Beranda > Karier Sukses > 6 Kiat Cepat Selesaikan Pekerjaan agar Pulang Kerja Tepat Waktu

6 Kiat Cepat Selesaikan Pekerjaan agar Pulang Kerja Tepat Waktu

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
6 Kiat Cepat Selesaikan Pekerjaan agar Pulang Kerja Tepat Waktuwatermark

TUNAIKU.COM – Kerja lembur bukanlah sesuatu yang asing di telinga para profesional. Saya sendiri pernah mengalaminya. Bagi saya, lembur itu lebih banyak nggak enaknya dibandingkan enaknya. Tambahan jam kerja yang menguras waktu dan tenaga dan bikin capek lebih dari biasanya. Waktu istirahat pun berkurang. Karena kurang istirahat, besoknya malah jadi kurang fokus di kantor.

Selain kesehatan, lembur juga memiliki dampak terhadap kehidupan pribadi kamu. Tuntutan atasan untuk bekerja ekstra di luar jam kerja juga mengurangi waktu untuk berkumpul dengan orang-orang tersayang seperti keluarga, sahabat, atau pacar. Padahal siapa yang mau sih waktu istirahat dan quality time dengan yang terkasih habis melulu untuk pekerjaan?

Tentu saja ada beberapa cara supaya kamu bisa menghindari lembur. Salah satunya adalah dengan mulai fokus mengerjakan tugas saat jam kerja. Berikut adalah tips untuk membantu kamu fokus dan teratur mengatur produktivitas di kantor.

1. Mulailah dengan membuat list pekerjaan kamu

Pekerjaan akan lebih mudah terselesaikan secara teratur jika kamu sudah mengetahui daftar pekerjaan yang akan kamu lakukan. Jadi mulailah membuat daftar pekerjaan yang akan kamu lakukan dalam sehari, misalnya saja ada rapat kantor, istirahat, dan sebagainya. Dengan adanya daftar ini maka kamu jadi semakin terbantu dalam mengatur waktumu.

Artikel Terkait: Ikut sukses dari inspirasi yang sukses.

  1. Sosok Sukses di Industri Kuliner Nusantara yang Inspiratif
  2. Sukses dan Inspiratif, Selebrita Amerika ini Berhasil Berbisnis Selain Berkecimpung di Dunia Hiburan
  3. 10 Tokoh Sukses dan Inspiratif yang Harus Kamu Ikuti di Instagram

2. Buat prioritas pekerjaan

Selain membuat daftar pekerjaanmu, kamu juga perlu menandai pekerjaan apa saja yang perlu diprioritaskan terlebih dahulu. Bukan berarti kamu pilih-pilih, namun tentunya ada pekerjaan yang deadline-nya lebih mendesak dibanding yang lainnya. Dengan membuat daftar pekerjaan prioritas, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline-nya. Kalau sudah begitu, pandangan orang kantor terhadap kamu juga akan semakin baik.

3. Identifikasi mana pekerjaan yang paling penting

Kamu sudah tau mana pekerjaan yang perlu diprioritaskan, nah sekarang kamu perlu mengidentifikasi mana pekerjaan yang paling penting. Paling penting di sini maksudnya adalah pekerjaan yang dapat memberikan keuntungan yang lebih besar kepada perusahaan. Dengan mengetahui hal tersebut, pengaruh kamu dalam mendukung perusahaan juga bisa semakin meningkat.

CTABARU4

Mobile Site CTA

4. Kenali mana tugas yang sulit dan memakan waktu yang lama

Selain membuat prioritas pekerjaan, kamu juga perlu mengetahui mana tugas yang mudah dan cepat pengerjaannya, mana tugas yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikannya. Kamu bisa mengerjakan tugas yang lebih sulit terlebih dahulu, baru kemudian menyelesaikan tugas yang pengerjaannya singkat.

5. Tetap bekerja dengan fleksibel

Kamu mungkin saja sudah membuat daftar prioritas pekerjaan, namun tiba-tiba atasan memberikan tugas baru lagi. Untuk menghadapinya, kamu perlu fleksibel dan nggak terlalu terpaku dengan daftar sebelumnya. Hal ini diperlukan agar kamu bisa memberikan hasil yang maksimal dalam pekerjaanmu.

Artikel Terkait: Bicara soal zodiak dan peruntungan karirmu.

  1. Ini Dia Kata Zodiak Mengenai Karier mu di Tahun 2019
  2. Nasib Karier Sagitarius di 2019
  3. Zodiak Bisa Mencerminkan Kekuatan Kariermu? Yuk, Cari Tahu!

6. Kenali diri dan kapasitasmu

Sebagai pegawai kantoran, tentunya kamu ingin mendapatkan penghargaan atas pekerjaan yang telah kamu lakukan. Namun, jangan hanya fokus untuk memperoleh prestasi tanpa mengenali dirimu terlebih dahulu. Kenalilah kapasitasmu dalam bekerja dan batas-batasmu.

Jika kamu memang mampu menyelesaikan semua pekerjaan maka lakukanlah, namun jika kamu sadar dengan kemampuanmu maka ada baiknya kamu menyampaikan kepada atasanmu. Jika kamu memaksakan diri, maka bisa saja kamu merugikan perusahaan karena kualitas pekerjaanmu yang nggak maksimal.

Nah, itu dia cara-cara yang bisa kamu lakukan agar bisa pulang kerja dengan lebih cepat. Gimana? Sudah siap untuk menerapkannya?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett