Beranda > Gaya Hidup > Tes Kesehatan Sebelum Pernikahan, wajib tahu!

Tes Kesehatan Sebelum Pernikahan, wajib tahu!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Tes Kesehatan Sebelum Pernikahan, wajib tahu!watermark

TUNAIKU.COM – Mempersiapkan pernikahan memang bukanlah hal yang sederhana. Selama ini calon pengantin sepertinya hanya fokus pada persiapan pernikahan yang berkaitan dengan resepsinya.

 

Padahal sebelum pernikahan, ada hal lain juga yang tak kalah penting dan harus dipersiapkan, seperti persiapan fisik dan tes kesehatan.

 

Tes kesehatan sebelum pernikahan ini juga sering dikenal dengan istilah pre-marital check up.

 

Artikel terkait: Baca ini untuk persiapan pernikahanmu

  1. Mempersiapkan Tabungan untuk 7 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia
  2. Perhatikan, 10 Hal Ini Sering Terlewat Saat Mempersiapkan Gaun Pengantin!
  3. 5 Venue Resepsi Pernikahan Romantis yang Anti Mainstream

 

Agar kehidupan setelah menikah nanti lancar, kamu harus melakukan beberapa tes kesehatan sebelum pernikahan. Beberapa tes tersebut antara lain:

 

1. Tes kesuburan

Tes kesuburan ini meliputi kualitas sperma, kondisi rahim, serta kecocokan telur dengan sperma. Untuk biaya yang harus dikeluarkan, sebenarnya cukup beragam, tergantung hasil tes dan instasi yang melakukan tes. Di salah sau klinik swasta di Sunter, uji kesuburan dengan tes AMH sekitar Rp570an ribu.  

 

2. Tes kecocokan darah

Kebanyakan orang menginginkan memiliki anak secepatnya setelah menikah. Untuk itu, pastikan profil darahmu cocok dengan pasangan, ya. Nggak cocoknya profil darah ini juga bisa menyebabkan kefatalan saat melahirkan anak, lho.

 

Besaran biaya untuk melakukan tes kesehatan ini juga tergantung instansi, ya. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

 

3. Tes penyakit menular (seksual)

Jika kebetulan pasanganmu sudah aktif secara seksual, tes ini wajib dilakukan. Tes melalui darah ini akan menditeksi seandainya pasanganmu memiliki penyakit seperti gonore, sifilis, bakteri vaginosis, hingga HIV AIDS. Biaya tes HIV AIDS sendiri adalah sekitar Rp400-600 ribu.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman tanpa agunan, amar bank indonesia, kredit tanpa kartu kredit, kredit tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit mudah dan cepat, tes kesehatan sebelum menikah

 

4. Tes bakat penyakit

Beberapa tes bakat penyakit yang bisa kamu coba adalah hipertensi, kanker, dan tes thalassemia. Jika ternyata diketahui kamu memiliki bakat penyakit, kamu dan pasangan bisa melakukan upaya penyembuhan lebih awal.

 

Tes kesehatan untuk mendeteksi adanya kanker adalah biopsy aspirasi jarum halus yang juga popular dikenal dnegan tes FNAB. Biaya untuk melakukan tes ini sekitar Rp900 ribu.

 

5. Tes Diabetes

Pernah nonton film yang dibintangi Vino G. Bastian berjudul Badai Pasti Berlalu? Film lama, memang. Tapi dari film ini kita bisa menarik pelajaran agar memastikan apakah pasangan kita memiliki penyakit diabetes. Sesama penderita penyakit ini nggak boleh menikah, ya.

 

Artikel terkait: Memetik hikmah dari sebuah film

  1. Wah, 6 Film Hollywood Ini Ajari Cara Mengelola Keuangan Lho!
  2. 4 Pelajaran Keuangan yang Bisa Kamu Petik dari Serial Game of Thrones
  3. 10 Drama Korea Bertema Keluarga yang Bikin Kangen Plus Baper

 

Untuk memantau gula darah sendiri, biaya yang dikeluarkan juga bergaam. Ada yang murah di bawah Rp50 ribu,tapi ada juga yang mahal di atas Rp100 ribu.

 

Bagaimana, cukup banyak bukan, rangkaian tes kesehatan yang harus dilakukan sebelum menikah? Pastikan sebelum menikah kamu telah melakukannya, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett