Beranda > Karier Sukses > Coworking Space Mendukung Industri Kreatif di Indonesia

Coworking Space Mendukung Industri Kreatif di Indonesia

dhandyDhandy
Coworking Space Mendukung Industri Kreatif di Indonesiawatermark

TUNAIKU.COM – Berkembangnya industri kreatif saat ini tidak lepas dari tersedianya fasilitas yang semakin menunjang. Fasilitas seperti jaringan internet dan ruang kerja atau coworking space yang sudah tersebar di banyak titik, rupanya sangat membantu berkembangnya industri ini.

 

Maka tidak heran jika industri startup di Indonesia, khususnya di Jakarta, menjadi sebuah tren baru yang lebih diminati oleh banyak orang. Menurut survei International Data Corporation (IDC) terhadap lebih dari 1.000 perusahaan di Asia Pasifik, saat ini terdapat sekitar 36 persen organisasi di Indonesia yang berkantor di coworking space.

 

Perlu kamu ketahui, beberapa perusahaan besar di dunia juga ternyata berawal dari coworking space, lho! Seperti halnya Uber, Instagram, dan Spotify.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang karier dan milenial

  1. Kiat Sukses Generasi Milenial di Tahun 2019, Lakukan 7 Hal Positif Ini
  2. Hai Milenial! Terapkan Hal Ini Sebelum Mulai Melamar Pekerjaan!
  3. Buat Para Milenial, Ini Saran Ahli Keuangan Agar Cepat Kaya!

 

Apa sih coworking space?

 

Coworking space bisa kita sebut dalam bahasa Indonesia menjadi ruang kerja bersama. Jadi, coworking space ini bisa digunakan atau dimanfaatkan oleh siapa pun dan tanpa dibatasi oleh organisasi-organisasi tertentu.

 

Jadi, bisa saja dalam satu waktu terdapat beberapa organisasi yang sedang bekerja dalam sebuah coworking space yang sama.

 

Biasanya, dimensi dari sebuah coworking space adalah suatu ruangan terbuka yang tentunya cukup luas dan bisa menampung banyak orang dalam satu waktu. Banyak orang yang dimaksud adalah orang-orang yang memang menggunakan coworking space sebagai tempat mereka bekerja dan berkarya.

 

Orang-orang ini juga bisa terdiri atas individu, komunitas, hingga sebuah perusahaan rintisan.

 

Ada apa saja di coworking space?

 

Biasanya, dalam suatu coworking space terdapat beberapa ruangan yang bisa kamu gunakan. Ruangan tersebut bisa dalam bentuk ruang-ruang kecil untuk individu hingga ruang yang cukup luas untuk digunakan oleh sebuah perusahaan atau kelompok kerja.

 

Selain itu, seperti pada kantor pada umumnya, coworking space juga menyediakan pantry yang bisa digunakan untuk kebutuhan konsumsi, seperti membuat kopi ataupun menghangatkan makanan menggunakan microwave.

 

CTABARU1

Apa untungnya pakai coworking space?

 

  1. Bisa bertemu dengan relasi baru

 

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan coworking space adalah mendapatkan relasi-relasi baru. Tentunya, kamu akan bertemu dengan banyak orang baru yang bisa saja menjadi rekan kerja di kemudian hari.

 

Jadi, secara tidak langsung pergaulanmu akan semakin luas dan tentunya akan menguntungkan bagimu, baik di kehidupan sehari-hari ataupun di dunia kerja.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang milenial

  1. Milenials, Ini 8 Tips Melamar Pekerjaan yang Baik agar Cepat Dilirik
  2. Ini Kiat Membangun Rasa Percaya Diri yang Sehat Bagi Mahasiswa Milenial
  3. Yakin Sudah Berada di Jalur Karier yang Tepat?Cek dan Jawab 17 Pertanyaan Ini dengan Jujur

 

  1. Kamu bisa merasakan lingkungan yang kreatif dan produktif

 

Saat kamu bekerja di coworking space, berarti kamu telah masuk ke lingkungan yang kreatif. Sebuah lingkungan yang kreatif dan produktif akan memicu orang-orang di dalamnya untuk menciptakan sebuah inovasi yang terbarukan dan tanpa batas.

 

  1. Menghemat biaya pengembangan bisnis

 

Coworking space sangat diminati oleh para perusahaan rintisan. Mengapa? Karena mereka bisa menghemat biaya pengembangan bisnis dari perusahaannya.
Mereka tidak perlu menyewa sebuah kantor yang tentunya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding menggunakan coworking space. Selain itu, para pengguna coworking space juga akan mendapatkan akses internet yang cepat tanpa harus membayar biaya tambahan untuk internet.

CTABARU3


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett