Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Ampuh Menghadapi Atasan yang Gila Hormat

5 Tips Ampuh Menghadapi Atasan yang Gila Hormat

dhandyDhandy
5 Tips Ampuh Menghadapi Atasan yang Gila Hormatwatermark

TUNAIKU.COM – Mendapatkan atasan atau bos yang gila hormat tentunya bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Karena, apa pun yang kita lakukan akan terkesan salah atau keliru di matanya.

 

Untuk itu, sebagai bawahan harus bisa menyikapi hal tersebut dengan baik dan bijak. Karena mau bagaimanapun, mereka adalah atasan yang tetap harus dihormati. Oleh karena itu, kamu harus punya strategi khusus dalam menghadapi atasan atau bos yang memiliki sifat seperti itu.

 

Agar bisa dan tetap bekerja secara produktif, maka kamu harus melakukan sedikit treatment saat berhadapan dengan atasanmu. Cara ini diharapkan bisa meluluhkan hati atasan, supaya kamu bisa memberi saran dan masukan dengan lebih leluasa. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Disimak, ya!

 

  1. Gunakan kata dan kalimat yang tepat

 

Sebelum berbicara untuk menyampaikan saran dan masukan padanya, alangkah lebih baik kalau kamu menyiapkan atau memilih kata-kata yang sekiranya tepat terlebih dahulu. Hal ini perlu kamu lakukan supaya saran dan input yang kamu berikan bisa diterima dengan baik tanpa ada kesalahpahaman.

 

Karena, dengan sifat atau karakter bos yang seperti itu, mereka cenderung lebih sensitif terhadap kata-kata yang sekiranya tidak mereka sukai.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang hubungan dengan atasan

  1. Telanjur Berkonflik dengan Atasan? Yuk, Selesaikan dengan 4 Cara Ini!
  2. Ini Dia Tips Hadapi Atasan dengan Tipe ‘Yes-Men’
  3. 5 Cara Jitu Hadapi Atasan yang Tidak Menyenangkan, Jangan Resign Dulu!

 

  1. Jaga sikap dan perilaku

 

Seperti yang kalian tahu, bos dengan tipe yang seperti itu tentunya akan gila dan haus akan rasa hormat. Karenanya, kamu harus bisa menjaga sikap dan perilaku di hadapannya. Selain itu, kamu juga harus bisa tunjukkan rasa hormat dan sopan pada dirinya.

 

Dengan kamu terbiasa melakukan hal tersebut, secara tidak sadar kamu akan terbiasa pula dengan bersikap baik pada orang lain. Jadi, nggak ada ruginya buat kalian.

 

  1. Jangan bersikap seperti menggurui

 

Dalam hal pekerjaan, kita pasti akan sering bertemu dengan diskusi, rapat, forum, atau kegiatan yang sejenisnya. Nah, dalam hal ini, kamu harus bisa bersikap baik saat menyampaikan saran atau masukan di dalam forum tersebut.

 

Jangan sampai kamu menyampaikan saran dengan kalimat yang terkesan menggurui di hadapan bos kalian. Hal tersebut tentunya bisa membuat bos kalian merasa tercoreng mukanya di hadapan para bawahannya.

 

Oleh karena itu, sebaiknya jika ada saran dan masukan yang sifatnya mendalam dan penting, kamu bisa sampaikan hal tersebut secara empat mata saja. Dengan begitu, bos kalian akan lebih bisa mengerti dan memahami saran dan masukan penting dari dirimu.

 

CTABARU1

  1. Beri apresiasi atas pencapaiannya

 

Jangan ragu untuk memuji bos kalian saat dirinya telah melakukan pencapaian penting. Memuji mereka bukan berarti menjilat atau berbohong, lho!

 

Jika bos kalian memang meraih prestasi yang baik, tidak ada salahnya untuk kamu memberikan apresiasi padanya. Karena, hal ini juga bisa kamu lakukan pada siapa pun.

 

Bonusnya adalah saat kamu mengapresiasi bos, biasanya mereka akan merasa dihormati dan dihargai oleh para bawahannya.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang hubungan dengan atasan

  1. Lakukan Tips Berikut Supaya Lancar Kerja Bareng Atasan Perempuan
  2. Tunjukkan Sikap Ini saat Teman Menjadi Atasanmu di Kantor
  3. 5 Tips Dekat Dengan Atasan Tanpa Harus Menjilat

 

  1. Lakukan pendekatan secara personal

 

Karena sifat dan karakter bos yang seperti itu, bukan berarti kamu malah menjauh dari dirinya. Justru, kamu harus bisa melakukan pendekatan secara personal dengan dirinya.

 

Kamu bisa melakukannya dengan cara-cara sederhana, seperti menyapa terlebih dahulu, makan siang bareng, atau diskusi ringan, dan santai saat di luar waktu bekerja.

 

Dengan begitu, kamu bisa lebih mengenal sifat dan karakter bos secara lebih pribadi dan mendalam. Selain itu kamu juga bisa mengetahui apa yang dia suka dan juga yang tidak dia sukai.

 

Nah, itu tadi adalah 5 tips ampuh untuk menghadapi atasan yang gila hormat. Cara-cara di atas bisa kamu lakukan setiap hari dan juga bisa dilakukan pada semua rekan kerjamu. Karena pada dasarnya, tips atau cara-cara di atas merupakan perilaku baik yang bisa dilakukan kepada siapa pun, tidak hanya pada bos yang gila hormat. Jadi, selamat mencoba, ya!

CTABARU3


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett