Beranda > Karier Sukses > 7 Sisi Positif Saat Gagal Ikuti Tes CPNS

7 Sisi Positif Saat Gagal Ikuti Tes CPNS

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
7 Sisi Positif Saat Gagal Ikuti Tes CPNSwatermark

TUNAIKU.COM – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejak beberapa tahun terakhir mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat. Animo anak-anak muda untuk menjadi abdi negara sampai sekarang masih cukup tinggi. Pasalnya, pendaftaran CPNS enggak dilaksanakan setiap tahun. Pemerintah sendiri membuka recruitment jika memang mereka membutuhkan tenaga kerja baru.


Tingginya antuisiasme dan animo masyarakat tersebut ditunjukkan dengan banyaknya jumlah pelamar. Tahun 2018 ini, pada hari pertama pendaftaran, sudah ada sekitar lima ratus ribu orang yang selesai membuat akun melalui portal SSCN BKN lho. Artinya, kamu akan menghadapi persaingan yang cukup ketat. Gagal menjadi CPNS sangat mungkin terjadi karena peminatnya yang banyak sekali.


Gagal ikut CPNS bukan akhir dari segalanya. Masih ada peluang dan kesempatan besar di luar sana yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, ada berbagai sisi positif setelah gagal ikut CPNS.

 

Artikel terkait: Pekerjaan lancar tanpa hambatan dengan tips berikut!

  1. Jurus Mengenal dan Memahami Orang Lain di Lingkungan Kantor
  2. Ini yang Harus Kamu Lakukan Supaya Meeting Efektif
  3. Perlu Buat Laporan dengan Infografik, Pakai Aplikasi Berikut Ini!

1. PNS bukan satu-satunya pekerjaan mapan

Orang yang enggak pernah berputus asa pasti berpikir demikian. Menjadi PNS memang menggiurkan karena gaji dan tunjangannya yang cukup besar. Meskipun begitu, jangan jadikan ini sebagai satu-satunya pekerjaan impian. Tanpa menjadi PNS pun kamu bisa memiliki gaji yang layak dan kesempatan menabung kok.

Kamu bisa gunaka kesempatan sebaik mungkin menjadi pegawai swasta yang kreatif. Dengan begitu, rezeki akan mengikuti dengan sendirinya.

 

2. Cari pekerjaan tanpa syarat batasan usia

Seperti diketahui bahwa syarat menjadi CPNS adalah berusia 18-35 tahun. Mungkin ada diantara kamu yang gagal ikut CPNS karena batasan usia? Enggak perlu pesimis. Masih banyak pekerjaan bagus yang fleksibel, tanpa memberikan persyaratan yang ketat. Salah satunya menjadi freelancer.

Kamu hanya tinggal meluruskan niat, usaha, dan skill yang kamu punya. Lebih uniknya, menjadi freelancer kamu bisa bekerja di mana saja tanpa terikat waktu.

CTABARU3

Mobile Site CTA

3. Ada kesempatan menjadi wirausaha

Kalau kamu menjadi seorang PNS, enggak jarang kamu akan lebih sering bekerja menurut perintah. Selain itu, kamu masih berkewajiban menuruti berbagai aturan kerja yang kaku dan terlalu mengikat. Jika kamu enggak suka iklim kerja yang demikian, wirausaha bisa menjadi pilihan pekerjaan yang cukup tepat.

Dengan menjadi wirausaha, kamu bisa atur dan kelola sendiri bisnismu. Waktu bekerjamu juga lebih fleksibel. Kamu hanya perlu tunjukkan ide kreatif, rasa percaya diri, dan konsistensimu.

 

4. Kamu enggak sendirian

Kuota lowongan CPNS enggak berbanding lurus dengan jumlah pendaftarnya. Sudah bisa dipastikan akan lebih banyak yang gagal dibanding yang lolos. Kalau kamu gagal, kamu enggak sendirian kok. Mungkin akan ada beberapa diantara temanmu yang juga gagal mengikuti seleksi ini. Dengan begitu kalian bisa saling support. Teman senasib seringkali membuat kita menjadi lebih lega dan enggak berputus asa.

 

5. Jangan drama dan tetap berpikir positif

Kalau kamu termasuk orang yang suka bawa-bawa perasaan dan mendramatisasi keadaan, yuk coba kurangi kebiasaan ini. Hal tersebut cuma bakal bikin kamu enggak maju dan kurang introspeksi diri. Jangan meratapi nasib terus-menerus, karena ini hanya akan membuang waktumu. Life must go on, masih banyak kesempatan baik yang bisa kamu kejar. Jangan menunda kesuksesan lainnya hanya karena kamu gagal menjadi PNS.

 

Bagaimana sobat? Masih mau bersedih terus dan menunda kesempatan besar lainnya?Berbahagialah karena minimal kamu ikut memeriahkan pendaftaran CPNS yang heboh itu. Yuk, bangkit dan semangat lagi meraih impian.

 

Artikel terkait: Sukses kan pekerjaan setiap hari dengan cara berikut!

  1. Strategi Get Things Done Ala Orang Sukses untuk Memaksimalkan Hari
  2. Begini Cara Orang Sukses Mengelola Amarahnya yang Bisa Kamu Tiru
  3. Cara Ampuh Selesaikan Banyak Hal Dalam Waktu Terbatas yang Wajib Ditiru

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett