Beranda > Gaya Hidup > Unik, 10 Tradisi Pernikahan di Dunia Ini Bikin Kamu Ternganga

Unik, 10 Tradisi Pernikahan di Dunia Ini Bikin Kamu Ternganga

PAULUS RISANGPaulus Risang
Unik, 10 Tradisi Pernikahan di Dunia Ini Bikin Kamu Terngangawatermark

TUNAIKU.COM – Indonesia memiliki beragam suku dan budaya, membuat acara pernikahan juga memiliki tradisi yang berbeda-beda. Selain demi melestarikan adat dan budaya nenek moyang, tradisi juga membuat prosesi pernikahan jadi lebih bermakna.

 

Uniknya, nggak hanya di Indonesia yang melangsungkan pernikahan menggunakan adat. Di berbagai belahan dunia, para mempelai juga melangsungkan pernikahan dengan mengikuti tradisi. Bahkan, ritual adat yang dilakukan bisa bikin kita geleng-geleng kepala, lho!

 

Mau tahu seperti apa tradisi pernikahan yang ada di negara-negara lain? Berikut 10 tradisi pernikahan di dunia yang bikin kamu ternganga!

 

1. Tradisi meludahi pengantin di Kenya

Masyarakat Kenya tepatnya di daerah Massai percaya bahwa tradisi meludahi pengantin penting dilakukan untuk memberikan berkah. Di sini ayah dari mempelai wanita akan meludahi anaknya pada bagian kepala dan dadanya.

 

Nggak hanya itu, mempelai wanita juga harus dicukur botak dan diusapkan minyak dari lemak hewan. Wah, mengherankan, ya!

 

2. Tradisi menangis di China

Biasanya pernikahan diwarnai dengan suka cita dan tawa kebahagiaan. Namun, lain halnya dengan salah satu etnik di China. Mereka justru akan menangis selama 30 hari sebelum hari pernikahan tiba. Nggak hanya calon pengantin, tapi juga seluruh keluarga akan ikut menangis.

 

Ternyata ada arti tersendiri dari menangis berhari-hari. Menurut mereka justru tangisan tersebut adalah simbol kebahagiaan yang mendalam, lho. Wah, kira-kira kamu bisa nggak kalau harus nangis tiap hari begitu?

 

Artikel Terkait: Pernikahan yang Cocok Dengan Zodiak

  1. Intip Konsep Pernikahan Berdasarkan Zodiakmu!
  2. Berdasarkan Zodiak, Ini Gaun Pernikahan yang Cocok untukmu
  3. Intip Tips Tema Pernikahan Sesuai Zodiakmu

 

3. Tradisi bebas mencium pengantin di Swedia

Kalau biasanya setelah sah menikah barulah pengantin boleh mencium pasangannya, lain halnya di Swedia. Di sana, justru para tamu boleh mencium dengan bebas mempelai pria maupun wanitanya. Wah, gimana rasanya dicium seluruh tamu undangan?

 

4. Tradisi memukul kaki pengantin di Korea Selatan

Korea Selatan menyimpan sebuah tradisi yang terdengar sadis, yaitu memukul kaki mempelai pria setelah menikah. Bukan dengan benda yang keras, namun dengan salah satu jenis ikan di sana yang ternyata dipercaya akan memberikan kekuatan bagi pria sebelum malam pertama. Wah, ada-ada saja, ya!

 

5. Tradisi menikahi hewan di India

Ha? menikah dengan hewan? Nggak salah? Yap, hal ini terjadi di India. Masyarakat di sana percaya bahwa jika ada wanita yang selalu mendapat kesialan, ada kemungkinan dia sedang dirasuki oleh hantu. Agar terbebas dari hantu, si wanita harus menikahi hewan terlebih dahulu. Hewan yang dinikahi bisa berupa kambing atau anjing. Duh, serem juga, ya!

 

6. Tradisi menikahi pohon di India

Lagi-lagi di India, bagi seorang wanita di sana, ada satu kondisi yang dinamakan manglik, yaitu saat sang wanita menurut astrologi berada di suatu titik yang bisa mendatangkan kesialan bagi sang suami. Agar bisa netral, si wanita haruslah menikahi pohon terlebih dahulu.

 

Bukan sembarang pohon, tapi pohon mangga atau pisang yang sudah ditanam oleh orang tuanya sejak si wanita baru lahir. Wah, repot juga, ya!

 

7. Tradisi menggendong pengantin di Eropa

Mungkin kamu sering menonton di film-film barat saat pengantin pria sedang menggendong pengantin wanitanya ke suatu tempat. Ternyata hal tersebut adalah tradisi yang masih dilakukan, lho.

 

Di Eropa, pengantin pria akan menggendong pengantin wanita hingga ke rumah. Ada anggapan bahwa kalau kaki pengantin wanita sampai tersentuh tanah, iblis jahat yang berada di tanah akan masuk ke tubuh si wanita.

 

Artikel Terkait: Tips Mempersiapkan Pernikahan

  1. Melangsungkan Pernikahan Tanpa Resepsi? Simak Dulu 5 Hal Ini!
  2. Ikuti Tips Ini Agar Persiapan Pernikahanmu Lebih Efisien
  3. Pastikan 5 Hal Ini Kamu Perhatikan Sebelum Menentukan Vendor Catering untuk Pernikahanmu

 

8. Tradisi menari dengan uang di Polandia

Segalanya butuh uang, termasuk dalam merayakan pernikahan seperti di Polandia ini. Pengantin saling menari dan para tamu menyebarkan uang ke arah mereka. Para tamu yang menyebarkan uang boleh ikut menari bersama pengantin, lho.

 

9. Tradisi mencuri pengantin di Roma

Kalau kamu pernah melihat film jadul yang ceritanya seorang pria menculik wanita agar mau menikah dengannya, ternyata itu adalah tradisi di Roma. Di Roma ada tradisi wanita yang diculik oleh seorang pria yang mencintainya dan dibawa ke dalam rumahnya sampai ada keluarga dari si wanita yang datang dan menyetujui kedua pasangan ini untuk menikah.

 

10. Tradisi mengguyur pengantin Skotlandia

Di Skotlandia, calon pengantin akan diguyur dengan sebuah cairan berwarna hitam. Nggak hanya untuk perayaan, cairan hitam ini bermaksud untuk menangkal roh jahat yang mungkin akan masuk ke dalam tubuh calon pengantin.

 

Unik-unik banget tradisi pernikahan yang ada di dunia. Apakah kamu berani mengadopsi salah satu tradisinya untuk melakukan pernikahan kamu kelak?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU3

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett