Beranda > Gaya Hidup > Tanpa Perlu Keluar Uang, 5 Layanan Posyandu Ini Berikan yang Terbaik untuk Buah Hatimu!

Tanpa Perlu Keluar Uang, 5 Layanan Posyandu Ini Berikan yang Terbaik untuk Buah Hatimu!

Tanpa Perlu Keluar Uang, 5 Layanan Posyandu Ini Berikan yang Terbaik untuk Buah Hatimu!watermark

TUNAIKU.COM – Saat ini, kebiasaan pergi ke Posyandu sudah mulai ditinggalkan. Rata-rata, para ibu memilih pergi ke rumah sakit atau dokter anak pribadi untuk melakukan imunisasi atau pemeriksaan gizi. Padahal, biaya ke rumah sakit dan dokter pribadi tentu nggak murah. Bagi yang mampu sih tak jadi masalah. Tapi bagimu yang berkocek pas-pasan, pengeluaran untuk kesehatan anak terasa menghimpit.

Nah, sebagai ibu cerdas, kenapa tak manfaatkan layanan Posyandu saja? Selain mudah dijangkau karena lokasinya yang dekat dengan rumah, program pemerintah ini pun tidak dipungut biaya alias gratis.

Layanan apa saja yang diberikan secara cuma-cuma di Posyandu? Manfaat apa saja yang didapat ibu dan balita dengan rutin ke Posyandu? Yuk, simak langsung di artikel ini!

 

Perbaikan gizi untuk balita

Layanan yang diberikan Posyandu, salah satunya adalah perbaikan gizi untuk si kecil. Biasanya, orang tua akan diberikan penyuluhan tentang makanan-makanan apa saja yang baik untuk pertumbuhan balita. Hal ini sangat penting agar buah hatimu terhindar dari masalah gizi buruk. Selain itu, Posyandu juga membagikan makanan-makanan sehat untuk si kecil secara gratis.

 

Pemantauan kesehatan si kecil

Masalah kesehatan si kecil tentu harus jadi perhatian para ibu. Di Posyandu inilah, tempat di mana pemeriksaan kesehatan pun akan rutin dilakukan. Apabila buah hati terindikasi masalah kesehatan, Posyandu akan langsung memberikan rujukan ke Puskesmas yang bisa dilanjutkan pula ke rumah sakit.

 

Imunisasi untuk bayi hingga usia kanak-kanak

Layanan Posyandu lainnya adalah pemberian imunisasi untuk bayi dan anak-anak. Ada berbagai jenis imunisasi yang diberikan secara berkala, begitu juga dengan aneka jenis vaksin yang memang penting untuk kesehata balita. Dengan adanya imunisasi dan vaksin yang diberikan secara gratis sebagai bagian dari program pemerintah, kekebalan tubuh anak dan tumbuh kembangnya pun tidak akan terganggu.

 

Pemantauan tumbuh kembang balita

Sangat penting untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita. Posyandu hadir untuk membantu para ibu dalam hal ini. Secara berkala, dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan balita. Pemantauan rutin ini sangat bermanfaat karena dapat menentukan apakah pertumbuhan balita normal atau tidak. Apabila ternyata  bermasalah, dapat segera diberikan penanganan lanjutan.

 

Pencegahan diare dengan pemberian oralit

Diare adalah salah satu penyakit yang seringkali menyerang balita. Penyebabnya adalah lingkungan dan pola hidup yang kurang bersih. Di Posyandu, penyuluhan tentang penyakit yang satu ini terus digalakkan. Pasalnya, penyakit diare yang tidak mendapatkan penanganan serius dapat menyebabkan kematian pada balita. Posyandu hadir memberikan solusi. Selain penyuluhan, pemberian oralit secara cuma-cuma juga dilakukan demi kesehatan buah hatimu.

 

Masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan membawa buah hatimu ke Posyandu. Selain manfaat kesehatan, tentu layanan ini bisa dipilih sebagai salah satu cara untuk berhemat. Berbagai layanan yang diberikan secara gratis di Posyandu tentu sangat menguntungkan, daripada harus pergi ke rumah sakit atau dokter pribadi, ‘kan? Selamat mencoba!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett