SWARA – Sekolah di luar negeri adalah impian hampir semua orang Indonesia. Berbagai motivasi dibaliknya, mulai dari mengejar pendidikan yang lebih baik hingga liburan berkedok kuliah untuk memperbagus feed media sosial. Ada banyak cara, misalnya dengan mengandalkan beasiswa ataupun dana orang tua.

 

Namun, untuk kuliah di luar negeri kamu harus melengkapi berbagai syarat. Mulai dari motivation letter yang meyakinkan, visa, deposit, hingga yang paling penting adalah kemampuan bahasa Inggris. Salah satu tes Bahasa Inggris yang dapat diambil adalah IELTS (International English Language Testing System). Tes ini diakui di universitas terkemuka di dunia, dan dianggap lebih susah dibandingkan TOEFL.

 

Tapi ini bukan alasan untukmu untuk tidak melanjutkan mimpimu untuk kuliah di luar negeri. Dengan semangat belajar yang tinggi dan kemauan yang besar, kamu pasti bisa memperoleh keinginanmu. Buat kamu pengejar kuliah ke luar negeri, ada beberapa tips untukmu untuk mencapai skor IELTS yang tinggi nih. Yuk simak!

 

1. Tentukan target skormu

Image result for ielts student

 

 

Setiap universitas memiliki persyaratan skor IELTS yang berbeda-beda. Pastikan kamu sudah mengetahui berapa skor IELTS minimal yang harus kamu dapatkan agar bisa masuk ke kampus yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu mau masuk ke Monash University Melbourne, kamu harus memiliki skor IELTS overall minimal 6.5.

 

Jangan sampai kamu sudah belajar tapi tidak punya target skor ya!
Artikel terkait edukasi: Ingin kuliah di luar negeri?

Kamu Mau Kuliah ke Luar Negeri? Siapkan Dahulu Beberapa Hal Ini!

6 Daftar Beasiswa Bergengsi yang Bisa Kamu Incar untuk Lanjutkan Studi

Daftar Universitas dengan Program Master Sosiologi Terbaik di Dunia

 

2. Tentukan waktu untuk belajar rutin

Related image

 

 

Setelah kamu menentukan target, kamu bisa mulai menyusun kapan waktu belajar yang tepat. Durasi belajar juga menentukan berhasil tidaknya usaha yang kamu lakukan, lho. Dibutuhkan kesabaran dalam belajar bahasa.

 

Untuk IELTS, biasanya dibutuhkan waktu belajar minimal 2-3 bulan sebelum kamu mengambil tes agar benar-benar memahami section yang ada.

 

Mulai dari listening, speaking, writing, dan reading, semuanya memiliki kesulitan sendiri-sendiri.

Contoh, pada writing section kamu diharuskan untuk menulis suatu topik dengan gaya penulisan akademik yang jelas berbeda dengan gaya penulisan saat kamu berbicara sehari-hari.

 

Ada dua cara yang bisa kamu coba, pertama dengan bergabung dengan tempat kursus bahasa Inggris yang sudah teruji, atau yang kedua belajar secara otodidak menggunakan berbagai sumber yang ada internet.

 

3. Belajar sambil menonton film

Image result for watching movie

 

 

Bosan pastinya kalau kamu menghabiskan waktu melihat buku pelajaran terus. Film bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Pilih saja film favoritmu, atau film baru yang kamu penasaran dengan alurnya. Kamu akan belajar mendengarkan, dan juga mengucapkan dengan pelafalan penutur asli. Jangan lupa bawa bukumu untuk mencatat kata-kata sulit, ya.

 

4. Manfaatkan gadgetmu untuk belajar

Image result for playing phone

 

 

Gadgetmu yang canggih juga bisa membantu langkahmu mencapai skor IELTS yang kamu inginkan. Dua website yang bisa dicoba adalah eltsliz.com dan ieltsfocus.com. Daripada kamu menghabiskan waktu scrolling di media sosial, lebih baik produktif untuk belajar IELTS.

 

5. Belajar bersama teman-teman

Image result for studying together

 

Terdengar asyik kan? Apalagi kalau belajar dengan teman yang sama-sama ingin mencapai skor IELTS yang tinggi. Kalian bisa saling memperbaiki grammar errors, salah dalam spelling, pengucapan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melakukan simulasi IELTS juga lho..

 

Itulah lima cara memperoleh skor IELTS yang tinggi. Semoga bermanfaat dan semoga bisa diterima di universitas yang diinginkan ya!

 

 


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas