Beranda > Karier Sukses > 4 Tips Jitu Lanjut S2 Tanpa Biaya dari Orang Tua

4 Tips Jitu Lanjut S2 Tanpa Biaya dari Orang Tua

dhandyDhandy
4 Tips Jitu Lanjut S2 Tanpa Biaya dari Orang Tuawatermark

TUNAIKU.COM – Bagi sebagian mahasiswa yang telah lulus pendidikan S1, bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan suatu impian besar dalam hidupnya. Terlebih, jika mereka bisa melanjutkan pendidikan tanpa harus membebankan pembiayaan pendidikan kepada orang tuanya.

 

Hal ini tentunya bukanlah hal yang mustahil, asal kita ingin mencoba dan mencari solusi untuk bisa melanjutkan kuliah tanpa biaya dari orang tua. Kini, sudah banyak solusi yang ditawarkan dan bisa kamu ambil, salah satunya adalah beasiswa.

 

Nah, selain beasiswa, tentunya masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba untuk bisa melanjutkan kuliah tanpa membebani orang tua, lho. Berikut ulasannya!

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang pendidikan

  1. Hey Ladies, Perlu Nggak Sih Pendidikan yang Tinggi Buat Hidupmu?
  2. Asuransi Pendidikan, Sebenarnya Perlu atau Tidak?
  3. Sebaiknya Baca Ini Dulu Jika Ingin Beli Asuransi Pendidikan untuk Anak

 

1. Cari beasiswa pendidikan S2

 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan supaya bisa lanjut pendidikan S2 tanpa membebankan orang tua adalah dengan menggunakan beasiswa. Seperti yang kalian ketahui, beasiswa adalah program yang dirancang khusus untuk memberikan tunjangan biaya pendidikan pada mahasiswa terpilih.

 

Saat ini, sudah banyak sekali pilihan beasiswa yang bisa kamu coba ajukan. Baik itu dari pemerintah, swasta, maupun dari institusi pendidikan. Semua beasiswa tersebut tentunya tidak semata-mata dapat diperoleh dengan mudah, kamu harus melalui berbagai macam seleksi untuk mendapatkan fasilitas beasiswa untuk bisa membiayai dana pendidikan S2.

 

Nah, dari beberapa beasiswa tersebut juga bahkan ada yang memberikan uang saku kepada penerimanya, lho. Jadi, selain bisa membiayai dana pendidikan mu, beasiswa itu juga bisa membantumu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

CTABARU1

2. Cari pekerjaan sampingan

 

Kedua, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan sembari melanjutkan pendidikan S2. Tentunya, pekerjaan tersebut haruslah yang tidak menyita waktu dan tenaga terlalu banyak. Karena kamu harus tetap membagi fokus mu ke dalam dua hal, yaitu pendidikan dan pekerjaan.

 

Selain itu, kamu juga harus bisa menyesuaikan pekerjaan mu dengan jadwal perkuliahan. Perlu diingat, jangan sampai pekerjaanmu justru akan mengganggu jadwal kuliah.

 

3. Ikut penelitian dosen

 

Selanjutnya, cara yang bisa kamu lakukan untuk membiayai dana pendidikan S2 mu adalah dengan mengikuti berbagai penelitian yang dilakukan dosen. Hal ini sudah sangat lumrah di kalangan mahasiswa, karena memang dengan cara ini mahasiswa akan mendapatkan upah dari perannya dalam membantu penelitian seorang dosen.

 

Dengan mengikuti penelitian dosen, tentunya kamu akan banyak mendapat keuntungan, lho! Antara lain, kamu lebih banyak mendapatkan pengalaman, mendapatkan upah, serta kamu akan lebih dekat secara personal dengan dosen tersebut.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang pendidikan

  1. 5 Modal untuk Jadi Chef Andal Tanpa Perlu Pendidikan Formal, Tertarik?
  2. Tertarik Pilih Pendidikan Kepolisian? Ini Seluk Beluk yang Perlu Diketahui
  3. Ini 6 Perbedaan Pendidikan Tinggi College dan University di US, Wajib Baca!

 

4. Cari profesi yang bisa memberikan beasiswa pendidikan lanjutan

 

Tahukah kamu, ada beberapa profesi yang memberikan benefit dalam hal beasiswa untuk pendidikan lanjutan, seperti pendidikan S2. Biasanya, perusahaan yang memberikan benefit tersebut merupakan perusahaan-perusahaan bonafide.

 

Untuk itu, kamu harus bekerja keras terlebih dahulu untuk bisa tembus ke suatu perusahaan tersebut. Jika kamu bisa lolos, tentunya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan S2 pun akan semakin besar, serta kamu tak perlu lagi khawatir tentang pembagian waktu antara pekerjaan dan pendidikan.

 

Karena biasanya, akan ada waktu tenggang yang diberikan secara khusus untuk pegawainya untuk melanjutkan pendidikan tanpa harus melakukan pekerjaan. Satu lagi, mereka tetap digaji, lho!

 

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu coba untuk bisa melanjutkan pendidikan S2 tanpa harus membebani orang tua. Kalau kamu sanggup, pastinya orang tuamu akan bangga padamu!

CTABARU3


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett