Beranda > Gaya Hidup > Terapkan 7 Tips Menata Ruang Makan Agar Berbuka Lebih Praktis

Terapkan 7 Tips Menata Ruang Makan Agar Berbuka Lebih Praktis

PAULUS RISANGPaulus Risang
Terapkan 7 Tips Menata Ruang Makan Agar Berbuka Lebih Praktiswatermark

TUNAIKU.COM – Ketika berbuka puasa, menyiapkan makanan akan membutuhkan waktu yang nggak sebentar. Puasa cenderung bakal membuat kamu lebih lemas, sehingga dalam menyiapkan makanan berbuka dibutuhkan strategi ekstra agar lebih efisien. Apalagi kalau nggak punya asisten rumah tangga, semua bahan makanan dan alat masak harus disiapkan berjam-jam sebelum waktu berbuka tiba. Belum lagi kalau kamu mengundang teman atau saudara untuk berbuka bersama di rumah, kamu harus menyiapkan waktu tambahan lagi untuk menyiapkan diri kamu menyambut tamu.

 

Nah, agar nggak keteteran, ada tips untuk menata ruang makan agar berbuka lebih praktis dan efisien, lho. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

 

1. Pisahkan dua area di dapur

Makanan berbuka bisa sangat kompleks penyajiannya. Mulai dari makanan pembuka seperti teh manis, es buah, gorengan, roti, hingga makanan utama seperti nasi dan lauk pauk.  Dengan area dapur terpisah, kamu bisa lebih efisien untuk membuat menu pembuka yang nggak terlalu membutuhkan banyak bahan makanan. Sedangkan menu utama biasanya membutuhkan usaha ekstra, seperti mencuci sayuran, membuat bumbu, dan memasaknya. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah membagi tugas menyiapkan makanan berbuka bersama anggota keluarga dengan sistem dua area di dapur ini karena nggak akan mengganggu pekerjaan satu sama lain.

 

Artikel Terkait: Inspirasi Dekorasi Dapur

  1. 7 Desain Dapur Minimalis Simpel dan Cantik yang Dapat Kamu Miliki
  2. Sontek, 9 Inspirasi Dekorasi Dapur Minimalis Untuk Hunian Apartemen Studio
  3. 5 Inspirasi Menata Dapur Mungil di Apartemen

 

2. Alat masak dan alat makan sebaiknya dipisah

Agar ruangan di rumah lebih simpel, biasanya tempat untuk menyimpan alat masak maupun alat makan dijadikan satu di dalam rak dapur. Selama Ramadan ini, kamu perlu menatanya kembali untuk dibuat terpisah. Hal ini agar lebih mudah saat akan menyiapkan makanan berbuka karena kamu akan cepat menemukan peralatan memasak saat mengolah makanan dan lebih mudah menemukan gelas serta piring saat penyajiannya.

 

3. Pisahkan alat masak yang paling sering kamu butuhkan

Dari berbagai macam alat masak yang kamu miliki, tentu nggak semuanya akan selalu digunakan, bukan? Apalagi di bulan Ramadan ini menu yang digunakan untuk berbuka juga berbeda dengan menu makanan sehari-hari. Agar lebih efisien, kamu bisa memisahkan dulu alat masak yang paling sering digunakan untuk menyiapkan makanan berbuka dari alat lainnya. Taruh alat-alat itu di bagian paling depan rak dapur agar mudah dijangkau dan menghindari waktu terbuang karena mencari-cari alat yang dibutuhkan.

 

4. Persiapkan bumbu dapur

Saat memasak, kamu pasti menemukan kendala tersendiri, belum lagi jika waktu berbuka sudah hampir tiba, pasti akan terasa terburu-buru memasaknya. Di sini, kamu sangat perlu untuk menata bumbu-bumbu dapur sesuai urutan penggunaannya. Misalnya bumbu yang digunakan saat proses pengolahan makanan seperti lada, garam, dan gula sebaiknya ditaruh di depan, sedangkan bumbu pelengkap seperti kecap atau saus bisa di belakangnya. Pastikan juga letak bumbu-bumbu ini berada di dekat kompor agar lebih mudah untuk dijangkau ketika memasak.

 

5. Alasi meja dengan plastik

Saat memasak dan sudah terburu-buru, terkadang jadi kurang berhati-hati. Akibatnya kamu bisa saja menumpahkan kecap, saus, atau bahan makanan lainnya di meja dapur. Agar nggak menambah waktu untuk membersihkannya, kamu bisa mengalasi meja dapur dengan taplak meja yang terbuat dari plastik. Hal ini akan memudahkan kamu untuk membersihkannya karena cukup diusap menggunakan kain lap basah.

 

6. Sediakan lap di beberapa tempat

Lap adalah salah satu alat penting saat memasak, karena memasak butuh banyak sekali bahan-bahan cair yang bisa mengotori dapur. Kamu bisa menyiapkan beberapa lap yang ditaruh di wastafel, rak piring, dan meja dapur. Mengapa harus ada beberapa lap di dapur? Agar waktumu nggak terbuang jika hanya ada satu lap dan kamu kelupaan menaruhnya di mana.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa

  1. 10 Tempat Ngabuburit Murah dan Seru di Surabaya, Bikin Buka Puasa Makin Asik
  2. 5 Tempat di Surabaya Sajikan Menu Buka Puasa‘Salted Egg’, #TunaikanRamadan dengan Nikmat
  3. 6 Rekomendasi Tempat di Bandung Untuk Berbuka Bersama Keluarga

 

7. Mengorganisasi peralatan mencuci

Setelah berbuka, tugasmu di dapur belum selesai. Kamu masih harus mencuci berbagai macam peralatan untuk masak dan makan. Belum lagi harus mempersiapkan peralatan untuk sahur. Kamu perlu mengorganisasi peralatan mencuci dengan cara selalu memastikan sabun dan alat cuci tersedia di wastafel. Jangan lupa untuk menata kembali peralatan memasak agar mudah digunakan kembali.

 

Mudah bukan penataan dapur agar persiapan buka puasa kamu semakin cepat? Yuk, coba diterapkan di buka puasa nanti!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett