Beranda > Gaya Hidup > Sirkuit Mandalika di NTB Siap Menjadi Tempat Reli MotoGP 2021

Sirkuit Mandalika di NTB Siap Menjadi Tempat Reli MotoGP 2021

Anastasia Galuh Dinung PurwaningtyasAnastasia Galuh Dinung Purwaningtyas
Sirkuit Mandalika di NTB Siap Menjadi Tempat Reli MotoGP 2021watermark

TUNAIKU.COM – Abdulbar Mansoer, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) mengatakan bahwa desain Sirkuit Mandalika akan melibatkan perusahaan yang bergerak di desain bangunan global bernama Populus.

 

Populus telah mendesain berbagai bangunan di dunia seperti stadion baru Liga Inggris Tottenham Hotspur dan The O2 Arena di London. Melalui surat elektronik, kepada Tempo Abdulbar mengatakan bahwa Populus melakukan Visionary Design. Konsep bangunan berasal dari PT Pengembangan Pariwisata, Vinci, dan Roadgrip Motorsports UK Ltd.

 

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia adalah perusahaan milik negara yang mengelola kawasan wisata Mandalka, NTB. Sedangkan Vinci Construction Grands Projects merupakan investor utama dalam pengembangan kawasan Mandalika

 

Roadgrip Motorsport UK Ltd memiliki pengalaman yang mendukung dalam membangun lintasan balapan. Beberapa lintasan yang dikerjakan oleh Roadgrip adalah Sirkuit Jalanan Marina Bay di Singapura dan Sirkuit Red Bull Ring, Australia.

 

Hasil gambar untuk sirkuit mandalika

 

Sirkuit Mandalika berkarakter jalanan yang mepet lautan nantinya memiliki panjang lintasan 4,32 kilometer. Tersedia pula area paddock dengan 40 garasi. Kapasitas grand stand Sirkuit Mandalika mencapai 93.200 tempat duduk. Jumlah ini belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton. Abdulbar menambahkan bahwa di negara lain jika ingin menonton MotoGP harus dibatasi okeh jumlah tempat duduk, namun di Mandalika pengunjung bisa menonton dari atas bukit. Walaupun demikian, sirkuit tetap dibangun sesuai dengan standar federasi.

 

Hal ini juga berdampak baik kepada sektor olahraga dan juga pariwisata di Mandalika.

 

Artikel Terkait Hobi: Yuk Buat Sendiri di Rumah!

DIY Kaos Polos Dengan Cara Sederhana Berikut Supaya Lebih Kekinian

Jenis-jenis Cat Buat Kamu yang Suka Melukis

DIY Jeans Lama Supaya Tampak Baru

 

Siapkan Dana 14 Trilyun

 

Abdulbar menuturkan bahwa nilai investasi yang digelontorkan oleh Vinci Grup sebesar US$ 1 Miliar selama 15 tahun. Nilai ini setara dengan 14,23 Triliun Rupiah. Ditargetkan pada tahun 2020 Sirkuit Mandalika sudah sampai tahap uji kelayakan.

 

Mandalika International Street Circuit resmi menjadi bagian dari agenda balapan MotoGP pada tahun 2021. Sirkuit Mandalika menerapkan konsep sirkuit jalanan seperti Sirkuit Monako.

 

Presiden Jokowi

 

Presiden Joko Widodo menilai bahwa sirkuit ini sangat bagus dan dekat dengan pantai. CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta dalam pertemuan dengan Jokowi di Istana Bogor juga menilai bahwa perpaduan antara sirkuit yang bagus dan pemandangan pantai yang indah sangatlah sempurna. Pertemuan ini menandakan bahwa acara MotoGP di Indonesia pada tahun 2021 nanti kian konkrit.

 

CEO Dorna mengungkap alasannya memilih Mandalika sebagai sirkuit MotoGP di tahun 2021 nanti. ia menilai bahwa olahraga MotoGP sangatlah populer di Indonesia. “Kita semua tahu bahwa MotoGP sangatlah populer di Indonesia dan hal itu sangat penting bagi industri kami.” Ujar Carmelo.

 

Tim MotoGP pernah mempertimbangkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 1996. Namun keamanan Sirkuit Sentul yang tidak begitu kondusif menjadi pertimbangan utama pemindahan lokasi balapan.

 

CTABARU3

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett