Beranda > Gaya Hidup > SWARA KAMU : 5 Cara Jitu Menghindar dari Potensi Melukai Diri Sendiri

SWARA KAMU : 5 Cara Jitu Menghindar dari Potensi Melukai Diri Sendiri

helsa pratiwiHelsa Pratiwi
SWARA KAMU : 5 Cara Jitu Menghindar dari Potensi Melukai Diri Sendiriwatermark

Isu kesehatan mental kini tengah menjadi perhatian. Salah satunya yang sering kamu dengar adalah self harm atau potensi untuk melukai diri sendiri. Tindakan ini memang dilakukan secara sengaja tetapi tidak untuk tujuan bunuh diri. Melainkan sebagai suatu cara untuk melampiaskan emosi yang terlalu menyakitkan untuk diekspresikan dengan kata-kata, seperti contohnya perasaan bersalah, stres, atau ketakutan berlebih pada kondisi yang tengah dialami.

Tindakan self harm ini ada banyak macamnya, seperti mengiris, menggores kulit hingga membakarnya dengan maksud untuk melukai tubuh lewat kecelakaan yang sudah direncanakan dengan kesadaran penuh. Ada berbagai alasan yang melatar belakangi. Seperti trauma atau pengaruh masa kecil yang membuat seseorang menjadi sulit mengekspresikan emosi dan memilih melampiaskannya dengan mencari rasa sakit.

Agar hal tersebut tidak kamu alami dan bisa kamu hindari maka ada banyak cara mengatasinya. Mulai dari berkonsultasi ke psikiater, bercerita dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, bahkan membuka aplikasi-aplikasi yang telah banyak disediakan untuk menghindari keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

Selain itu, ada beberapa cara tepat yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengurangi potensi melakukan tindakan melukai diri sendiri,antara lain :

1. Mandi dengan air hangat

Ini dapat membantu kamu untuk sejenak membuat rileks pikiran dari beban yang kamu tanggung selama ini loh… bisa juga kamu tambahkan bubble bath pada bath ub kamu agar semakin rileks. Jangan lupa juga untuk memutar lagu-lagu kesukaanmu agar bisa membuatmu lebih nyaman.

2. Lakukan hobi yang kamu suka

Menulis, membaca buku, hingga menonton film bisa kamu jadikan sebagai pelarian agar bisa sejenak lupa dengan hal-hal buruk yang sempat terpikirkan. Dengan melakukan hobi yang kita suka, kita juga bisa menjadi lebih produktif. Apalagi, kalau bisa mendapat uang jajan tambahan dari situ.

 

3. Ingat hal yang menyenangkan dari masa lalu

Daripada memikirkan hal buruk yang bisa merugikan diri sendiri, lebih baik kamu mengingat hal-hal menyenangkan yang sudah kamu jalani selama ini. Terus distract diri kamu dengan sugesti-sugesti bahagia dari masa lalu, dan yakinkan diri kamu kalau kamu itu berharga dan berhak untuk mendapatkan hal-hal menyenangkan seperti dulu lagi.

4. Nongkrong dan Berbelanja

Selain kamu bisa memanjakan mata ketika shopping dan hangout dengan teman-teman, hal ini juga sangat membantu kamu loh untuk mendistract pikiran-pikiran burukmu. Coba pergi ke sekitar rumah, carilah pasar atau mall-mall dengan harga yang tetap terjangkau. Apalagi, kalau ada diskon harga. Serbu!

5. Berdoa dan memohon ketenangan kepada Yang Maha Esa

Kalau cara-cara di atas masih belum berhasil, beribadahlah. Dekatkan dirimu kepada Tuhan. Tenangkan dirimu lewat doa dan tumpahkan semua keluh kesamu kepada-Nya. Percaya deh, setelah itu semua, kamu pasti akan menjadi lebih tenang dari sebelumnya.

Ketika banyak masalah datang silih berganti, jangan pernah malu untuk meminta bantuan. Entah itu dari keluarga, dari teman, bahkan dari Tuhan. Mintalah mereka untuk menolong kamu ketika pikiran untuk Self Harm itu muncul, dan katakan pada dirimu sendiri,

Kamu pantas untuk bahagia.

 

Ini Swara Kamu dari :

Helsa Pratiwi

Saya adalah mahasiswi yang gemar menulis dan menyayangi diri sendiri karena diri saya sendiri lah yang paling mengerti saya.

Instagram: @hlspratiwi


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett