Beranda > Karier Sukses > Bangkit Setelah Kena PHK, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Semangat

Bangkit Setelah Kena PHK, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Semangat

Anastasia Galuh Dinung PurwaningtyasAnastasia Galuh Dinung Purwaningtyas
Bangkit Setelah Kena PHK, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Semangatwatermark

TUNAIKU.COM – Memiliki usaha dengan karyawan yang banyak tidak selalu mudah. Banyak sekali kemungkinan buruk yang bisa berimbas kepada karyawan. Misalnya adalah kerugian dengan nominal besar yang menyebabkan perusahaan harus melakukan perampingan jumlah karyawan.

 

Jika kamu adalah salah satu orang yang pernah mengalami pemutusan hak kerja alias PHK, tenang saja, hal ini bukanlah akhir dari dunia. Tidak masalah kamu merasa terpuruk asalkan tidak berlarut-larut. Kamu harus berusaha untuk bangkit dan segera menemukan passion-mu.

 

Kamu bisa mencoba lima tips berikut ini agar tetap bersemangat:

Sedih tapi harus move on

 

Merasa sedih boleh-boleh saja. Namun jangan terlalu lama berkutat dengan perasaan sedihmu. Tetapkan tenggat waktu terlama sampai kapan kamu boleh merasa sedih. Misalnya, satu minggu. Setelah satu minggu, kamu sudah harus move on dan melihat peluang di sekelilingmu. Siapa tahu ada kesempatan berkarir yang jauh lebih baik di tempat lain, kan?

 

 

Artikel terkait:

PHK Bukan Akhir Hidupmu, Ini 5 Cara Bangkit dari Keterpurukan
Yuk, Kenalan dengan Tokoh yang Sukses Meniti Karir di luar Jalur Studi

Hindari Kesalahan Mengelola Pesangon Ini Agar Tidak Menyesal

 

 

Temukan kembali passion-mu

Kamu bisa melakukan hal-hal yang mungkin tidak bisa kamu lakukan saat masih menjadi karyawan. Misalnya, kamu dulu sangat sering skip sarapan karena harus mengejar commuter line yang jadwalnya cocok dengan jam kerjamu. Kamu bisa mulai memberikan penghargaan kepada dirimu sendiri atas kerja kerasmu di masa lampau.

 

Tidak hanya memberikan apresiasi, melakukan hal sederhana seperti bersantai juga bisa kamu lakukan.

 

Tetap berani

Setelah kamu mengalami pemutusan hak kerja, besar kemungkinan kamu akan merasa takut untuk bergaul dengan teman-temanmu. Ketakutan terbesar adalah tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

Tapi janganlah kamu merasa takut. Mulailah melamar pekerjaan yang ditawarkan oleh berbagai platform penyedia pekerjaan. Walaupun berbagai lamaranmu tidak mendapatkan jawaban dari tempat yang kamu inginkan, jangan pernah menyerah.

 

Semakin kamu khawatir, semakin kamu tidak bisa berpikir jernih.

 

Tolak godaan

Karena kamu tidak produktif, kamu cenderung lebih mudah untuk menghabiskan waktu untuk kegiatan yang kurang penting. Kamu akan lebih mudah tergoda menghabiskan waktu untuk menonton televisi dan berbagai kegiatan yang membuatmu bermalas-malasan.

 

Be productive! Habiskan waktumu yang berharga untuk menambah nilai jualmu di mata recruiter. Kamu bisa mengikuti berbagai macam kursus dan pelatihan sesuai dengan minatmu. Dengan bertemu orang banyak, kamu juga bisa menambah relasi yang mungkin bisa membantumu mencapai jenjang karir yang kamu inginkan.

 

Up to date hal-hal kekinian

Jangan karena kamu selalu di rumah berarti kamu abai terhadap perkembangan sekitar. Tetaplah mencari tahu hal-hal terbaru terkait pekerjaanmu. Ini bisa menjadi modal apabila kamu dipanggil untuk mengikuti wawancara kerja.

 

Itulah lima tips bagi kamu yang baru saja mengalami PHK agar tetap semangat. Udah siap menyongsong pekerjaan baru?

CTABARU3

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett