Beranda > Karier Sukses > 8 Cara Mudah Kembalikan Semangat Kerja Usai Liburan Panjang

8 Cara Mudah Kembalikan Semangat Kerja Usai Liburan Panjang

8 Cara Mudah Kembalikan Semangat Kerja Usai Liburan Panjangwatermark

TUNAIKU.COM – Memasuki tahun yang baru, semangat kerja pun juga harus baru, dong. Sayangnya, kita seringkali menghadapi semangat yang kendur di hari-hari pertama kerja usai liburan panjang. Rasanya masih pengen libur, deh. Padahal, kerjaan di kantor takkan menunggu sampai sindrom pascaliburanmu berakhir.

Lantas, bagaimana agar kamu bisa kembali on menghadapi kerjaan di kantor? Ini dia cara mudah menggenjot semangat kerjamu setelah liburan panjang!

 

  1. Bayangkan dirimu memulai sesuatu yang baru

Coba ingat kembali rasanya ketika kamu baru saja diterima kerja; penuh antusiasme, ‘kan? Nah, ketika kamu masuk kerja setelah liburan, coba bayangkan hal yang sama. Anggap saja dirimu tengah menghadapi sebuah proyek baru yang menantang. Menurut penelitian, cara ini mampu memberi perspektif baru dan menambah motivasimu, lho.

 

  1. Beri hadiah pada dirimu sendiri sebelum memulai pekerjaan

Nggak ada salahnya memberi hadiah pada dirimu sendiri di pagi hari sebelum kamu memulai pekerjaanmu. Pasalnya, hal ini mampu memberimu rasa senang yang penting untuk memotivasi dirimu sebelum bekerja. Coba deh nikmati sepotong kue atau tonton sebuah video lucu sebelum memulai kerjaanmu.

 

  1. Tersenyumlah!

Jangan sampai kamu ngantor sambil cemberut gara-gara belum puas berlibur. Alih-alih, sunggingkan senyuman, bahkan meski kamu nggak mood. Tersenyum membantu mengurangi stres dan rasa cemas serta membuatmu lebih positif saat bekerja.

 

  1. Mulailah dari tugas-tugas yang mudah

Kerjaan menumpuk di hari pertama pascaliburan? Sebelum kamu mengasihani dirimu sendiri, coba lakukan trik mudah ini: Mulailah mengerjakan tugas-tugas yang kecil dan mudah terlebih dulu. Pekerjaan yang banyak pun bisa terasa lebih ringan ketika kamu memecahnya ke dalam tugas-tugas kecil yang mudah diselesaikan.

 

  1. Buatlah “kontrak” dengan dirimu sendiri

Agar kamu lebih termotivasi dalam bekerja, cobalah buat komitmen melalui sebuah “kontrak kerja” dengan dirimu sendiri. Misalnya, buatlah perjanjian kamu akan mentraktir rekan kantormu bila pekerjaanmu nggak selesai hari itu juga. Cara ini bisa membantumu menyelesaikan tugas-tugas yang kurang menarik.

 

  1. Bekerja samalah dengan rekan-rekanmu

Tentu ada kebanggaan tersendiri jika kontribusimu dalam tim diakui oleh banyak orang. Hal ini juga bisa membantu mendorong motivasimu dalam bekerja, lho. Cobalah untuk meminta masukan dari rekan kerja atau penyeliamu. Sebagai timbal baliknya, kabari mereka perkembangan dari pekerjaanmu.

 

  1. Nikmati nuansa hijau di sekelilingmu

Menurut penelitian, paparan warna hijau bisa membantumu lebih happy dan semangat, lho. Kalau memungkinkan, berilah nuansa hijau di meja kerjamu, misalnya dengan mengubah kap lampu mejamu atau menaruh sebuah pot tanaman mini di sana. Kalau ada taman di kantormu, jangan ragu untuk bekerja di sana sesekali.

 

  1. Bayangkan sebuah film tentang kesuksesanmu

Siapa bilang melamun itu membuang waktu? Sebuah studi menemukan bahwa membayangkan kesuksesanmu di masa mendatang dari sudut pandang orang ketiga mampu menambah semangatmu dalam bekerja, lho. Coba temukan sebuah ruang privat di mana kamu bisa memejamkan mata selama 10 menit untuk membayangkan kesuksesan dalam mengerjakan proyek yang tengah berjalan.

 

Itu dia sejumlah cara yang terbukti ampuh mengembalikan semangatmu di tempat kerja seusai liburan. Semoga bermanfaat!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett