Beranda > Gaya Hidup > Tips Jitu Atasi Rumah Agar Tidak Lembab dan Berjamur

Tips Jitu Atasi Rumah Agar Tidak Lembab dan Berjamur

dhandyDhandy
Tips Jitu Atasi Rumah Agar Tidak Lembab dan Berjamurwatermark

TUNAIKU.COM – Di tengah cuaca yang tak menentu ini, yang terkadang panas dan terkadang juga bisa datang hujan secara tiba-tiba, membuat sistem imun di dalam tubuh akan sedikit terganggu. Namun tak hanya itu, cuaca yang tak menentu tersebut juga nyatanya membuat dampak lain yang bisa mempengaruhi kehidupan kita.

 

Apa dampak lain yang dimaksud? Salah satu dampak yang bisa ditimbulkan adalah kondisi rumah yang bisa lebih cepat rusak karena kondisi kelembaban yang tidak teratur. Lebih dari itu, perabotan yang ada di dalam rumah juga ternyata bisa terkena imbasnya dari perubahan cuaca yang tak menentu tersebut.

 

Kok bisa? Ya, tentu bisa. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika si pemilik rumah tidak bisa merawat rumah dan seisi perabotannya dengan baik. Kurangnya perawatan perabotan rumah tentu bisa membuat barang tersebut menjadi lebih cepat rusak. Tak hanya kotor, tapi juga bisa membuat perabotan menjadi lembab dan bahkan berjamur.

 

Artikel Terkait: Baca artikel populer di SWARA!

  1. First Day di Kantor? Ini Jurus Hadapi Kecanggungan Hari Pertamamu
  2. Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interview
  3. Cincin Pernikahan dan Cincin Pertunangan, Sama atau Beda?

 

Lembab dan berjamur menjadi akar masalah

 

Berbicara mengenai lembab dan berjamur, kedua hal ini ternyata menjadi akar masalah dari suatu masalah besar. Seperti contoh, jika kamu memiliki rumah yang plafon atap rumahnya selalu merembes ketika hujan turun.

 

Kondisi tersebut bisa menyebabkan plafon rumah menjadi berlumut dan membuat kekuatannya akan semakin berkurang. Semakin lama rembesan air tersebut dibiarkan, semakin cepat pula plafon tersebut akan rapuh dan menjadi rusak.

 

Maka dari itu, bagaimana sih cara yang tepat ketika kita menghadapi situasi seperti di atas? Yuk, langsung saja simak pembahasan berikut ini!

 

Jaga suhu tetap hangat

 

Salah satu cara mengurangi kelembaban yang ada di dalam rumah adalah menjaga suhu rumah agar tetap hangat. Bagaimana caranya? Yang paling mudah adalah selalu mengatur keluar masuk udara dan sinar matahari.

 

Artinya, kamu harus memiliki rumah yang ventilasi udaranya sudah sesuai dengan kondisi rumah, maksudnya adalah kamu harus bisa sesuaikan ventilasi rumah dengan sumber udara dan juga sumber cahaya

 

 

CTABARU1

Perhatikan posisi dapur dan kamar mandi

 

Terdapat beberapa ruangan yang sangat berisiko untuk lembab dan berjamur, yaitu dapur dan kamar mandi. Kedua ruangan tersebut memiliki karakteristik dan fungsi yang memang sangat mendukung hadirnya kelembaban dan jamur di sekitar ruangan tersebut.

 

Maka dari itu, pemilik rumah harus cerdik dalam menentukan posisi yang paling tepat dari kedua ruangan tersebut. Usahakan posisi dari kedua ruang tersebut memiliki sumber cahaya dan sumber udara yang lebar, sehingga keluar masuk udara dan cahaya bisa menjadi optimal.

 

Nah, jika pemilik rumah bisa menyiasati masalah tersebut, niscaya kelembaban dari kedua ruangan tersebut bisa lebih terkontrol sehingga kerusakan juga bisa dicegah.

 

Artikel Terkait: Cari tahu apa kata zodiakmu!

  1. Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sesuai Zodiakmu
  2. Inilah Zodiak yang Dikenal Sangat Tangguh Saat LDR, Kamu Termasuk?
  3. Kata Zodiak, Keberuntungan Milik Taurus. Bagaimana Zodiak yang Lain?

 

Bersihkan dan kontrol rumah secara rutin

 

Selain dua cara yang telah disebutkan sebelumnya, sang pemilik rumah juga harus selalu membersihkan rumah dan juga mengontrol rumah secara rutin dan teratur. Ketika sebuah rumah bisa dijaga dengan baik, pastinya segala kerusakan yang akan terjadi bisa lebih cepat untuk dicegah dan ditangani.

 

Terutama ketika cuaca sudah semakin tak menentu, pemilik rumah harus semakin rajin untuk mengontrol segala sudut yang ada di rumah.

 

Nah, itu tadi adalah beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kelembaban dan jamur yang bisa tumbuh di dalam rumahmu. Intinya cuma satu, kok, yaitu jagalah kebersihan rumahmu secara rutin dan teratur.

 

CTABARU3


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett