Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Bikin Motivation Letter agar Pengajuan Beasiswa Sukses

5 Tips Bikin Motivation Letter agar Pengajuan Beasiswa Sukses

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Tips Bikin Motivation Letter agar Pengajuan Beasiswa Sukseswatermark

TUNAIKU.COM – Nggak bisa dimungkiri lagi bagi para pemburu beasiswa, pembuatan motivation letter sangat diperhatikan karena merupakan salah satu syarat seleksi tahap awal penerimaan. Bagi kamu yang belum tahu, motivation letter berisi tentang tulisan mengenai diri kita yang tujuannya adalah agar penyeleksi bisa melihat bagaimana pola pikir dan niat dari pengajuan beasiswa yang diikuti.

 

Dalam pembuatan motivation letter, tentu membutuhkan waktu dan perhatian khusus. Kamu perlu menyusun beberapa strategi menulis motivation letter supaya hasilnya menarik. Agar kamu nggak bingung bagaimana menulis motivation letter yang menarik, saya sudah rangkum 5 tips bikin motivation letter untuk menambah peluang mendapatkan beasiswa. Yuk, simak di bawah ini!

 

1. Ceritakan latar belakangmu

Penyeleksi perlu tahu bagaimana latar belakangmu sebelum kamu mengikuti seleksi beasiswa. Latar belakang ini bisa berisi tentang pendidikan apa saja yang pernah diikuti, jurusan kamu sebelumnya, penelitian apa saja yang pernah kamu ikuti, kegiatan sosial apa yang pernah diikuti, serta prestasi apa yang pernah kamu raih. Nggak perlu bertele-tele saat menjelaskan latar belakang, cukup sampaikan secara singkat, tapi informasinya tersampaikan dengan baik.

 

Artikel Terkait: Daftar Beasiswa yang Bisa Kamu Coba

  1. Selain Kuliah, Coba 3 Beasiswa Short Course di Luar Negeri Ini
  2. 6 Daftar Beasiswa Bergengsi yang Bisa Kamu Incar untuk Lanjutkan Studi
  3. Ini Dia 5 Beasiswa Kuliah yang Disediakan oleh Pemerintah

 

2. Tetapkan dasar dan tujuan

Memilih jurusan beasiswa yang dipilih harus ada hal yang mendasarinya. Setelah menuliskan tujuan jurusan di kampus yang ingin dimasuki, kamu harus menceritakan mengapa sangat ingin masuk ke jurusan tersebut. Kamu bisa menceritakan hal-hal yang mungkin menginspirasimu untuk memilih jurusan itu. Kamu juga bisa menceritakan sudah sejauh apa mendalami jurusan yang dipilih ini.

 

3. Jelaskan motivasi dalam diri kamu dalam menentukan beasiswa

Dalam motivation letter juga perlu menuliskan motivasi apa saja yang membuat kamu ingin meneruskan sekolah di kampus tertentu dengan jurusan tertentu, ceritakanlah hal-hal yang membuatmu nggak pantang menyerah untuk meraih beasiswa ini. Kamu juga perlu menceritakan motivasi dalam memilih negara tempat kamu ingin melanjutkan sekolah dengan beasiswa, lho. Misalnya, kamu ingin merasakan bagaimana hidup di negara yang dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia seperti Denmark, atau ingin merasakan sensasi wilayah penuh teknologi di Silicon Valley.

 

4. Ceritakan rencana penelitian yang ingin kamu lakukan

Meneruskan sekolah hingga ke luar negeri nggak bisa terlepas dari tanggungan penelitian yang harus dilakukan, sehingga kamu harus sudah memikirkan ingin melakukan penelitian apa di tempat menimba ilmu nantinya. Agar sesuai, sebaiknya kamu perlu mencari informasi terlebih dahulu terkait peralatan penelitian seperti laboratorium dan alat bantu di calon kampus. Jangan lupa memastikan adanya dosen pembimbing yang mungkin sesuai dengan rencana penelitian agar nantinya bisa lebih mudah dan lebih meyakinkan saat mengajukan melakukan penelitian.

 

Artikel Terkait: Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa LPDP

  1. Ini Tips Cerdas Dapatkan Beasiswa LPDP
  2. Hindari 8 Kesalahan dalam Mendapatkan Beasiswa LPDP
  3. 7 Tips Agar Sukses Tes Wawancara Beasiswa LPDP

 

5. Tetapkan tujuan akhir yang ingin kamu capai setelah selesai program beasiswa

Setiap program beasiswa yang diadakan memiliki maksud dan tujuan tertentu agar anak yang mendapatkan beasiswa bisa melakukan sesuatu sesuai dengan pihak yang memberikan beasiswa. Seperti misalnya beasiswa LPDP yang mengharapkan penerima nantinya bisa kembali ke Indonesia untuk membantu membangun bangsa. Nah, kamu perlu tahu siapa pihak yang memberikan beasiswa dan telusuri apa keinginan mereka terhadap penerima beasiswa nantinya. Setelahnya, sesuaikan dengan tujuan akhir kamu agar sama-sama bisa berjalan selaras.

 

Motivation letter memang merupakan salah satu aspek diterimanya kamu dalam program beasiswa. Namun, ternyata nggak hanya dengan motivation letter, kamu juga perlu bekerja keras dan memiliki sifat pantang menyerah dalam meraih kampus impianmu. Semoga tipsnya bermanfaat, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

CTABARU3

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett