Beranda > Karier Sukses > 5 Cara Jitu Tetap Semangat Kerja di Akhir Bulan Puasa

5 Cara Jitu Tetap Semangat Kerja di Akhir Bulan Puasa

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Cara Jitu Tetap Semangat Kerja di Akhir Bulan Puasawatermark

TUNAIKU.COM – Nggak terasa sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia bakal merayakan hari raya Idul Fitri setelah satu bulan lamanya menahan lapar dan haus. Di akhir-akhir bulan puasa, biasanya kita sudah terpikir buat ingin cepat-cepat libur karena sudah kurang bersemangat di tempat kerja.

 

Padahal, saat-saat terakhir bekerja biasanya pekerjaan akan menjadi banyak karena harus mengamankan pekerjaan-pekerjaan selama kita tinggal libur Lebaran yang cukup lama. Lalu bagaimana cara agar kita tetap semangat bekerja di akhir-akhir puasa? Yuk, simak tips-tipsnya.

 

1. Tetap perhatikan menu makan sahur

Biasanya di akhir-akhir puasa kita sudah mulai malas untuk bangun sahur. Biasanya kita bangun sahur pun sudah mulai mendekati jam imsak yang ujung-ujungnya kita jadi makan apa adanya. Ingin membeli makanan di luar pun biasanya para penjual makanan sudah banyak yang mudik.

 

Namun, agar di siang hari tetap fit, sebaiknya kamu tetap mengusahakan makan sahur kamu berkualitas dan mencukupi untuk seharian penuh. Jika kamu malas untuk bangun sahur lebih pagi, kamu bisa membeli makanan terlebih dahulu di malam harinya agar saat bangun bisa langsung kamu makan tanpa perlu repot menyiapkan makan sahur.

 

Artikel Terkait: Ini Cara agar Kamu Senantiasa Produktif

  1. Persiapan Jelang Ramadan, Ini 4 Cara Tetap Produktif Walaupun Berpuasa
  2. Masih Libur Kuliah? Lakukan 7 Kegiatan Ini Agar Produktif!
  3. Buat Kamu yang Nggak Mudik, Inilah 5 Kerjaan Sampingan yang Bisa Dicoba saat Libur Lebaran!

 

2. Jangan tidur setelah subuh

Karena mengantuk, kita biasanya tidur setelah salat subuh. Namun, ternyata kebiasaan itu nggak baik bagi tubuh kamu, lho. Pasalnya, organ pencernaan kamu jadi menunda mencerna makanan dan saat bangun kamu jadi terasa lemas karena organ pencernaan menjadi lelah mencerna makanan.

 

Untuk mengakalinya, sebaiknya kamu tidur lebih awal di malam harinya. Sehingga, meskipun nggak tidur lagi setelah subuh, kamu tetap akan terasa bugar dan nggak mengantuk saat beraktivitas di pagi harinya.

 

3. Jangan lupakan olahraga

Meskipun puasa, kamu tetap membutuhkan olahraga rutin minimal 3 hari sekali. Nggak perlu olahraga yang berat, kok. Kamu bisa melakukan senam kecil atau olahraga ringan di dalam rumah. Kamu bisa mengagendakan olahraga ini di pagi hari sebelum berangkat bekerja atau di sore hari sebelum berbuka puasa.

 

Selain agar lebih bugar saat beraktivitas, rutin olahraga juga bisa menghindarkan diri kamu dari penyakit karena daya tahan tubuh yang menurun akibat asupan makanan saat puasa nggak seperti hari-hari biasanya.

 

4. Berniat bahwa bekerja adalah ibadah

Jika saat bekerja kamu sudah merasa sangat malas, kamu wajib mengingat kembali bahwa bekerja itu juga termasuk ibadah. Bukankah pahala ibadah di bulan Ramadan pahala juga akan meningkat? Apalagi bekerja juga sudah menjadi kewajibanmu untuk mengerjakan pekerjaan sungguh-sungguh karena atasan kamu sudah rutin menggaji kamu tiap bulan.

 

Belum lagi menjelang libur Lebaran biasanya kantor juga memberikan banyak kebutuhan materi seperti THR atau parcel Lebaran, jadi sudah sewajarnya kalau kamu harus tetap bersemangat saat bekerja.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Momen Mudik

  1. 31 Mei, Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik 2019
  2. 5 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik Lebaran
  3. Tips Jaga Rumah Agar Tetap Aman Saat Mudik Lebaran

 

5. Hindari media sosial saat bekerja

Jika sudah merasa malas di kantor, biasanya kita akan mencari hiburan yang menarik, salah satunya dengan membuka media sosial. Padahal membuka media sosial bisa membuat fokus menjadi terganggu dan membuang waktu bekerja.

 

Bermain media sosial memang asyik. Namun, tanpa disadari kamu malah menjadi semakin nggak semangat bekerja karena di media sosial banyak menyajikan informasi seru tentang teman-teman kamu yang sudah liburan, foto-foto baju Lebaran dari online shop, hingga berita-berita terkini yang bikin kamu penasaran dan lambat laun ritme pekerjaan kamu menjadi menurun.

 

Tahanlah untuk nggak membuka media sosial selama jam kerja, anggaplah ponsel kamu sebagai alat komunikasi saja yang baru akan kamu gunakan saat ada orang yang menghubungi.

 

Nah, selagi masih masa kerja di kantor, yuk, tetap fokus bekerja sampai libur Lebaran tiba dengan tips-tips di atas. Semoga berhasil, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett