makan, uang keperluan kuliah seperti beli buku, laptop, dan kebutuhan lainnya.

 

Dilansir dari biayakuliah.web.id, perkiraan uang yang harus kamu keluarkan untuk masa kuliah selama empat tahun berkisar pada Rp57 juta – Rp90 juta. Tentunya, ini bukan jumlah yang sedikit.

 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengajukan biaya pendidikan. Umumnya, lembaga yang menyediakan pinjaman khusus untuk mahasiswa memiliki bunga yang lebih rendah dan tenor yang lebih lama.

 

Artikel Terkait: Pinjaman untuk Dana Pendidikan

  1. Seluk Beluk Pinjaman Dana Pendidikan Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui
  2. Ingin Lanjut Studi Tapi Belum Punya Dana, Ini Seluk-beluk Pinjaman Pendidikan
  3. Mau Bayar Kuliah Pakai Pinjaman Bank? Kenapa Tidak!

 

Selain meminjam ke bank, kamu juga bisa mengajukan pinjaman online untuk meringankan biaya kuliahmu. Pinjaman online terbaik dirasa lebih cocok bagi mahasiswa, sebab persyaratan yang mudah serta pencairan yang mudah sehingga akan membantu meringankan bebanmu,

 

Bukan hanya untuk biaya kuliah, pinjaman mahasiswa juga berlaku untuk menunjang keperluan lain sehingga bisa meringankan bebanmu. Untuk peralatan kuliah atau uang pangkal, beberapa pinjaman online juga memberikan jangka waktu cicilan yang lebih panjang.

 

Memilih Pinjaman Online Terbaik untuk Mahasiswa

 

Kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman online? Jangan sampai salah pilih dan nantinya malah makin memberatkanmu. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih pinjaman online terbaik untuk membantu meringankan biaya kuliahmu.

 

1. Pastikan terdaftar di OJK

 

Sering sekali kita mendengar tentang fintech yang bermasalah dan merugikan konsumen. Pastikan kamu mengecek apakah pinjaman online tersebut terdaftar di OJK? Jangan sampai kamu memilih fintech ilegal karena iming-iming pinjaman yang cepat cair.

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Kunjungi situs web ojk.go.id dan masukkan nama fintech yang akan kamu cek. Nantinya kamu akan mendapat informasi soal aplikasi tersebut sebagai bukti bahwa fintech tersebut sudah terdaftar secara resmi.

 

2. Pilih pinjaman online terbaik dengan banyak kemudahan

 

Pilih pinjaman online yang memberikan banyak kemudahan dan khusus diperuntukkan untuk biaya kuliah. Cek lagi soal tenor dan jangka waktu cicilan, serta jumlah yang bisa kamu ajukan.

 

3. Jangan tergoda meminjam melebihi kemampuan

 

Persyaratan yang mudah kadang membuat terlena. Jadi, kamu pun terancam mengajukan jumlah pinjaman jauh melebihi kemampuan dan kebutuhan. Jika yang kamu butuhkan hanya biaya kuliah satu semester sebanyak Rp2,5 juta misalnya, maka cukup pinjam sebanyak itu.

 

4. Lakukan perbandingan

 

Ada banyak tempat mengajukan pinjaman online, masing-masing dengan kemudahan dan keuntungan yang berbeda. Periksa dan bandingkan beberapa tempat terlebih dahulu sebelum memutuskan. Pertimbangkan review dari pelanggan sebelumnya sebagai salah satu metode perbandingan.

 

Tidak perlu malu untuk mengajukan pinjaman online terbaik selama hal ini bisa membantu meringankan biaya kuliahmu. Penting untuk diingat, pinjaman yang kamu ajukan sesuai dengan kebutuhan dan tidak akan memberatkanmu nantinya.